9 Dekorasi Kamar Tidur yang Bikin Betah Rebahan Lama-lama. Yang Kamarnya Sempit juga Ada Triknya

Dekorasi kamar tidur

Sebagai tempat yang sering dipakai untuk beristirahat, sudah sepatutnya jika kamar tidur dibuat senyaman mungkin. Sekalipun luasnya nggak seberapa, menyamankan kondisi kamar tidur jelas tak jadi soal. Apalagi sekarang banyak furnitur multifungsi yang bisa kamu beli dan gunakan. Salah satu cara menghias kamar tidur sederhana yang baik ialah dengan memahami kepribadian penghuninya. Tujuannya, agar kamu bisa mendapatkan desain kamar tidur unik sesuai dengan si pemakainya. Misalnya, kalau si pemilik kamar suka doraemon, maka kamu bisa bikin dekorasi kamar tidur doraemon khusus buatnya.

Advertisement

Banyak tema dan pilihan dekorasi kamar tidur sederhana yang bisa kamu gunakan. Tapi supaya hasil penataannya sesuai dan estetik, kamu tetap perlu memperhatikan luas, fungsi, dan juga bukaan cahayanya. Berikut Hipwee Tips coba berikan beberapa gambaran dekorasi kamar tidur sederhana dan murah. Nggak melulu dekorasi kamar cewek, ada juga kok dekorasi kamar tidur cowok yang nggak kalah estetisnya.

1. Kesinambungan warna serta penataan perkakas jadi kunci utama ketika menggarap dekorasi kamar tidur sempit

pakai warna yang sama via nl.pinterest.com

Agar dekorasi kamar tidur 3×3 milikmu terlihat lebih cantik, coba gunakan seprai dan sarung bantal yang warnanya serasi dengan tembok. Biar nggak kelihatan membosankan, tambahkan hiasan dinding seperti stiker yang motifnya simpel dan nggak terlalu detail. Untuk furniturnya, pakailah tempat tidur berlaci ukuran kecil yang diletakkan pada sudut tembok. Jika kamu ingin menaruh beberapa pernak-pernik dekorasi lain, bisa gunakan rak dinding tempel sebagai tempatnya. Rak jenis ini juga bisa digunakan untuk menaruh skincare atau koleksi bukumu lo!

2. Tempel kasur dan tambahkan cermin kalau kamu mau dekorasi kamar kost kelihatan lebih luas

dekorasi kamar kos via id.pinterest.com

Selama dinding kamar nggak berbatasan langsung dengan kamar mandi, kamu boleh menempelkan kasurnya. Jika kamu pakai kasur lantai, baiknya tetap gunakan alas agar dinginnya tak menggangu kesehatanmu. Nah, ada satu tips menarik yang bisa kamu pakai supaya kamar kos kelihatan lebih luas, yakni dengan menaruh cermin besar yang ditempatkan di salah satu dinding kamar. Karena bisa memantulkan cahaya, cermin akan membuat kamar terbebas dari gelap dan sumpek. Atau, kalau mau lebih fungsional, coba gunakan lemari yang memiliki cermin di bagian pintunya.

Advertisement

3. Desain kamar tidur minimalis ukuran 3×4 bakal kelihatan lebih nyaman jika kamu berhasil menyusun furniturnya jadi memanjang

dibuat memanjang via id.pinterest.com

Penataan memanjang bisa diwujudkan dengan menaruh tempat tidur di bagian belakang. Susun lemari dan meja tepat di kamar bagian depan. Sebenarnya, kalau mau lebih ringkas, kamu bisa memakai meja kecil. Nah, untuk menaruh perkakas, gunakan rak gantung yang ditempatkan pada tembok sebelah sisinya. Agar kamar tidurnya lebih hangat, coba pilih warna-warna netral seperti abu atau putih. Atau, kamu bisa menggantinya dengan nuansa kayu. Jangan lupa, maksimalkan fungsi storage yang ada di dalam ruangan untuk meminimalisir sumpek.

4. Untuk dekorasi kamar tidur kecil, gunakan sofa bed sebagai alternatif tempat tidur multifungsi

pakai sofa bed via www.idntimes.com

Meski tak seluas spring bed, sofa bed tetap nyaman dipakai untuk tidur. Malah kamu juga bisa menggunakannya sebagai kursi atau sofa sewaktu-waktu dibutuhkan. Alternatif lain yang bisa kamu pakai jika tak menemukan sofa bed yang cocok ialah dengan menggunakan tempat tidur lipat. Nantinya, tempat tidur maupun sofa bed ini bisa kamu taruh di bawah jendela kamar tidur agar tak menghalangi cahaya yang masuk. Nah, untuk mengontrol cahaya alami ini, kamu bisa memasangkan sheer curtain pada jendelanya, ya!

5. Dekorasi kamar cowok tetap bisa dibikin minimalis lo! Tentunya dengan menggunakan warna yang lebih maskulin

kamar cowok via kostkeren.com

Ya, misalnya warna abu dan biru tua. Tapi baiknya, gunakan warna senada dan minimalisir penggunaan furnitur bermotif pada kamar agar kesan estetisnya tetap ada. Karena biasanya kamar cowok nggak punya banyak barang, maka tempat tidur difungsikan sebagai focal point ruangan. Meski begitu, area tempat tidur mesti kamu desain sesederhana mungkin. Atau, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan seprai gelap yang warnanya cukup kontras dengan ruangan. Untuk storage baju, gunakan rak terbuka atau gantungan bermaterial kayu yang jauh lebih praktis ketimbang lemari tertutup.

Advertisement

6. Untuk mewujudkan desain kamar tidur sederhana dan murah, kamu bisa memanfaatkan seluruh perkakas yang ada di rumah lo!

kamar estetis low bujet via twitter.com

Misalnya dengan memanfaatkan selotip Jepang untuk menghias dinding area kamarmu. Atau, bisa juga dengan memajang foto liburan. Karena mau lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan kardus yang sudah diwarnai atau ditempel dengan kertas koran untuk dijadikan storage yang lebih estetis. Nantinya, storage bisa kamu taruh pada rak kayu terbuka agar dekorasi kamar tidur sederhanamu ini makin menarik.  Jangan lupa ubah susunan furnitur sesuai dengan bentuk dan luas kamar. Kalau sempit, buatlah memanjang saja, jadi masih ada ruang kosong lain yang bisa kamu pakai beristirahat saat tak di kasur.

7. Bagi pecinta warna biru, ada beberapa konsep yang bisa dipakai untuk mewujudkan dekorasi kamar tidur warna biru sesuai impianmu

kamar tidur warna biru via nl.pinterest.com

Beberapa pilihan konsep yang bisa dipakai di antaranya ialah inset house dengan kesan dreamy atau brooklyn soho yang lebih modern dan cocok untuk jadi dekorasi kamar tidur remaja. Kedua konsep tersebut mengharuskanmu untuk memakai cat berwarna biru lembut agar ruangan tampak lebih hangat. Namun, jika kamu ingin kesan yang lebih berani, coba terapkan konsep compact house dengan menggunakan gradasi warna biru yang lebih terang dan gelap.

8. Untuk mewujudkan dekorasi kamar tidur minimalis ala drama Korea, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan

kamar minimalis via id.pinterest.com

Seperti penggunaan elemen kayu pada tempat tidur hingga inspiration wall yang juga bisa dipakai untuk menghias kamar. Pada dekorasi kamar simple ini kamu bisa memilih cat tembok serta perkakas berwarna pastel yang senada. Kalau perlu, karpet hingga seprainya dibuat senada. Kamu tetap boleh menambahkan motif kok di area kamar, misalnya pada seprai atau gorden. Pastikan kamu tak memilih warna yang terlalu cerah dan mencolok agar kesan lembut ala kamar drakor bisa kamu dapatkan.

9. Tempat tidur tingkat bisa dipakai jika kamu mau dekorasi kamar tidur anak kakak beradik

kamar tidur anak via id.pinterest.com

Sesuaikan tema kamar dengan kepribadian serta kesukaan si kecil agar mereka betah berlama-lama di sana. Kamu boleh bereksplorasi dengan bentuk serta warna perkakas agar kamar tetap kelihatan lebih playful. Sebagai pelengkap dekorasi, coba gunakan boneka, karpet bermotif, serta perlengkapan tidur lain bisa bikin kamar terlihat lebih menarik. Atau, kalau kamu sedang mengerjakan dekorasi kamar tidur anak perempuan, penggunaaan warna pastel merah muda bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi kalau kamu bisa menghadirkan palet warna senada pada semua barang yang ada di kamar.

Beberapa inspirasi dekorasi kamar tidur di atas bisa kamu pilih sesuai selera, bujet, luas, hingga fungsi kamarnya. Usahakan tak ada sudut kosong yang nggak terpakai, kecuali kamu pengen kamar tidur yang nggak terlalu banyak menyimpan barang-barang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE