6 Jenis Lampu Tidur untuk Dekorasi Kamar dan Bikin Cepat Ngantuk. Cocok buat yang Takut Gelap

Lampu tidur

Kamu tim tidur lampu mati atau nyala?

Advertisement

Menurut penelitian, sebenarnya seseorang mesti tidur di kamar yang gelap dengan kondisi lampu mati. Paparan cahaya lampu yang menyala dapat menstimulasi aliran sel saraf mata ke bagian otak dan menekan pelepasan hormon melatonin. Akibatnya, kamu jadi susah tidur dan jam biologis tubuh pun terganggu, melansir laman Hello Sehat.Ā  Meski dianjurkan tidur dalam kondisi gelap, sayangnya tak semua orang bisa tidur kalau nggak ada penerangan di sekitanya. Rata-rata sih karena takut gelap atau merasa pengap.

Alih-alih tidur di kamar dengan lampu terang, mending gunakan lampu tidur yang cahayanya lebih redup. Paparan cahaya lampu tidur dapat ditoleransi tubuh dan nggak akan mengganggu kinerja hormon melatonin sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak. Terlebih sekarang ada banyak jenis lampu tidur unik yang memiliki manfaat kesehatan serta dapat digunakan untuk mendekorasi kamar. Berikut jenis lampu tidur yang dapat digunakan. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan barang bekas tak terpakai.

Selain membuat tidur lebih nyenyak, lampu tidur juga memiliki manfaat kesehatan. Bahkan, penempatan lampu tidur unik kreatif di dalam kamar dapat menambah nilai estetikanya

Meski yang dipakai hanya lampu tidur murah, kamu tetap akan mendapatkan manfaatnya selama paparan cahayanya benar-benar redup. Berikut manfaat yang akan diperoleh.

Advertisement

1. Kualitas tidur yang lebih baikĀ 

tidur nyenyak via www.sciencenews.org

Lampu tidur berwarna biru dapat memperlambat denyut jantung dan mengurangi tekanan darah. Hal ini dapat membuat tubuh jadi lebih rileks dan nyaman saat tidur, sehingga kamu tak akan terbangun lagi di tengah malam. Bahkan cahaya biru lampu tidur juga dapat memberi kesan sejuk dalam kamar dan membuat ruangan jadi lebih dingin.

Advertisement

2. Proses detoksifikasi tubuh jadi lebih maksimalĀ 

detoks alami via lbpost.com

Cahaya dari lampu tidur bisa membuat suasana kamar jadi lebih santai sehingga jam tidur atau jam biologismu tak akan terganggu. Nah, karena nyaman, maka secara nggak langsung hal ini dapat membantu hati melakukan detoksifikasi tubuh dengan baik. Lambat-laun, manfaat ini juga akan memengaruhi organ tubuh lainnya.

3. Menjaga kesehatan mataĀ 

bagus untuk mata via www.freepik.com

Paparan cahaya yang terlalu terang akan mempersingkat durasi kerja hormon melatonin sekitar 90 menit. Hal ini tentu jauh berbeda dari paparan cahaya redup lampu tidur yang justru bisa membuat mata beristirahat total saat ditidurkan.

Lampu tidur juga sering digunakan untuk mendekorasi kamar. Berkat daya listriknya yang nggak begitu besar, penggunaan lampu tidur bisa menghemat konsumsi listrikmu dan mengurangi tagihannya. Walau nggak banyak, tapi lumayan lo!

Dilihat dari segi bentuk, fungsi, dan juga tempat meletakkannya, ada banyak jenis lampu tidur yang umum digunakan. Berikut beberapa di antaranya

1. Lampu tidurĀ dindingĀ 

lampu tidur dinding via id.pinterest.com

Sesuai namanya, lampu tidur ini dapat digunakan dengan cara dipasang di dinding. Dibanding yang lain, sebenarnya lampu tidur dinding lebih hemat tempat karena bisa disematkan begitu saja di tembok. Nggak perlu sudut khusus apalagi meja untuk menaruhnya.

2. Lampu tidur mejaĀ 

lampu tidur meja via metro.co.uk

Lampu tidur ini biasanya ditempatkan di meja samping kasur persis supaya mudah dijangkau dan gampang mematikan atau menyalakannya. Salah satu lampu tidur meja yang sering dipakai ialah lampu tidur kayu. Desainnya yang simpel dan praktis membuat lampu tidur ini cocok untuk ditempatkan pada kamar minimalis modern.

3. Lampu tidur lantai

lampu tidur lantai via www.swiftbridgecapital.co.ke

Selain di kamar, lampu ini juga bisa ditempatkan di ruang tamu. Jika kamu ingin ruangan kelihatan lebih modern dan elegan, gunakan lampu tidur lantai untuk dekorasinya. Tempatkan di sudut yang jauh dari jangkauan anak-anak agar kabelnya tak membahayakan dan cahayanya pun bisa melingkupi seluruh ruangan.

4. Lampu tidur LED

lampu tidur LED via verdant.id

Karena bentuknya kecil, lampu LED sering dibuat dalam model gantung atau bertali yang disematkan di tembok maupun gorden kamar. Seringnya lampu ini digunakan untuk menghiasi kamar tidur remaja dan juga anak-anak.

5. lampu tidur proyektor

lampu proyeksi via www.bukalapak.com

Buatmu yang tak suka tidur terlalu gelap atau terang, lampu tidur proyektor ini bisa dijadikan pilihan. Meski menggunakan proyeksi cahaya, namun paparannya masih bisa ditoleransi mata dan nggak bikin silau. Kalau mau lebih aman, proyeksinya bisa ditembakkan ke tembok atau atap kamar.

6. Lampu tidur anti nyamuk

lampu tidur anti nyamuk via twitter.com

Baru-baru ini, lampu tidur anti nyamuk tengah populer karena khasiatnya yang juga bisa menangkal nyamuk. Bentuk lampu tidur ini mungkin mirip dengan lampu tidur biasanya, hanya beda di paparan cahayanya saja. Lampu tidur anti nyamuk ini menggunakan sinar UV yang dapat membuat nyamuk tertarik sehingga akan masuk ke perangkapnya.

Berikut beberapa rekomendasi lampu tidur unik yang dapat dimiliki. Bentuk dan desainnya lucu-lucu lo!

1. Lampu tidur jamur

lampu tidur jamur via www.bukalapak.com

Ukuran lampu tidur jamur memang tak begitu besar, cuma 45Ɨ13 cm saja. Tapi paparan cahayanya bisa melingkupi seluruh kamar meskipun luasnya cukup besar. Dibanding varian lainnya, harga lampu tidur jamur terbilang murah, yakni hanya 7 ribu saja. Jika berminat, kamu bisa membeli produknya di sini.

2. Lampu tidur doraemon

lampu tidur doraemon via www.bukalapak.com

Salah satu lampu tidur karakter yang lumayan sering dicari yakni lampu Doraemon ini. Ada dua jenis lampu tidur Doraemon yang biasa dijual, yakni tipe lampu tidur dinding dan lampu tidur meja karakter. Meski begitu, harga lampu tidur karakter ini lumayan murah lo! Dengan harga 120 ribu saja kamu sudah bisa membelinya di sini.

3. Lampu tidur lantai IKEA

lampu tidur lantai via www.ikea.co.id

Produk 2 in 1 dari IKEA ini terdiri dari lampu sorot yang menghadap ke atas dan dapat digunakan untuk lampu ruang serta lampu yang mengarah ke bawah dan bisa dipakai sebagai lampu baca. Karena cukup praktis, model ini sering digunakan sebagai lampu tidur anak remaja. Dengan hanya membayar 250 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkanya produknya di sini.

Atau, manfaatkan barang bakas tak terpakai di rumah untuk disulap jadi lampu tidur sederhana. Bisa pakai kaleng susu atau kertas mangkuk kue

Cara membuat lampu tidur dari kaleng susu bekas

dari kalengan bekas via www.hipwee.com

  1. Langkah pertama siapkan dulu semua peralatan yang dibutuhkan, yaitu kaleng susu bekas, rangkaian lampu LED, bor, dan cat semprot.
  2. Cuci kaleng bekas dan keringkan, lalu lubangi sekelilingnya dengan menggunakan bor dari bagian luar.
  3. Semprotkan cat sesuai selera lalu jemur hingga kering.
  4. Masukkan rangkaian lampu LED ke dalam kaleng lalu tutup dan biarkan colokannya tetap di luar. Selesai deh! Tinggal ditaruh di meja dan colokkan ke listrik.

Cara membuat lampu tidur dari kertas mangkuk kue

dari kertas via blog.spacestock.com

  1. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan mulai dari kertas mangkuk warna-warni, gunting, alat cukil, rangkaian lampu LED, paku, dan juga palu.
  2. Kemudian buat konstruksi penyangganya terlebih dulu. Bentuk kertas mangkuk sesuai yang diinginkan. Bisa dibuat bentuk bunga, bintang, atau salju.
  3. Lubangi bagian tengah kertas untuk memasukkan lampu LED nanti.
  4. Tata rangkaian lampu yang sudah dikreasikan dengan penyangga. Coba colokkan ke aliran listrik, kalau nyala berarti lampu tidur DIY ini siap digunakan.

Meskipun kecil ukurannya, ternyata benda ini bisa jadi alternatif yang lebih sehat daripada tidur dengan lampu terang. Nggak cuma bagus buat kesehatan, tapi berguna juga untuk menghias kamar.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE