5 Cara Agar Bisa Tidur dengan Cepat Setelah Minum Kopi atau Saat Insomnia. Ada yang Pakai Doa!

Cara agar bisa tidur

Entah kenapa, kondisi susah tidur ataupun insomnia seolah jadi satu keluhan yang akrab dialami para milenial zaman sekarang. Banyak dari mereka yang nggak tahu penyebab susah tidur, sehingga sulit mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Sebenarnya, kalau ditelusuri lebih lanjut, pasti ada  perilaku maupun tindakan yang membuatmu jadi susah tidur. Mengonsumsi kafein atau makanan mengandung lemak tinggi menjelang waktu tidur, misalnya. Lagipula memang ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang jadi sulit tidur, baik di malam maupun siang hari.

Advertisement

Untuk mengatasi keluhan ini, nggak banyak orang yang tahu cara agar bisa tidur dengan cepat. Meski ada beberapa metode yang bisa dipakai, hasilnya nggak bisa instan. Ya, samalah seperti mengajari anak kecil bagaimana cara agar bisa tidur sendiri. Meski begitu, tak ada salahnya jika kamu tetap disiplin mencoba cara agar bisa tidur teratur. Toh, demi kesehatanmu juga kan?

Berikut Hipwee Tips punya beberapa cara agar bisa tidur yang bisa kamu praktikkan. Kalau tips-tips ini rutin rutin dilakukan, lambat laun kamu akan mendapatkan tidur yang berkualitas lo!

1. Cara agar bisa tidur saat insomnia berikut bisa dicoba jika kamu sering terjaga tengah malam

Sebenarnya, banyak metode yang bisa dipakai jika kamu membutuhkan cara agar bisa tidur dalam 30 detik. Berikut beberapa di antaranya.

Advertisement

Cara cepat tidur tentara yang mengutamakan ketenangan ini cocok buat sobat insomnia yang sering gelisah 

cara cepat tidur tentara via armycocreate.com

Kunci awal memulai teknik tidur ini ialah dengan membuat seluruh otot wajah jadi lebih rileks, termasuk lidah, rahang, dan otot sekitar mata. Selanjutnya, kamu bisa mengerakkan bahu ke arah bawah yang diikuti dengan lengan atas maupun bawah secara bergantian. Kemudian atur napasmu serta hilangkan seluruh ketegangan di sekitar paha, betis, pergelangan tangan, dan telapak kaki agar tubuh jadi lebih rileks. Baiknya, sediakan waktu 10 menit untuk menjernihkan pikiranmu sebelum beranjak ke tempat tidur. Nah, karena teknik ini mengutamakan ketenangan, maka penggunaan HP sebelum tidur sangat tak disarankan.

Advertisement

Cara agar bisa tidur cepat dan pulas yang lain ialah dengan mempraktikkan teknik pernapasan 4-7-8

teknik pernapasan 4-7-8 via www.hipwee.com

Usahakan untuk duduk atau rebahan dengan posisi punggung yang lurus ketika mencoba teknik pernapasan ini. Selama proses berjalan, letakkan ujung lidah di punggung jaringan yang berada pada belakang gigi depan atas. Setelah itu, tarik nafas melalui hidung selama empat detik. Kemudian, tahan napas selama tujuh detik, dan buang perlahan melalui mulut selama delapan detik. Beristirahatlah sejenak, lalu ulangi teknik pernapasan tadi sampai kamu tertidur. Teknik pernapasan 4-7-8 akan benar-benar berhasil jika kamu rutin melakukannya selama dua bulan.

2. Selain karena insomnia, ada juga cara agar bisa tidur setelah minum kopi. Akhirnya, bisa selamat juga ya dari belenggu kafein ini~

tidur setelah minum kopi via www.healthyfood.com

Sekalipun ada beberapa orang yang sudah kebal kafein atau tetap bisa tidur setelah minum kopi, ada juga orang-orang yang kesulitan tidur setelah tubuhnya kemasukan kafein. Tenang, ada cara agar bisa tidur malam tepat waktu berikut.

  • Karena berada di bawah pengaruh kafein, tubuh jadi butuh usaha lebih keras agar bisa cepat tidur. Kamu mesti membuat suasana kamar jadi lebih tenang. Misalnya, dengan menyalakan musik klasik atau suara alam.
  • Untuk menetralkan efek kafeinnya, coba lakukan peregangan ringan, seperti push up atau jumping jack. Tapi tak perlu sampai berkeringat, cukup buat tubuh merasa sedikit lelah saja.
  • Atau, kamu bisa menetralkan kafein dengan minum segelas susu hangat. Karena mengandung triptofan, susu bisa meningkatkan hormon serotonin dan melatonin yang bisa membuat seseorang jadi merasa ngantuk.
  • Kalau butuh relaksasi yang lain, kamu bisa mandi air panas biar suhu tubuh cepat turun dan jadi mudah mengantuk setelahnya.

3. Nah, cara agar cepat tidur siang hari ini bisa dicoba jika kamu sering susah tidur karena gangguan suasana sekitar

tidur siang via people.com

  • Pertama, matikan gadget dan televisi yang ada di kamar. Lalu, matikan lampu atau buat kamar jadi lebih gelap agar lebih gampang ngantuk. Jika kamar terlalu terang, coba gunakan penutup mata.
  • Sebiasa mungkin hindari tidur siang setelah pukul 16.00 jika kamu tak mau susah tidur malam hari nanti.
  • Biar nggak kebangun karena ‘panggilan alam’ usahakan untuk buang air dulu sebelum berangkat tidur.
  • Pastikan kamu tidur di tempat yang nyaman. Kalau nggak ada kasur, sofa bisa jadi alternatif kok. Jangan lupa turunkan suhu ruang satu atau dua derajat lebih dingin dari biasanya.

4. Kalau sudah berhasil mengatasi insomnia dan tidur siang, coba lakukan cara agar bisa tidur teratur berikut

tidur teratur via www.verywellmind.com

Tips sederhana di bawah ini ternyata juga bisa dipakai sebagai  cara agar bisa tidur 9 jam jika sudah berhasil nanti. Nah, begini caranya.

  • Di awal, cobalah buat rutinitas tidur yang membuatmu nyaman. Tak perlu buru-buru, lakukan saja secara bertahap, jadi bisa dicoba selama seminggu dulu. Nah, dalam kurun waktu itu, kamu bisa mengatur jam tidurmu, misalnya pukul 22.00 tidur dan bangun pukul 05.00.
  • Haram hukumnya memencet tombol snooze di pagi hari, karena bisa mengganggu siklus tidurmu akibat telat bangun.
  • Perhatikan juga makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Sebisa mungkin hindari konsumsi kafein, alkohol, serta makanan asam dan pedas lebih dari 12 jam sebelum waktu tidurmu.
  • Cara agar cepat tidur bagi yang susah tidur bisa dengan melakukan meditasi atau peregangan ringan. Jadi, jangan cuma berbaring kalau susah tidur, mending lakukan aktivitas lain yang bikin tubuh jadi lebih capek.
  • Selain itu, kamu juga mesti menghindari tidur di waktu yang biasanya dipakai untuk beraktivitas. Biar malamnya nggak susah tidur. Sengantuk apa pun, usahakan untuk nggak tidur apalagi kalau sudah masuk sore hari. Tapi kalau memang nggak tahan, cobalah pejamkan mata sejenak dan tidur selama 20 menit, tak boleh lebih, ya!

5. Ternyata ada juga cara agar cepat tidur menurut Islam lo!

anjuran islam via grand-prise-ishere2.life

Menurut anjuran Quran dan hadis, cara-cara berikut bisa membantumu supaya tidur tepat waktu.

  • Seperti yang biasa dilakukan Rasulullah, tidurlah setelah salat Isya dan jangan terlalu malam.
  • Kamu dianjurkan untuk berwudu dulu sebelum tidur. Jangan lupa bersihkan tempat tidur dengan mengibas-kibaskan kain, lalu matikan lampu kamarmu.
  • Aturlah posisi tidurmu — dianjurkan miring ke kanan dengan menghadap kiblat dan jangan tengkurap.
  • Selanjutnya, bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas kemudian tiupkan ke kedua telapak tangan dan usap pada seluruh bagian depan tubuh yang bisa dijangkau sebanyak tiga kali.
  • Kalau masih tak bisa tidur, cobalah baca doa agar cepat tidur berikut ini:

doa agar cepat tidur via www.dream.co.id

” Allaahumma ghaaratin nujuumu wa hada atil ‘uyuunu wa anta hayyung qayyum. Laa ta’khudzuka sinatuw wa laa naum. Yaa hayyu yaa qayyuumu ahdi lailii wa anim ‘ain.”

Menghilangkan kebiasaan susah tidur memang nggak gampang. Tapi kamu bisa mengusahakannya dengan melakukan tips di atas atau mencari metode apapun yang cocok buatmu. Jika gangguan tidurmu sudah cukup parah dan cara di atas nggak mempan, mengunjungi dokter adalah cara yang tepat. Barangkali ada cara agar tidur lucu yang sudah kamu praktikkan dan berhasil, bisa share di kolom komentar, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE