Saat melamar sebuah pekerjaan impian, tahukah kamu apa hal paling pertama yang bisa kita tunjukkan pada sang perusahaan?

Benar sekali: CV, atau nama panjangnya Curriculum Vitae. CV adalah sebuah dokumen singkat yang merangkum tentang data pribadi kita dari riwayat kehidupan hingga riwayat pekerjaan.

CV yang baik sangat penting untuk menunjukkan profesionalisme kita. Yuk, pahami apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat CV yang baik:

1. Pahami dasar- dasar menulis CV yang baik

Pahami dasar menulis CV yang baik via www.bbc.com

Sebenarnya, tidak ada peraturan yang kaku dalam penulisan CV. Namun, ada beberapa hal pokok yang harus kamu sertakan dalam CV-mu. Hal tersebut mencakup informasi data diri, kontak, riwayat pendidikan, keahlian khusus yang kamu miliki, pengalaman kerja, ketertarikan pribadi, prestasi, hobi, dan daftar orang yang bisa kamu memberimu referensi.

2. Perhatikan penampilan CV-mu

Advertisement

CV yang kreatif via www.dsh.co.uk

CV yang lolos pasti adalah CV yang secara hati-hati disusun dan di-print kertas yang bersih dan rapi. Jangan pernah mengirimkan CV di dalam amplop dalam kondisi yang tertekuk- tekuk atau terlipat. Hal tersebut akan menunjukkan kalau kamu bukan orang yang kurang serius dalam melamar perusahaan tersebut.

Sebisa mungkin, tulislah juga hal-hal yang paling penting di CV-mu pada bagian tengah. Di situlah pertama kali orang akan melemparkan pandangan mereka.

Gunakan juga foto dengan pose dan pakaian yang sopan.

3. Jangan lebih dari dua halaman

jangan lebih dari 2 halaman via 4photos.net

Sebuah CV yang baik harus rapi, jelas, dan padat. Buatlah setiap poin jelas dengan tidak berputar-putar menceritakan hal-hal yang kurang penting. Tulis saja apa yang penting, dan hapus yang tidak penting.

Orang-orang di perusahaan hanya akan melihat sekilas CV yang kamu buat. Kalau kamu kebanyakan basa-basi, tentu CV-mu akan ditolak karena tidak menarik.

Selain itu , sebisa mungkin gunakanlah kertas berukuran A4 (yang dianggap standar) .

4. Pahami Job Description pekerjaanmu

ketahui apa job descriptionmu via www.halogensoftware.com

Job description adalah penjelasan tentang tugas umum/tanggung jawabmu dalam melakukan suatu pekerjaan. Nah, hal ini menjadi penting untuk menyesuaikan antara pekerjaan yang kamu lamar dengan kemampuanmu.

Cari tahu lewat internet atau buku tentang detail tanggung jawab dalam pekerjaan yang kamu lamar. Lalu, kalau kamu pernah melakukan pekerjaan yang sama, sebutkan hal itu dalam CV-mu. CV kamu pun akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan.

5. Selalu Lakukan penyesuaian pada CV-mu

sesuaikan CV dengan pekerjaan yang kamu lamar via www.oneshift.com.au

Hal ini khususnya perlu kamu lakukan jika kamu melamar lebih dari satu jenis pekerjaan. Logikanya, setiap pekerjaan atau perusahaan akan membutuhkan orang dengan kemampuan dan ketertarikan yang unik. Tidak ada yang sama satu dan lainnya.

Sebagai seorang pelamar kerja, kamu memiliki lebih dari satu hal yang istimewa. Pilihlah sisi istimewa mana yang paling tepat ditonjolkan dalam usahamu melamar. Sisi istimewa yang kamu tonjolkan bisa berbeda-beda, tergantung tuntutan perusahaan tempatmu melamar. Dengan begini, lamaranmu di sebagian besar perusahaan itu akan lebih mudah diterima.

7. Tulislah keahlianmu secara jelas dan unik

tuliskan apa saja keahlianmu yang membuatmu istimewa via englishwithatwist.com

Coba pikirkan: dari ratusan lamaran yang akan masuk, apa yang akan membuatmu nampak unik?

Ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan, tetapi salah satu hal yang tidak mungkin diabaikan oleh perusahaan adalah keahlian individualmu. Tulis keahlian yang membuatmu tampak berbeda dan unik, seperti mampu berbahasa asing, mampu mengoperasikan beberapa piranti lunak, mampu memimpin dan dipimpin dalam tim, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dll.

8. Setelah itu, tulis juga ketertarikan personalmu

tunjukan hal -hal yang kamu sukai secara khusus via resources.workable.com

Tuliskan ketertarikanmu akan suatu hal secara khusus. Lakukan ini untuk menujukkan ke perusahaan bahwa kamu adalah orang yang penuh antusiasme dalam hidup. Semisal kamu punya hobi unik yang mengantarkanmu ke sebuah sukses kecil dalam hidupmu, tuliskan saja.

8. Cantumkan juga pengalaman- pengalamanmu

sertakan pengalaman yang kamu miliki via www.perugia2019.eu

Tulis saja semua dengan singkat dan jelas. Tulislah pengalaman kerjamu, atau organisasi, atau juga pengalamanmu dalam kegiatan- kegiatan sosial yang kamu pernah ikuti. Tunjukkan ke perusahaan yang kamu lamar bahwa kamu adalah orang yang terlibat aktif dalam berbagai kegiatan.

9. Masukan referensi yang bisa diandalkan

pilihlah kenalan yang mengetahuimu dengan baik via www.dsh.co.uk

Hal ini sangat penting untuk ditambahkan karena referensi memberitahu perusahaan bahwa mereka bisa mengecek kebenaran data yang kamu tulis dari orang yang kamu jadikan referensi. Pilihlah temanmu atau rekan kerjamu yang cukup dekat mengenalmu dan mengetahui cukup baik tentang bagaimana kamu dalam bekerja.

10. Jangan lupa untuk selalu update CV-mu

selalu update CV-mu ya via www.evolllution.com

Kalau kamu ingin dipandang baik oleh perusahaan yang kamu lamar, maka jangan sampai kamu kelewatan untuk melaporkan pekerjaan atau kegiatan terakhir (organisasi, volunteering, magang) dimana kamu terlibat.

Akan jauh lebih baik lagi kalau kamu buat CV-mu dari sekarang sehingga tidak akan ada hal yang terlewat ketika harus membuat CV . Buat calon perusahaan yang kamu lamar terkesan dengan keaktifan dan antusiasme kamu bergabung dengan mereka.

Setelah kamu tahu apa saja yang harus kamu tulis di CV-mu, tengok juga desain-desain CV yang bisa kamu sontek ini.