Hari Minggu, hari libur. Bukan cuma libur kuliah atau tugas-tugas, tapi juga libur mandi~

Hari libur adalah hari di mana kamu bisa gegoleran seharian di rumah. Nah, karena nggak harus tampil di depan orang lain itulah, ada rasa ogah-ogahan untuk bangun pagi dan membersihkan badan. Mendadak kegiatan mandi yang rutin kamu lakukan setiap pagi jadi gak penting, bikin dingin, dan malas, deh.

Padahal mandi bukan hanya bermanfaat untuk tampil cantik atau ganteng lho. Aktivitas yang singkat ini bisa menghindarkanmu dari berbagai kemungkinan buruk yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Nah, mau tahu apa saja yang akan terjadi saat kamu malas mandi?

1. Bukan hanya bau badan yang akan kamu dapatkan. Kalau malas mandi, ketahanan tubuh pun bisa jadi korban.

Ringkih via tastyresearch.com

Jika kamu selama ini mengeluh gampang sakit atau mudah tertular penyakit, maka kamu patut menyelidiki, karena bisa saja semua itu disebabkan oleh kebiasaanmu yang malas mandi. Tanpa sadar, sebenarnya kamu telah melewatkan hal sederhana yang bisa meningkatkan daya tahan tubumu. Mungkin selama ini kamu masih beranggapan bahwa mandi tidaklah penting. Hingga kadang kamu hanya gosok gigi dan cuci muka, lalu pergi kuliah. Padahal, mandi sebenarnya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu lho.

Advertisement

Berbagai kuman yang ada di permukaan tubuhmu bisa hilang karena guyuran air dan sabun. Tubuh lemas yang tersiram air dingin bisa memicu aktivitas sel darah putih lebih meningkat. Di ujung hari daya tahanmu bisa menjadi lebih baik. Dengan begitu, kamu tak mudah sakit lagi.

2. Selain itu, malas mandi juga membuatmu rentan terserang flu.

Kamu berserah diri pada flu via rawganicvegan.com

Kamu sering ambruk karena terserang flu? Barang kali itu ganjaran dari kebiasaanmu yang jarang mandi. Pertahanan tubuh yang minim dan kondisi yang tidak bersih membuat virus flu gampang menempel. Tertular flu menjadi lebih gampang terjadi. Sementara kalau kamu sedang menderita flu, tidak mandi juga bisa memperparah keadaan.

Jika kamu ingin hidup sehat, maka rajin mandi – lebih baik air hangat –  bisa meredakan sakitmu. Kehangatan air bisa memperlancar peredaran darah, mengatasi hidung yang tersumbat, mengurangi rasa sakit kepala dan menghilangkan pegal-pegal. Nah, masih pikir-pikir kalau disuruh mandi?

3. Tumpukan masalah akan semakin terasa menghimpit jika kamu masih berat hati untuk pergi ke kamar mandi.

Kamu makin frustasi via imgkid.com

Hidup memang tak jauh-jauh dari berbagai permasalahan, namun kadang semua terasa lebih berat saat kamu membuatnya menghantui pikiran. Nah, alih-alih mencari jalan keluar, kamu malah berdiam diri di kamar dan semakin frustrasi karenanya. Jika kamu perhatikan, hal itu menjadi kebiasaan karena kamu malas mandi.

Malas mandi seperti menenggelamkan diri pada stres. Rasa malas dan frustrasi semakin berlipat-lipat. Jika kamu mau ambil handuk dan beranjak ke kamar mandi, maka kamu akan mendapatkan keuntungan mendapatkan sensasi relaksasi yang menyegarkan pikiran. Aroma wangi sabun mandi juga membuatmu jadi lebih bersemangat. Mandi menjadi investasi yang menjanjikan untuk membuat pikiran jernih kembali. Jadi, apakah kamu benar-benar ingin melewatkan itu semua?

4. Meski sudah menggunakan berbagai macam krim, kulit cerah tak akan kamu dapatkan dengan maksimal kalau kamu malas mandi.

Mukamu jadi lebih kusam via www.swg.co.za

Mungkin selama ini kamu mengidam-idamkan kulit cerah dan indah. Tapi, kamu juga malas untuk bersih-bersih badan. Yah, layaknya pungguk yang merindukan bulan, apa yang kamu inginkan tidak mungkin kamu dapatkan. Bukannya kulit jadi cerah, penampakanmu jadi kusam karena jarang dibasuh dengan air.

Mungkin kamu merasa sudah cukup mengandalkan krim untuk mencerahkan kulit. Tapi, kulitmu juga butuh bernafas dan nutrisi berupa air. Menggosok-gosok badan selama mandi cukup ampuh membantu kulitmu untuk beregenerasi. Maka, kulit cerah dan segar bisa kamu dapatkan dan kulit kusam akan segera menghilang. Selain itu, mandi juga bisa memperbaiki jaringan kulit lho. Jadi, serius nih masih malas mandi dan meninggalkan keuntungan menggiurkan ini?

5. Mandi bisa meningkatkan kesuburan reproduksi. Jadi jika malas mandi, hati-hatilah tentang akibatnya pada masa depanmu.

Masa depan cerah, rajin mandi mulai saat ini via www.desktopbestwallpaper.com

Malas beranjak untuk mandi tak hanya membuat kulitmu kusam, tapi juga membuatmu kehilangan kesempatan untuk memperkuat kesuburan. Menurut penelitaan yang dilakukan di London, mandi dengan air dingin di waktu pagi bisa meningkatnya produksi hormon testosteron bagi cowok serta hormon estrogen pada cewek. Dengan begitu masa depanmu bisa lebih cerah karena kesuburan organ reproduksimu terjaga. Nah, jika kamu masih malas mandi, maka keuntungan ini tak akan kamu kantongi.

Kecerahan masa depan tidaklah hanya tentang materi, namun juga kesehatan reproduksi. Jadi, pastikan kamu meninggalkan kebiasaan malas mandi ya.

6. Menunda mandi sama dengan meniadakan tidur berkualitas malam ini. Ya, siap-siap saja tidur tak nyenyak kalau kamu malas mandi.

Tidak bisa tidur nyenyak via www.prevention.com

Menunda mandi esok pagi juga seringkali kamu lakukan karena alasan kelelahan. Alih-alih membersihkan muka atau badan, gak jarang kamu lebih suka pergi tidur langsung dalam kondisi penuh debu. Secara tak sadar, hal inilah yang membuatmu menjadi gelisah dan tidurmu tak nyenyak. Bahkan hingga kamu mimpi buruk atau justru pegal-pegal saat bangun.

Nah, jika kamu rela meluangkan sedikit waktu untuk mandi, maka kamu akan mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas. Mandi bisa menjadi jurus ampuh untuk memperlancar peredaran darah. Apalagi jika kamu mandi dengan air hangat, maka otakmu terpicu untuk menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi dalam siklus harian tubuhmu dan sensasi relaksasi yang membuat tidurmu lebih nyenyak. Jadi, jika ingin tidurmu nyenyak, jangan lagi malas mandi ya.

7. Saat kamu memilih jadi orang yang malas mandi, jangan heran kalau wajahmu jadi banyak kerutan dan cepat tua.

Kamu gak mau kan wajahmu cepat tua? via interactive.wxxi.org

Bukan hanya tubuh yang bisa merasa haus, karena kulitmu juga bisa merasa dahaga dan butuh minum. Jika kamu masih malas mandi, gak heran kulitmu jadi kusam karena banyaknya kotoran yang menempel. Kulit yang jarang tersiram air juga menyebabkannya menjadi mudah kering dan berkerut. Tentu saja hal ini akan membuatmu terlihat lebih tua.

Nah, jika kamu ingin tampil lebih cantik dan tanpa kerutan, maka mandi adalah hal yang wajib kamu tekuni. Air yang terguyur ke tubuhmu akan membuat kulitmu jadi lebih lembab dan terlihat cerah. Ion oksigen yang terserap ke pori-pori kulit juga membuat kulitmu jadi lebih indah dan sehat. Dengan begitu, penampilanmu akan terlihat lebih menawan kapan saja.

8. Rasa malas mandi itu seperti bumerang. Semakin malas, tubuhmu akan semakin lemas!

Kamu jadi makin lemas via justmytype.ca

Malas mandi itu layaknya lingkaran setan kemalasan. Semakin ogah-ogahan mandi, maka tubuhmu akan otomatis menjadi semakin lemah untuk bergerak melakukan semua pekerjaan. Tubuh menjadi tak bertenaga dan rasa suntuk juga bisa menyerang kapan saja. Hingga terkadang tubuh yang lemah itu akan berujung pada sakit atau flu.

Mandi itu sebenarnya gak lama kok, hanya dengan meluangkan waktu 10 menit tubuhmu sudah bisa bersih. Mandi juga tak perlu ribet, kamu hanya cukup mengguyur air memakai sabun, shampo dan pembersih. Nah, mulai sekarang agak ada salahnya mulai buka mata bahwa mandi itu mudah dan menyanangkan. Jadi kamu tak perlu malas lagi untuk beranjak dari ranjang.

9. Susah konsentrasi? Bisa jadi karena kamu malas mandi!

Pikiranmu menjadi lebih atraktif via www.parentmap.com

Skripsimu gak kunjung kelar? Tugasmu makin menumpuk karena tak ada jalan keluar? Atau nilai ujianmu merah terbakar? Nah, barangkali hal ini terjadi karena kamu jarang mandi. Kondisi tubuh yang kotor dan lesu mengakibatkan otakmu tak bekerja dengan baik. Bahkan seringkali kamu akan terserang rasa kantuk yang dalam.

Namun jika kamu mau mengubah kebiasaan menjadi rajin mandi dua kali sehari, maka bukan hanya tubuh bersih dan sehat yang kamu dapatkan, otak yang cemerlang juga jadi nilai plus buatmu. Mengosokkan sabun ke tubuh dengan wewangian membuat otak dan tubuhmu menjadi lebih relaks. Selain, beberapa aroma herbal pada sabun juga bisa mempertajam ingatan, menenangkan pikiran, dan mendongkrak moodmu jadi lebih baik. Nah, agar tugasmu cepat kelar dan otakmu produktif, pastikan kamu rajin mandi mulai saat ini ya.

Selama ini, gak sedikit dari kita yang mandi hanya karena ingin tampil cantik. Padahal di balik ritual singkat ini kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang tak hanya bersih, tapi juga sehat dan masa depan yang cerah. Nah, jik akamu tak mau melewatkan manfaat ini, pastikan kamu tak lagi berat untuk bergegas ke kamar mandi ya.

Selamat mandi.