Weekend begini enaknya ngapain, ya? Daripada malas-malasan, lebih baik melakukan sesuatu yang bisa membuat tubuhmu fit dan mood kamu lebih positif. Bisa dengan jalan-jalan keliling kota, makan makanan enak, dan hangout bareng teman-teman. Tapi eh, sebelum kamu melakukan itu semua, ada baiknya terlebih dulu bersih-bersih kamar.

Kalau selama weekdays kamu nggak pernah sempat membersihkan dan merapikan kamar tersayangmu karena tugas-tugas yang menumpuk, saat weekend ini luangkanlah waktu untuk membuatnya lebih nyaman ditinggali. Nggak perlu lama-lama kok melakukan kegiatan yang satu ini. Nah, khusus untuk kamu yang sibuk, cek deh bagaimana kamu bisa membersihkan kamar hanya dalam waktu 10 menit saja!

1. Jangan Heboh Memulai Dulu. Alokasikan 10 Detik Untuk Membuat Prioritas: Mana yang Harus Dibersihkan Duluan?

nikmati ‘ciptaanmu’ selama 10 detik via vickyflipfloptravels.files.wordpress.com

Pertama-tama mundurlah ke belakang dan benar-benar nikmati pemandangan abstrak yang tampak pada kamarmu. Apa sih yang paling mengganggu matamu? Kalau matamu udah terlalu terbiasa sama pemandangan itu, gunakanlah perspektif orang lain. Kiranya apa yang bakal diprotes pertamakali sama orang yang masuk kamarmu. Mungkin tumpukan baju kotor, atau gunungan cucian kotor yang sudah berminggu-minggu tidak dicuci. Mungkin juga sepatu-sepatumu yang berserakan menyebar bau yang tak sedap.

Tentukan perusuh utama yang berkontribusi paling besar terhadap situasi kamarmu. Tapi jangan lama-lama ya mengagumi ‘hasil karya’mu. Scanning kilat aja sudah cukup kok. Lalu segera-lah bergegas bergerak membersihkan.

Estimasi Waktu : 10 detik.

2. Setelah Inspeksi Kilat, Segera Singkirkan Benda-Benda yang Paling Bikin Kamarmu Berantakan

Advertisement

Kumpulkan dan simpan di tempat yang tak terlihat via www.goodhousekeeping.com

Setelah tahu prioritasmu, segeralah singkirkan tersangka utama. Jika tersangka utamamu adalah hamparan baju kotor yang menutupi hampir seluruh permukaan lantai, ambil keranjang laundry dan kumpulkan hamparan itu jadi satu. Kalau rencana jangka panjangnya, ya baju-baju kotor harus segera dicuci. Tapi karena gak sempat, prioritas utamamu adalah memiliki kamar yang indah untuk dipandang. Jadi segera simpan atau kamuflase-kan ‘rahasia kotor’mu.

Temukan tempat persembunyian yang cocok. Mungkin lemari yang masih luang atau kabinet dekat tempat tidur. Selain keranjang laundry jelas-jelas kelihatan isinya cucian kotor, simpan aja baju-baju kotormu di tas atau koper kosongmu. Hehe kalau cuma tas atau koper, orang-orang justru gak bakal tertarik lihat isinya. Tapi janji lho abis itu dicuci atau dibawa ke laundry-an, kalau gak mau tas kesayanganmu bau.

Estimasi Waktu : 2 menit.

Taruh bukumu yang paling keren di atas via 4.bp.blogspot.com

Tapi kalau misalkan perusuh utama dalam kericuhan kamarmu adalah buku dan kertas-kertas yang berserakan, sebagai prasasti dari hasil bergadangmu berhari-hari ngerjain tugas. Kumpulkan semua jadi satu tumpukan rapi dan letakkan tumpukan itu di meja belajarmu. Nah jurus ini memang tidak mengkhayati peribahasa ‘don’t judge book by its cover’ , karena tampilan luar emang sakti memberikan ilusi kalau kamarmu itu bersih.

Jadi taruh buku-buku ‘pintar’mu di urutan paling atas dari tumpukan yang mungkin sebenarnya hanya sampah nge-print. Nah kalau ortumu lihat anaknya rajin baca buku yang berfaedah, pasti mereka tambah senang dan mungkin gak nanya tumpukan kertas di bawahnya.

Estimasi Waktu : 1 menit

3. Jangan Lupa! Simpan Barang yang Gak Pantas Jadi Konsumsi Orang Banyak

Hayo..kondom siapa dek? via pbs.twimg.com

Disamping perusuh yang emang membuat kamarmu kotor, jangan lupa juga simpan barang-barang kecil yang mungkin bisa bikin kami malu di hadapan tamu yang akan berkunjung. Krik-krik juga ‘kan kalau tiba-tiba di lantai ada krim panu atau krim kutu airmu. Ingat! Kamar adalah representasi pribadimu. Jadi, gak ada salahnya kalau kamu berusaha menjaga citra sebaik mungkin. Apalagi kalau yang mau bertamu gebetanmu, segera singkirkan semua barang-barang “aneh” termasuk barang dari mantan.

Estimasi Waktu : 30 detik

4. Buka Pintu dan Jendela. Agar Udara Segar Mengusir Bau-Bau Aneh yang Sudah Mengendap di Kamarmu Sejak Lama

buka jalan keluar untuk bau-bau aneh dari dalam kamar via i.huffpost.com

Bahkan meski di luar hujan angin sekalipun, bukalah jendelamu sewaktu kamu bersih-bersih. Biarkanlah udara bersih mengaliri kamar yang sudah dihuni cucian kotor selama berminggu-minggu. Semprotkan pengharum ruangan dan nyalakan kipas anginmu supaya bau segar bisa menggusur bau-bau yang tidak sedap keluar. Kalau kamu gak punya pengharum ruangan, sumpah deh kalau emang malas nge-bersihin kamar paling gak kamu harus berinvestasi untuk beli pengharum ruangan, pakai parfum atau colognemu juga bisa.

Lagipula kalau kamu membersihkan semua kotoran itu dalam ruangan tertutup, pasti kamu bakal batuk-batuk akibat debu atau bahkan sampai muntah gara-gara gak tahan baunya.

Estimasi Waktu : 30 detik

5. Jangan Lupa Merapikan Fokus Utama Dari Setiap Kamar Tidur : Kasur

Pencitraan selesai via theknotb2b.files.wordpress.com

Hehe lagi-lagi jurus kilat ini memang bermain dengan visual atau tampilan luar. Barang yang menjadikan kamar tidur itu kamar tidur ya apalagi kalau bukan kasur. Walaupun yang lain udah rapi, tapi kalau kasurmu masih berantakan, rasanya kamarmu itu masih kotor. Merapikan kasurnya gak perlu lama-lama juga sampai gak ada keriputnya kayak kasur hotel.

Pastikan saja barang-barang yang tadinya berserakan menemani tidurmu setiap malam sudah dipindahkan ke tempat lain. Lalu rapikan sprei dan selimutmu sampai terlihat cantik. Nah biar gak kelihatan baru aja dibersihin ketahuan dong malesnya, berbaring-lah sekali untuk meninggalkan jejak badanmu. Lalu taruh satu barang seperti laptop atau buku di atas kasurmu. Lengkaplah pencitraan-mu jadi orang rapi nan rajin yang baru aja laptop-an atau baca buku di atas kasur.

Waktu : 1 menit

6. Jorok Itu Tingkatan Malas Yang Berbeda Lho, Jangan Sampai Deh Orang Lain Menangkap Kejorokanmu

Cucinya nanti…. via 4.bp.blogspot.com

Kamar berantakan mungkin bakal membuat orang tuamu uring-uringan, tapi kalau kamarmu jorok bisa-bisa masuk pun mereka gak sudi. Jorok itu sudah gak perlu dilihat, bau-bau cucian kotor yang udah berkerak dan dihinggapi lalat itu juga bisa kecium sampai kamar sebelah.

Jadi, kumpulkan semua piring dan gelas kotor yang gak sempat kamu cuci dari kemarin ke dapur atau tempatmu biasa mencuci piring. Rendam semua cucian kotor itu dalam air. Lalu jangan lupa juga untuk mengumpulkan sampah makanan yang bisa jadi tempat berkembang biak jamur jadi satu dan singkirkan ke luar kamar.

Estimasi Waktu : 3 menit

7. Persenjatai Dirimu Dengan Alat-Alat Pembersih Untuk Gerilya Kilat

Senjata bersih-bersih kilat via transform.fairfaxregional.com.au

Kalau semua perusuh sudah hilang dari pandangan, ambil perlengkapan bersih-bersihmu dan mulailah aksi sweeping untuk menghilangkan tumpukan debu yang kasat mata. Gunakan juga lap basah untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau permen yang lengket. Lalu lap sekali lagi dengan lap kering. Pastikan kamu menjangkau tempat-tempat yang bakal dijangkau tamu seperti kursi. meja, dan kasur.

Estimasi Waktu: 2 menit

Gimana nih jurus-jurus kilat Hipwee untuk membersihkan kamar, eh biar kamar kelihatan bersih ding, dalam waktu 10 menit aja?! Cukup mudah ‘kan?

Cuma sebenarnya kalau dipikir-pikir lebih gak makan jantung lho kalau kamu gak harus buru-buru nge-bersihin kamar kalau kamarmu emang sehari-harinya rapi, hehehe. Tapi buat kamu yang selalu sibuk tiap harinya, cara ini bisa dicoba. Selamat bersih-bersih ya! 😀