Internet adalah salah satu penemuan abad 20 yang mengubah cara hidup umat manusia. Dengan internet, kita menggenggam akses ke pengetahuan yang nyaris tanpa batas. Kamu bisa mengetahui info-info terkini, bikin tugas, sampai belajar banyak hal dari sini. Tapi, kadang kita lupa memanfaatkannya dengan baik — paling cuma buat update status di medsos atau malah nge-bokep. :p

Kalo kamu pengen mengembangkan dirimu dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat, kamu bisa belajar dari sejumlah laman yang tersedia di Internet. Kali ini, Hipwee mencoba merangkum sejumlah website keren yang bisa membantumu tambah cerdas. Tentunya, laman-laman ini gratis lho!

1. Duolingo

Duolingo via en.wikipedia.org

Kalau kamu pengen belajar bahasa asing secara mandiri, Duolingo bisa menjadi opsi yang pas buat kamu. Laman ini membantu kamu belajar bahasa asing seperti Spanyol, Denmark, Irlandia, Prancis, Italia, Jerman, Portugis, dan Belanda secara mudah dan menyenangkan.

Selain belajar writing, grammar dan vocabulary, kamu juga dilatih listening dan speaking. Yang lebih seru, kamu gak cuma belajar lewat tulisan, tapi juga dengan gambar, biar kamu lebih gampang buat mengingat kosakata baru. Kursus bahasa ini bisa diselesaikan dalam beberapa bulan, tergantung seberapa rajin kamu latihan.

2. Khan Academy

Advertisement

Khan Academy via www.edukwest.com

Khan Academy adalah organisasi nonprofit yang bertujuan untuk memberikan edukasi di berbagai disiplin ilmu bagi semua orang secara gratis. Di sini, kamu bisa mempelajari matematika, IPA, ilmu komputer, ekonomi dan keuangan, serta seni yang tingkatnya setara dengan pendidikan di universitas.

Selama kamu belajar, laman ini akan mencatat kemajuanmu. Khan Academy cocok bagi kamu yang ingin menambah ilmu di luar disiplin keilmuan yang kamu pelajari di bangku sekolah formal. Buat kamu yang merasa bangku kuliah itu tidak penting tapi tetap ingin dapat ilmunya, Khan Academy layak kamu coba.

Keberhasilan pengguna yang memanfaatkan laman ini sudah tidak diragukan lagi. Hipwee pernah menulis tentang Moawia Eldeeb, anak yang dianggap tidak akan lulus SMA tapi justru bisa dapat beasiswa di salah satu universitas terbaik Amerika Serikat karena belajar di Khan Academy.

3. Justin Guitar

Justin Guitar via www.justinguitar.com

Kamu pengen mahir bermain gitar? Justin Guitar dengan senang hati akan membantu kamu. Pria ini menyediakan ratusan tutorial gratis memainkan gitar lewat video yang tersemat di lamannya.

Pelajaran yang diberikan juga cukup mudah untuk kamu ikuti, meski kamu baru mulai main gitar, karena laman ini menyajikan kursus gitar dari jenjang pemula sampai menengah secara menyeluruh. Pokoknya komplit deh!

4. Quora

Quora via insidefmm.com

Kalo kamu tahu Yahoo Answer, Quora adalah laman yang punya tujuan serupa. Bedanya, pertanyaan yang kamu ajukan di Quora dijawab oleh orang terkenal atau yang berpengalaman di bidangnya.

Selain bertanya, kamu juga bisa ikut menjawab serta berdiskusi. Banyak pengetahuan yang bisa kamu dapat dari sini.

5. Information is Beautiful

Information is Beautiful via plus.google.com

Membaca itu seru, tapi kadang lebih asik lagi kalo informasi bisa disajikan dalam bentuk visual, membuat info itu jadi lebih “hidup” dan menarik untuk dibaca. Nah, laman Information is Beautiful ini mengolah beragam informasi menjadi infografis yang apik. Menambah pengetahuan gak pernah terasa seasyik ini sebelumnya.

6. Investopedia

Investopedia via elpoderdelosnumeros.org

Kamu pengen memperdalam wawasanmu tentang bisnis dan keuangan? Investopedia jawabannya. Laman ini merupakan blog berita yang membantumu memahami pasar keuangan dengan bahasa yang mudah untuk dicerna.

Di sini kamu bisa menemukan bermacam artikel menarik, tutorial dan video yang bisa membantu menjawab pertanyaanmu tentang finansial dan bisnis.

7. Spreeder

Spreeder via www.sapienplus.com

Banyak dari kita yang mengalami kesulitan membaca cepat, karena kita cuma bisa membaca secepat “hati” kita membacanya. Nah, Spreeder memberikan solusi yang membantu meningkatkan kecepatan membaca serta kemampuan pemahaman kita.

Di laman yang satu ini, kamu bisa melekatkan (paste) teks yang ingin kamu baca dengan cara speed reading. Kemudian, Spreeder akan menampilkannya dalam potongan-potongan kalimat. Dengan membuka Spreeder kamu tidak lagi perlu memelototi kertas yang penuh dengan tulisan. Spreeder akan langsung menayangkan kalimat yang perlu kamu baca dengan kecepatan yang konsisten.

8. Project Gutenberg

Project Gutenberg via fedobe.com

Laman yang satu ini bisa dibilang sebagai sebuah perpustakaan raksasa, di mana kamu bisa menemukan begitu banyak buku gratis yang bisa kamu simpan seumur hidupmu. Di sini, kamu bisa mengunduh ribuan e-book secara gratis, dan tentunya legal.

9. Codeacademy

Tampilan Code Academy via www.codecademy.com

Seperti yang udah disebut di awal, internet memang sudah mengubah cara hidup manusia dan mengambil alih banyak fungsi. Makanya, kemampuan coding dan pengembangan website menjadi salah satu skill penting yang dibutuhkan dunia saat ini.

Lewat Codeacademy, kamu bisa memanfaatkan tutorial gratis yang membantumu untuk belajar dasar-dasar coding dengan instrumen yang mudah dan interaktif.

10. Lumosity

Lumosity via web.filehorse.com

Belajar dengan game adalah salah satu cara yang asyik buat membantumu meningkatkan kemampuan berpikir. Di Lumosity, kamu bisa mengasah otakmu sambil bermain lewat games seru yang memang didesain untuk meningkatkan kemampuan logika dan mengingat informasi.

Lewat sini, kamu bisa mengenal apa kekuatan dan kelemahanmu (misalnya kamu kuat di memori tapi lemah di matematika) dan memantau progresmu dari hari ke hari.

11. TED

Selama bertahun-tahun, banyak orang telah menambah wawasan mereka lewat seminar yang didukung oleh narasumber yang ahli dan sukses di bidangnya.

Nah, kini kamu gak perlu pergi jauh-jauh dan membayar mahal hanya untuk menjadi peserta sebuah seminar, karena TED menyajikan seminar gratis dengan berbagai tema via video yang bisa kamu tonton kapanpun dan di manapun.

12. HowStuffWorks

Kamu lagi penasaran sama suatu hal dan ingin mengetahuinya secara mendalam? Kamu mungkin bisa menemukannya di HowStuffWorks. Laman ini memberikan banyak informasi yang menjawab pertanyaanmu terhadap berbagai topik. Mulai dari soal otomotif, kesehatan, teknologi, sampai gaya hidup.

Dengan mengakses laman ini dijamin mata kamu bisa lebih terbuka dan wawasanmu bakalan nambah, deh!

13. MIT Open Courseware

Open Courseware via schoolcolleged2l.blogspot.com

Open Courseware dari Massachusetts Institute of Technology mungkin adalah jawaban yang ditunggu-tunggu buat kamu yang pengen mencicipi materi kuliah sekelas universitas Ivy League tanpa harus susah payah berjuang untuk diterima sebagai mahasiswa.

Open Courseware adalah program dari pengajar di MIT yang menyediakan materi kursus secara online yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Kamu bisa memilih program studi dan spesialisasi yang kamu inginkan. Mulai dari ilmu kedokteran, bisnis hingga ilmu sosial tersedia.

Banyak sekali orang yang merasa terbantu oleh kursus online gratis ini.

14. Mind Tools

Mind Tools via www.lifehack.org

Buat kamu yang sedang meniti karir, Mind Tools adalah tempat yang tepat untuk belajar. Kenapa? Karena blog ini bisa membekalimu dengan kemampuan-kemampuan praktis untuk kemajuan karir yang bisa kamu terapkan di kerjaanmu sehari-hari.

Kalau kamu adalah karyawan baru, penting banget nih buat mempelajari keterampilan yang dirangkum di blog ini.

15. Couchsurfing

Couchsurfing via triphackr.com

Couchsurfing adalah laman yang terkenal di kalangan traveler. Laman ini membantu kamu untuk berhubungan dengan traveler dari seluruh penjuru dunia dan menjadi kesempatan yang oke buat mempelajari budaya dari belahan dunia lain.

Lewat sini, kamu bisa “menumpang” pada pengguna CS lain yang menyediakan tempat tinggalnya buat kamu, atau kamu juga bisa meminta couch surfer lain menjadi pemandu kamu saat kamu berkunjung ke daerah mereka. Sebaliknya, kamu juga bisa menawarkan tempat tinggal dan waktumu untuk mendampingi sesama couch surfer yang datang ke daerahmu.

Ketemu sesama traveler pengguna Couchsurfing akan memperkaya wawasanmu tentang budaya dan perspektifmu tentang manusia. Nah, kalo kamu pengen traveling irit tapi tetap penuh pengalaman, coba laman ini deh!

Ternyata banyak hal berguna yang bisa kamu lakukan dengan internet, tinggal gimana kamu memanfaatkannya. Semoga setelah kamu tahu laman-laman keren ini, ada anak bangsa yang tertarik bikin website yang bikin cerdas seperti di atas.

Nah, apakah kamu punya rekomendasi laman keren lainnya? Langsung bagikan ke kolom komentar yuk.