Bisa keliling dunia adalah impian yang dimiliki oleh banyak orang. Siapa sih yang nggak mau jadi traveler yang bisa merasakan indahnya pengalaman dari seluruh belahan di muka bumi? Pertanyaannya, dapet duit dari mana buat modal jalan-jalan keliling dunia?

Tenang, kalau kamu punya niat yang kuat pasti ada jalannya kok. Nih, Hipwee kasih cara-cara untuk mengatur uangmu agar impian mengitari seluruh belahan bumi bisa terwujud.

1. Tentukan Tujuan Perjalananmu

Tentukan tujuan perjalanan via www.wikitech.hu

Sebelum mulai menyimpan dan mengatur uangmu, penting untuk menentukan kemana kamu ingin pergi. Pilihlah tujuan yang paling memungkinkan untuk kamu saat ini. Jika kamu merasa belum mampu membiayai perjalanan ke luar negeri, maka tidak ada salahnya memutuskan untuk traveling di dalam negeri dulu. Setelah kamu punya tujuan, kamu mulai bisa mengira-ngira berapa dana yang kamu butuhkan.

2. Riset Semua yang Kamu Perlukan

Riset yang kamu butuhkan via familyadventureproject.org

Advertisement

Setelah tahu kamu ingin pergi kemana, mulailah mencari tahu biaya apa saja yang harus kamu keluarkan. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, logistik, tiket masuk ke objek wisata, hingga menghitung rancangan pengeluaran untuk membeli barang-barang yang akan kamu butuhkan selama bepergian.

Buatlah daftar yang rapi, cantumkan setiap item dan berapa pengeluaran yang kamu butuhkan. Jangan terpaku pada tips dan trik traveling yang mainstream. Selalu cari alternatif agar biaya perjalananmu bisa lebih murah. Kalau sudah selesai, tempelkan daftar tersebut di tempat yang bisa kamu lihat. Atau catat di agendamu dan bawa kemanapun kamu pergi. Dengan begitu kamu akan selalu ingat kalau kamu harus menyimpan uang sebesar itu demi mewujudkan rencana perjalananmu.

3. Buat Komitmen Untuk Menyisihkan Pendapatan

Sisihkan penghasilan via privatbankar.hu

Setiap bulan, berjanjilah pada diri sendiri untuk menyisihkan pendapatanmu demi rencana traveling yang kamu idamkan. Besarnya terserah kemampuanmu, yang penting setiap kamu dapat penghasilan selalu sisihkan uang untuk mendanai perjalanan. Tahan diri untuk tidak mengutak-atik simpanan itu. Kalau perlu bikin rekening sendiri yang berjangka. Jadi kamu tidak akan bisa mengambilnya sampai menjelang keberangkatan.

4. Kurangi makan diluar

Kurangi makan diluar via 2.bp.blogspot.com

Kalau biasanya kamu makan siang diluar, cobalah untuk mulai merubah kebiasaan itu. Kamu bisa menghemat uang yang cukup lumayan hanya dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Kalau uang makan siangmu sehari 30 ribu, dalam sebulan kamu sudah bisa menyisihkan Rp 900.000,00 untuk dana perjalanan. Selama setahun kamu udah bisa dapat 10 juta loh!

5. Saat makan diluar, gak usah pesan minuman

Minuman segar di restoran via www.cumicumi.com

Kalau kamu perhatikan biasanya harga minuman di restoran selalu lebih tidak masuk akal dibandingkan harga makanannya. Yup, memang inilah taktik para pengusaha restoran. Mereka mengambil keuntungan lebih banyak dari penjualan minuman.

Jika memungkinkan, bawalah bekal air putih setiap saat kamu pergi. Jadi kamu tidak akan lagi keluar uang untuk membeli minuman dalam kemasan atau memesan minuman mahal di tempat makan. Kalau kebetulan kamu makan ditempat yang melarang pengunjungnya membawa minuman dari luar, pesan saja air putih. Selain jauh lebih murah, kamu juga bisa jadi lebih sehat jika melakukan kebiasaan ini dalam jangka panjang.

6. Hemat Bensin

Naik KRL dibanding kendaraan pribadi via assets.kompas.com

Demi bisa jalan-jalan jauh, potonglah pengeluaranmu untuk bensin. Jika biasanya dalam seminggu kamu menghabiskan Rp 150.000,00-Rp 200.000,00 untuk biaya transportasi cobalah untuk mulai mengurangi hingga 30%-40%.

Bukan berarti kamu harus ke kampus atau ke kantor jalan kaki ya, tapi pertimbangkanlah untuk berganti ke moda transportasi umum. Kalau rumahmu dekat dari tempat kegiatan sehari-hari sepeda bisa jadi pilihan oke. Atau minimal kurangilah bepergian yang nggak perlu-perlu amat. Habiskan lebih banyak waktu di rumah untuk merencanakan perjalananmu. Hemat bensin dapat, perjalanan yang tertatata juga bisa kamu miliki.

7. Berhenti Merokok

Kalau kamu ngerokok, coba hitung deh berapa pengeluaranmu dalam sebulan untuk belanja rokok? Satu bungkus rokok harganya 15 ribuan, asumsikan kamu menghabiskannya dalam 2 hari. Berarti dalam seminggu minimal kamu harus mengeluarkan 45 ribu untuk belanja rokok.

Jika pengeluaran ini kamu potong, dalam setahun kamu sudah bisa menyisihkan uang sebesar Rp 2.160.000,00. Lumayan banget kan untuk menambah dana traveling? Selain menghemat pengeluaran, berhenti merokok juga bagus buat kesehatanmu. Kamu akan bisa jalan-jalan dengan nafas yang lebih ringan.

8. Keluar dari Langganan Gym

Nge Gym via 2.bp.blogspot.com

Biasa olahraga di gym setiap hari? Berapa sih yang kamu bayar perbulan biar bisa olahraga disitu? Coba rubah kebiasaan ini dengan berolahraga di luar ruangan. Paling murah kamu bisa lari di sekitar rumah. Menghemat beberapa ratus ribu sebulan dan menggantinya jadi olah raga gratis akan berdampak besar pada hasil akhir tabungan perjalananmu. Lagipula sekarang banyak event lari yang seru yang bisa kamu ikuti, lho. Kayak yang pernah Hipwee tulis di “Lomba Lari Paling Fun dan Hip”.

9. Buat yang Cewek, Creambath dan Spa di Rumah aja

DIY Creambath via 1.bp.blogspot.com

Ditengah hari-hari yang menyita tenaga dan pikiran, salon memang jadi tempat pelarian untuk meredakan ketegangan. Tapi seringnya cewek-cewek justru kebobolan dompet setiap ke salon. Lapar mata, setiap perawatan ingin dicoba. Mulai saat ini berusahalah untuk mengurangi pengeluaran ke salon dan spa.

Banyak cara untuk tetap cantik tanpa harus mengeluarkan uang ke salon, kok. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia disekitarmu. Gak percaya? Nih, coba baca manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang pernah Hipwee tulis.

10. Gak Usah Sering-Sering Ke Kafe

Nongkrong di kafe via 4.bp.blogspot.com

Coba ingat-ingat lagi, berapa sih yang biasa kamu keluarkan buat beli segelas kopi di kafe? Minimal 15 ribu udah paling murah nggak sih? Belum lagi kalau pesan makanan. Bisa dipastikan sekali duduk di kafe setidaknya Rp 50.000,00 melayang.

Kalau kamu memang benar-benar serius dengan rencana perjalananmu, cobalah mengurangi nongkrong gaul di kafe. Sebab godaan untuk minum dan makan akan sulit sekali dihindari. Daripada menghabiskan waktu di kafe cobalah hal-hal baru seperti datang ke museum yang gratis atau puaskan diri download film di internet untuk hiburanmu di kala senggang.

11. Suka Baca Buku? Download aja Buku Gratis atau Beli Buku Bekas

Shopping, tempat belanja buku bekas via yogyakarta.panduanwisata.com

Baca buku termasuk hobi yang akan menguntungkanmu jika ingin memulai perjalanan keliling dunia. Kamu bisa baca tips dan trik traveling serta mengetahui objek wisata apa aja yang perlu kamu kunjungi. Tapi, hobi ini juga termasuk mahal. Satu buku bisa dihargai Rp 40.000,00-Rp 50.000,00. Bayangkan kalau dalam sebulan kamu beli 6 buku. Lumayan kan?

Membaca e-book via www.makemac.com

Tapi jangan khawatir, sekarang sudah banyak kok situs yang menyediakan buku untuk diunduh secara gratis dan legal. Kalau kamu masih ingin baca buku yang bentuknya fisik mulai pertimbangkan untuk membeli buku bekas. Kalau kamu pintar memilih dan tahu tempatnya banyak kok buku bekas yang masih oke kondisinya.

12. Kurangi Belanja Pakaian

Kamu bisa hidup kok dengan pakaian yang sudah kamu miliki saat ini. Percaya deh. Pintar-pintar aja menyiasati gaya dengan memadu-madankan pakaian yang sudah ada di lemarimu. Kalau kamu konsisten melakukan hal ini dalam jangka waktu setahun, pasti dana untuk liburanmu akan bisa bertambah dengan signifikan.

13. Hemat Biaya Pulsa

Tidak perlu pulsa berlebih via funny-people.info

Biaya komunikasi bisa kamu tekan dengan memotong penggunaan internet. Daripada langganan paket internet sekian giga sebulan, lebih baik manfaatkan jaringan Wi-Fi yang sekarang sudah mudah ditemukan dimana-mana. Katakan pada diri sendiri untuk merasa cukup hanya dengan telepon dan SMS saja. Layanan paket data cukup dipakai kalau ketemu Wi-Fi. Gak hanya bisa memberimu cukup dana untuk jalan-jalan, tapi kamu juga bisa lebih produktif bekerja karena nggak terlalu banyak distraksi.

14. Jangan Sering Keluar Sama Teman-Teman yang Hedon

Kadang kita udah niat hemat, tapi sekalinya keluar sama teman-teman yang hedon niat itu langsung buyar. Diajak nongkrong di tempat mahal gak bisa nolak, diajakin belanja kemudian lapar mata ikutan beli juga. Cobalah untuk tidak ikut kegiatan hura-hura dulu agar dirimu bisa mengendalikan pengeluaran.

Bukan berarti kamu harus kehilangan teman, tapi cobalah untuk tidak keluar bersama mereka saat agenda utamanya adalah membelanjakan uang. Kalau perlu beritahu mereka apa yang sedang kamu usahakan. Kalau mereka teman-teman yang baik pasti mereka akan mendukungmu, kok.

15. “Jual Diri” Biar Dapat Penghasilan Tambahan

Jadi fotografer pre-wed via lukihermanto.com

Cara satu ini paling jitu untuk menambah pundi-pundi tabunganmu. Kamu bisa mencari penghasilan tambahan agar semakin cepat bisa mewujudkan impian jalan-jalan keliling dunia. Gak perlu harus kerja kantoran di dua tempat, tapi kamu bisa memanfaatkan hobimu buat jadi pekerjaan paruh waktu.

Suka ngejahit atau masak? Kamu bisa berjualan kue atau sarung bantal sederhana di internet. Kalau kamu jago ngedesain, bisa banget jualan kaos hasil desain kamu di Kaskus. Kalau punya kamera dan lumayan bisa foto-foto, juallah dirimu untuk mengabadikan momen wisuda atau pre-wedding. Kreatiflah mengeksplor kemampuanmu biar bisa dimanfaatkan dan tentunya menghasilkan uang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya