Tak perlulah mengeluh pada hari Senin, karena awal pekan adalah awal harapan. – Iqbal Kautsar.

Kalau beberapa waktu lalu Hipwee Travel sudah membahas profil dan tips fotografi yang Instagramable dari I Wayan Wahyu Mahendra, kini giliran seorang traveler yang berpengaruh pada wisata kota Kebumen yang akan Hipwee Travel paparkan. Dia adalah Iqbal Kautsar! Mungkin nama ini nggak asing buat kamu para traveler yang doyan nulis. Ya, dia adalah seorang travel blogger yang low profile. Siapa dia sebenarnya? Yuk, simak!

Siapa sih Iqbal Kautsar? Yuk, kenalan sama travel blogger keren ini!

Senyummu itu loh, Mas. 🙂 via www.instagram.com

Iqbal Kautsar, lelaki yang mencintai traveling karena suka belajar hal-hal baru yang tentunya membuka cakrawala baru ini lahir di Kebumen, 20 September 27 tahun lalu. Sebenarnya, ia mulai mencintai hobinya sejak SMA, ketika ia menjelajahi kampung halamannya, seperti Pantai Menganti. Tapi, baru ketika mengenyam pendidikan Akuntansi di UGM, ia mulai menemukan jati dirinya; traveler.

Bapak dari seorang putra bernama Daffa Abhimata Khatulistiwa ini mengaku terinspirasi dari kisah perjalanan Ibnu Battutah, musafir muslim abad pertengahan yang suka berkeliling dunia. Dari sini pulalah Iqbal mencintai traveling dengan tujuan untuk melihat keanekaragaman yang ada di seluruh penjuru dunia.

Advertisement

Selain traveling, ia juga gemar bermain futsal, sepakbola, lari, dan tentunya membaca. Buat kamu yang suka ngopi, barangkali bisa ajak Mas Iqbal buat ngopi bareng loh, sembari bercerita tentang kopi dan budaya Nusantara.

Mengenal lebih dalam Iqbal Kautsar, mengenal dunia baru yang bisa kamu akrabi dari tulisan dan fotografinya.

Salam @KebumenKeren Ternyata hari Minggu kemarin, (2 Agustus 2015), tulisan saya dimuat di Harian REPUBLIKA. Alhamdulillah.. Artikel tersebut berkisah tentang pengalaman saya "Menerobos Mangrove Logending" dan bertualang di pantai Kebumen yang sedang naik pamor: Pantai Karang Agung dan Pantai Lampon. Mungkin ini adalah sekedar ikhtiar sederhana untuk membantu mempopulerkan wisata Kebumen dan mendukung warga lokal di Kawasan Kars Gombong Selatan untuk terus mengembangkan potensi desanya yang sangat menawan. Tulisan selengkapnya tentang Mangrove Logending dan Pantai-pantai di Karst Gombong Selatan beberapa hari ke depan akan saya unggah di blog saya.. Nanti dibaca ya.. 😀 Eh iya, yang ingin mencoba wisata menerobos Mangrove Logending silakan hubungi kang @fatih_el_umam dan yang ingin bertualang wisata pantai di Desa Pasir silakan hubungi kang @antto_sand. #KebumenKeren #SepenuhnyaINDONESIA #Kebumen #JawaTengah #MelihatINDONESIA

A photo posted by Diaspora Iqbal (@iqbal_kautsar) on

Mungkin buat kamu yang nggak terlalu tertarik buat nulis ‘laporan perjalanan’ atau bahasa kerennya travel blogging, kamu nggak akan kenal nama Iqbal Kautsar. Bahkan, mungkin juga kamu yang suka baca dan nulis sari perjalananmu di blog pun belum tentu kenal nama ini, kecuali nama diasporaiqbal.blogspot.com. Ya, Iqbal Kautsar inilah yang berada di belakang nama besar diasporaiqbal.blogspot.com.

Kenapa kamu harus mengenalnya? Sebab, dari tangan dinginnya, kamu akan mengenal dunia baru yang lebih segar dan juga mencerdaskan! Nggak cuma hasil jepretannya yang ciamik di Instagram dan website National Geographic, Iqbal memiliki kemampuan magis dalam mengolah kata dalam setiap langkah perjalanannya. Ketika kamu membaca tulisan-tulisan dalam blognya, kamu seolah dibawa ke dalam setiap perjalanannya, bahkan, kamu akan berasa seperti membawa keril, berjalan bersama Iqbal Kautsar di Wae Rebo atau destinasi asique lainnya! Nggak percaya, kunjungi blognya segera.

Iqbal Kautsar: Untuk bisa traveling, kamu nggak perlu nunggu sampai kaya. Ada hal yang lebih penting dari menjadi kaya.

It’s not about to be rich! via www.instagram.com

Iqbal Kautsar mengaku, untuk bisa traveling kamu nggak perlu nunggu sampai kaya dulu. Yang bilang begitu hanyalah mereka yang menganggap bahwa traveling merupakan kegiatan yang mengeluarkan uang. Ya, meski sebenarnya memang setiap perjalanan membutuhkan uang. Tapi, ketika kamu memutuskan untuk traveling di sekitar tempat tinggalmu, kamu tentu nggak perlu menunggu untuk menjadi kaya, bukan? Satu yang penting dari traveling adalah jika kamu bisa memberi makna pada perjalanan itu sendiri.

Buat kamu yang pengin jalan-jalan gratis, travel blogger adalah jawaban. Kamu cuma perlu menulis sambil jalan-jalan

Jalan terus~ via www.instagram.com

Selama traveling, Iqbal Kautsar mengaku jarang sekali mendapatkan sponsor. Dia lebih sering menggunakan dana perjalanan sendiri daripada biaya dari sponsor. Iqbal menambahkan, untuk mendapatkan sponsor, seorang traveler harus punya andil dalam menyugesti atau influence pada pembaca/publik agar tergerak untuk melakuan sesuatu. Gampangannya, kamu harus memenuhi kriteria yang diinginkan si pemberi dana. Sementara untuk perjalanan Iqbal sendiri, ia lebih sering mendapatkan hadiah dari perlombaan blog yang berhadiah trip. Nggak sedikit loh lomba seperti ini, katanya.

Nah, itu adalah salah satu enaknya jadi travel blogger. Ada kemungkinan untuk bisa jalan-jalan gratis dan malah dibayar juga oleh pihak lain. Syaratnya, kamu harus nulis dan memengaruhi orang lain untuk bergerak. 🙂

Dengan tulisan di blog yang sudah menggunung, Iqbal pun bercita-cita untuk membukukannya. Wah, jadi nggak sabar buat baca nih!

Tulisan yang mencerdaskan! via www.instagram.com

Penulis mana sih yang nggak pengin hasil karyanya dibukukan dan dibaca banyak orang? Sama halnya dengan travel blogger yang tahun depan akan tinggal di Canberra, Australia ini pun bercita-cita untuk mengepak tulisannya dalam sebuah buku. Tapi, traveler yang sudah mengunjungi 25 provinsi di Indonesia ini nggak pengin bikin buku yang gitu-gitu aja. Ia pengin bukunya berisi sebuah perjalanan di Indonesia yang lebih mengangkat keindonesiaan, bukan sekadar traveling biasa. Keren!

Ketika ditanya soal partner traveling, enakan sama temen, pacar, atau pasangan halal, Iqbal menjawab…

Ketika bersama sang istri tercinta di Sydney Harbour. via www.instagram.com

“Haduh ini pertanyaan susah… Kalau sekarang sih dan besok-besok yang lebih asyik adalah traveling bareng keluarga. Alasannya simple, karena ingin mengalami kebahagiaan bareng orang-orang paling dicintai. Tapi tunggu bayiku sudah bisa diajak traveling.”

Kalau kamu, lebih suka jalan sama siapa, Gaes?

Nah, buat kamu yang makin ngefans sama Iqbal Kautsar, nih, segudang kontak untuk belajar lebih dalam dan dekat dengan travel blogger keren ini!

Sang buah hati: Daffa Abhimata Khatulistiwa. via www.instagram.com

Kamu bisa mencarinya di blog yang telah dikunjungi lebih dari puluhan ribu vierwer di www.diasporaiqbal.blogspot.co.id. Atau yang ingin mengenal Iqbal Kautsar lebih personal, bisa tambahkan teman di facebook-nya dengan nama yang sama. Di dunia Twitter dan Instagram, beliau sering berkicau dan memajang hasil jepretannya di akun @iqbal_kautsar. Ada pula di Steller: Iqbal Kautsar dan Snapchat: iqbal_kautsar. Nah, begitu mudah untuk menemukan travel blogger kece ini, bukan?

Terakhir, Iqbal Kautsar nitip pesan buat traveler Indonesia agar menjadi traveler bermartabat nih! Apa itu traveler bermartabat?

Motif Batik Srikit asli Kebumen yang telah mendunia. via www.instagram.com

“Orang traveling itu setua dengan usia keberadaan manusia di dunia. Traveling bukanlah hal baru. Traveling itu alamiah untuk tiap manusia. Makanya, agar kehidupan di muka bumi terus asyik dinikmati, traveling bermartabat harus dilaksanakan. Traveling bermartabat ialah saat traveling kamu bisa menjaga kelestarian lingkungan, menghormati kearifan lokal dan  menghargai perbedaan secara bertanggung jawab.

Jika kamu traveling lalu dapatkan pengalaman seabrek, cobalah bagikan lewat tulisan di blog. Agar orang tahu secara mendalam  tentang pengalaman menikmati perjalanan, keindahan dan keunikan destinasi, interaksi dengan masyarakat lokal dan pesan-pesan kearifan yang ingin kamu tunjukan. Membagikan singkat di media sosial itu menyenangkan tapi membagikan lebih utuh di blog itu jauh berdampak luas dan bertahan lama…”

Boleh suka apapun termasuk senja. Boleh tidak suka apapun kecuali senja. Karena apa? Pada senja saya jumpai mega yang sangat indah. – Iqbal Kautsar.

Yup, itulah sosok Iqbal Kautsar, travel blogger yang mulai tahun depan kembali tinggal di Canberra bersama istri dan anak tercintanya. Sembari menilik perspektif wisata di Australia yang jelas berbeda dari apapun dengan Indonesia. Yuk, mengenal lebih dalam Iqbal Kautsar dan mulai menuliskan apapun yang kamu jumpai dalam traveling-mu!