Tak ada yang bisa menyangkal pesona Gunung Bromo. Salah satu gunung dengan pemandangan sunrise terindah di Indonesia ini memiliki daya tarik serta keindahan yang pasti akan membuatmu terpana. Nggak percaya? Tanya saja setiap orang yang pernah mengunjunginya. Mereka pasti tertarik untuk kembali ke sana.

Namun di balik keindahan Bromo yang sudah diakui banyak orang tersebut, ternyata ada misteri dan mitos-mitos yang tersembunyi rapi di sana. Selayaknya gunung-gunung lain yang pasti memiliki cerita misteri, di Bromo pun ada kisah berbau mistis yang dipercaya oleh warga sekitarnya…

Di sebelah padang savana yang indah, ada pasir hisap yang berbahaya. Kamu yang waspada ya…

Ada mitos soal pasir hisap di sekitar sini via www.tourbromomurah.info

Kamu yang pernah main ke Bromo pasti mengakui pesona indahnya padang savana yang berada di sana. Namun jangan sampai salah langkah, ya. Di sekitar wilayah padang savana tersebut ternyata ada misteri soal pasir hisap yang bisa membahayakan nyawa pengunjung yang tak memperhatikan langkahnya. Hati-hati dalam melangkah, salah-salah seluruh tubuhmu bisa terhisap ke dalamnya. Karenanya sebisa mungkin ajaklah orang-orang yang sudah tau keadaan di Bromo agar kamu aman dari pasir hisap tersebut.

Ada pula mitos seputar pusaka dewa yang tertimbun rapi di wilayah Gunung Bromo, loh…

Ada pusaka tersembunyi di sekitar sini via toppariwisataindonesia.blogspot.co.id

Advertisement

Kamu tahu ‘kan betapa luasnya wilayah Gunung Bromo? Nah, di gunung yang luas tersebut, ternyata ada mitos soal beberapa benda pusaka yang tersimpan rapi di sana. Kalau kata orang-orang, pusaka tersebut merupakan peninggalan sejak zaman Majapahit dan dipercaya sebagai pusaka milik dewa-dewa. Menurut penduduk sekitar, pusaka-pusaka tersebut disimpan di Gunung Bromo sebagai pengingat agar selalu menjaga perilaku saat berkunjung ke sana. Biar para pengunjung yang datang tetap sopan dan menghormati penjaga Bromo.

Mitos seputar istana ghaib 18 tingkat yang berada di sekitar Gunung Bromo juga diikuti dengan permintaan sesajen loh…

Ada istana di Bromo via galeriwisata.wordpress.com

Kamu mungkin tak akan percaya jika ada yang bilang kalau di sekitaran Gunung Bromo ada istana yang tingginya mencapai 18 tingkat. Tapi kalau kamu bertanya pada penduduk sekitar Bromo, mereka pasti mengiyakan mitos tersebut. Adalah Ki Bromo yang membangun istana tersebut. Warga sekitar meyakini ketika Gunung Bromo mengalami erupsi, artinya Ki Bromo sedang melanjutkan pembangunan istana yang meminta sesajen berupa palawija tersebut.

Namun bagi warga Tengger, erupsi Bromo juga dimaknai positif. Bagi mereka, erupsi Bromo membawa berkah yang menyuburkan tanah pertanian mereka. Sebuah kearifan lokal dari warga Bromo itu sendiri.

Yang paling terkenal jelas mitos seputar akar ghaib yang menyelimuti kawah pasir Bromo. Nggak sembarangan orang bisa melihatnya

Akar gaib di Bromo via www.terseram.com

Ini adalah mitos di Bromo yang paling terkenal. Menurut orang-orang pintar, ada legenda soal akar ghaib yang melintang tepat di wilayah kawah pasir di Gunung Bromo. Bahkan nggak semua orang pintar bisa melihatnya. Hanya orang-orang terpilih saja yang bisa melihatnya. Akar ghaib inilah yang melindungi Bromo. Kamu yang niatnya nggak baik dan tak menghormati penghuni Bromo, bisa disesatkan oleh akar ghaib ini. Karenanya kamu wajib menjaga hati, tingkah hingga lisan saat menikmati indahnya kawah pasir Bromo. Jangan sampai kamu disesatkan oleh akar ghaib ini ya…

Karena banyaknya hal mistis tersebut, perhatikan niatmu saat mengunjungi Bromo. Selayaknya gunung-gunung lain, Bromo yang indah itu juga menyimpan misteri. Jangan buang sampah sembarangan, perhatikan ucapan hingga jaga tingkahmu bila tak mau celaka saat menikmati indahnya.

Selamat berlibur ke Bromo, Travelers!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya