Beberapa hari lalu, musibah besar menghampiri saudara-saudara kita di Jepang. Gempa mayor terjadi berulang kali dalam beberapa hari terakhir di Kumamoto, Pulau Kyushu, Jepang. Jepang yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Asia Timur, merasakan banyak kehilangan.

Hipwee Travel sangat berduka dengan kejadian ini. Semoga Kumamoto segera bangkit dan kembali menarik hati para travelers untuk datang menikmati keindahannya. Sudahkah kamu mendoakannya?

Kumamoto, kota dengan sejuta pesona akan membuatmu enggan meninggalkannya.

Gunung Aso di Kumamoto adalah gunung dengan salah satu kaldera terbesar di dunia via blog.japancentre.com

Memang, Kumamoto tidak seterkenal kota-kota mainstream di Jepang lainnya seperti Tokyo ataupun Osaka. Karena lokasinya berada di Pulau Kyushu dan terpisah dari Pulau Honshu, pulau utama sekaligus terbesar di Jepang. Namun, banyak lokasi-lokasi menarik yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota ini.

Kurokawa Onsen, kota seribu sumber mata air panas.

Kurokawa Onsen via www.kurokawaonsen.or.jp

Advertisement

Kumamoto terkenal dengan sumber mata air panas. Ada pelbagai ryokan, hotel yang menawarkan fasilitas onsen, yang bebas kamu pilih. Nah, di Kurokawa ini banyak ryokanryokan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mandi di air panas bukan cuma ada di anime aja.

Suasana Istana Kumamoto akan membawamu kembali ke era daimyo berkuasa.

Kastil Kumamoto via pixabay.com

Jepang memang terkenal dengan kehebatannya dalam menjaga budayanya. Banyak kastil-kastil era kekaisaran yang masih berdiri tegak. Salah satunya Kastil di Kumamoto ini. Kastil ini sudah berdiri sejak 1600an. Selain itu ada 800 bunga sakura yang ada di Kastil ini. Nah, maka dari itu kastil ini menjadi salah satu Chery blossom spot paling populer di Jepang terutama pada akhir Maret hingga awal April.

Lalu, semua berubah ketika gempa menyerang!

Kumamoto earthquake via facebook.com

Di tengah merekahnya bunga sakura, musibah besar datang menghampiri pulau Kyusuhu. Gempa bertubi-tubi datang menghampiri pulau tersebut. Gempa pertama sebesar 6.5SR terjadi pada hari Kamis, 14 April 2016. Kemudian disusul gempa berkekuatan 6.4SR pada hari Jumat dan yang terbesar, 7.3SR pada hari Sabtu. Tercatat ada 410 guncangan di Kyushu dengan 162 guncangan di atas 3.5SR. Wow, mengerikan sekali!

Dihujam rindu bertubi-tubi aja bikin sakit, apalagi gempa yang bertubi-tubi.

akibat gempa bertubi-tubi via facebook.com

Tak ayal, karena gempa tersebut banyak penduduk yang kehilangan rumahnya. 2000 orang luka-luka dan 41 orang dikabarkan meninggal setelah kejadian ini. Beberapa terperangkap di bawah punig-puing bangunan. Kalau terperangkap dalam kenangan aja susah untuk keluar, apalagi terperangkap dalam reruntuhan bangunan.

Kastil Kumamoto yang megah pun tak kuasa menahan kekuatan gempa.

Kumamoto castle setelah gempa via www.straitstimes.com

Kastil Kumamoto yang begitu indah juga ikut remuk mendapat serangan gempa bertubi-tubi. Padahal kan, indah banget. 🙁

Jalan-jalan utama terputus dan rusak parah membuat evakuasi semakin berjalan lambat.

Jalan-jalan utama terputus via www.ibtimes.com

Jalan-jalan utama di Kumamoto ikut hancur pasca gempa dahsyat beberapa hari yang lalu. Hal ini jadi krusial mengingat akses bantuan menjadi kian sulit masuk ke lokasi bencana.

Kalau terperangkap dalam kenangan aja susah keluar, apalagi terperangkap di bawah reruntuhan bangunan?

Mencari Korban yang terperangkap via www.japantimes.co.jp

Anjing pelacak dikerahkan untuk mencari korban-korban yang masih terjebak di reruntuhan puing bangunan. Yah, semoga mereka selamat ya.

Beberapa berusaha mengumpulkan sisa kenangan bahagia yang tersisa dari tempat kita tinggal mereka.

Mengumpulkan sisa-sisa kenangan via facebook.com

Di balik puing-puing bangunan yang luruh akibat gempa, masyarakat Kumamoto mengumpulkan sisa-sisa kenangan yang tersisa dan tentu barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

Beberapa membuat tenda karena belum ada tempat tinggal yang tersedia.

Mendirikan tenda via facebook.com

Tenda merupakan pilihan paling aman ketika gempa susulan masih senantiasa datang. Maka wajar pasca terjadi gempa bumi besar di Jepang, warga Kumamoto tinggal sementara di tenda-tenda darurat.

Melihat duka yang mereka alami, yuk jangan segan-segan bantu mereka. Minimal jangan pernah bosan untuk mendoakan mereka. Sebagai sesama manusia dan negara yang sering menerima bencana gempa bumi, pastikan ada Jepang dalam doamu. Semoga keselamatan diberikan kepada mereka. Amin.