Tak dapat dipungkiri lagi bahwa keindahan bumi pertiwi sudah amat sangat terkenal di seluruh penjuru bumi. Wisatawan mancanegara rela mengeluarkan ribuan bahkan puluhan ribu dollar demi menikmati keindahan alam yang ditawarkan Indonesia. Menelusuri hutan tropis, mendaki gagahnya gunung yang menjulang tinggi, atau bahkan hanya ingin menikmati sinar mentari di bibir pantai.

Menurut data yang berhasil dikumpulkan oleh tim riset majalah SWA dari 120 wisatawan mancanegara, ada tujuh kota tujuan favorit para turis asing ini. Poin-poin diperoleh berdasarkan kebersihan, kelengkapan informasi wisata, kemudahan transportasi, biaya, ketersediaan penginapan, hingga keramahan penduduknya. Nah, kota mana saja sih yang jadi favorit para wisatawan?

1. Terkenal dengan sebutan Kota Pelajar dan Kota Budaya, Yogyakarta ternyata jadi yang paling diminati turis mancanegara

Tugu Jogja via indonesiaexplorer.net

Di urutan pertama ada kota Jogja. Tak hanya para turis asing, kota Jogja pun merajai sebagai kota favorit kunjungan para turis domestik. Hal ini bukan sesuatu yang mencengangkan, karena kota Jogja sendiri memiliki beragam tempat wisata, baik wisata belanja maupun wisata alamnya. Pemerintah kota Jogja pun seakan menyadari potensi wisata yang ada di kota ini. Terbukti dengan adanya pembangunan fasilitas seperti hotel maupun transportasi yang mudah dijangkau, seperti TransJogja yang punya halte di titik-titik utama tempat pariwisata.

Jika perkenalanmu dengan Jogja hanya sebatas Malioboro, Candi Prambanan, maupun pantai Parangtritis, mungkin kamu harus kembali ke Jogja. Pasalnya, tak hanya tempat-tempat itu saja, Jogja pun punya puluhan pantai dan wisata alam yang wajib banget kamu kunjungi. Menyusuri gua bawah tanah, caving di Gua Pindul, maupun sekedar menjajal indahnya panorama di gunung api purba Ngalenggeran wajib banget kamu cicipi.

2. Kota Makassar berada di urutan kedua lantaran keindahan dan keramahan kotanya

Advertisement

Pantai Losari via indonesiaexplorer.net

Dulu, Makassar mungkin tak sepopuler Yogyakarta atau Bali. Tapi kini, Makassar telah berbenah diri. Berbagai program sengaja dicanangkan pemerintahnya demi mewujudkan kota Makassar yang “ramah” dalam berbagai bidang, termasuk sektor pariwisata dan pelayanan pemerintah terhadap pendatang di sana.

Selain itu, Makassar juga rutin mengadakan festival bulanan, memperbaiki fasilitas wisata, memperbaiki angkutan umum, dan fasilitas penunjang lainnya. Tak heran jika Makassar merupakan salah satu tempat wisata favorit turis mancanegara karena pemerintah kota Makassar sendiri begitu peduli dengan kemajuan kotanya.

3. Popularitas Bali dan kota Denpasar jelas tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika turis dari berbagai belahan bumi tumpah ruah di sini

Jalanan ramai Poppies Lane via www.kaskus.co.id

Kota Denpasar justru menempati urutan ketiga dari survey yang dilakukan majalah SWA. Bali tak hanya terkenal dengan pantai Sanur maupun pantai Kuta. Pemda Provinsi Bali sudah sangat aktif dan agresif mengembangkan potensi budaya di desa-desa wisata yang dikemas dalam bentuk desa tradisional.

Apalagi, budaya masyarakat Bali yang masih memegang teguh tradisi nenek moyang menjadi nilai tambah mengapa Denpasar menjadi salah satu kota tujuan wisata turis mancanegara. Tempat-tempat favorit kunjungan turis mancanegara di Bali antara lain Tanah Lot, Danau Bedugul, Kawasan Legian, Pantai Kuta, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Abaikan soal kemacetan atau potensi terjadinya kejahatan, Jakarta di mata turis asing tetap jadi salah satu kota tujuan liburan

Jakarta sebagai kota tujuan favorit via mixedupalready.com

Menjadi kota tujuan pariwisata favorit, karena hampir seluruh kebudayaan Indonesia ada disini. Tinggal mengunjungi Taman Mini para turis bisa menjelajahi seluruh negeri. Kota Jakarta menjadi salah satu destinasi favorit para turis asing lantaran predikatnya sebagai Ibukota Indonesia yang sekaligus menjadi pusat bisnis dan pemerintahan. Tak heran jika banyak ekspatriat yang senang menghabiskan waktunya di Jakarta, sebelum kemudian menyusul mengunjungi kota-kota pariwisata lain seperti Bali dan Yogyakarta.

5. Modernitas yang berpadu apik dengan kebudayaan membuat Medan layak menyandang sebutan sebagai kota wisata idaman

Bandara terbesar kedua di Indonesia

Dengan keberagaman budaya serta wisata alam yang dimiliki kota Medan, tak heran jika kota ini menjadi kota tujuan wisata favorit para turis mancanegara. Sebut saja keindahan Danau Toba, Pulau Samosir, serta pantai-pantai cantik yang indah nan menawan di sana. Peran pemerintah-pun sangat serius menggarap sektor wisata, dengan dibangunnya bandara internasional terbesar kedua, bernama bandara Kualanamu.

Keberagaman budaya yang masih dipertahankan juga membuat Medan begitu diminati wisatawan. Terbukti dari banyaknya bangunan-bangunan peribadatan yang unik dan menarik: Istana Maimun yang merupakan istana Kesultanan Deli, hingga Rumah Tjong A Fie, rumah saudagar kaya yang berusia lebih dari seabad yang lalu. Rumah Tjong A Fie yang berarsitektur khas Tionghoa dijamin membuatmu merasakan sensasi seperti berada di negeri Tirai Bambu.

6. Panorama alam ditambah suasana kota yang nyaman menjadikan para wisatawan tak bisa menolak pesona Lombok dan kota Mataram

Pantai berpasir pink di Lombok via www.hdimagewallpaper.com

Seperti Bali, Lombok juga terkenal dengan wisata pantainya yang mempesona. Tak heran jika Lombok atau tepatnya Kota Mataram menjadi salah satu tujuan favorit para turis mancanegara. Kondisi alam yang masih asri dan belum banyak tersentuh pembangunan seperti di Bali menjadi nilai lebih tersendiri. Banyaknya pantai yang menawan dan pulau-pulau kecil yang ada di Lombok juga menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Nah, gimana? Sudahkah kamu khatam mengunjungi kota-kota di atas, atau salah satunya justru jadi kota kelahiran atau kota tempat tinggalmu? Jika para turis asing saja begitu tertarik berkunjung ke kota-kota di Indonesia, kenapa kita justru mendamba bisa liburan ke negara mereka? 🙂