Bagi sebagian besar orang (kecuali bagi mereka yang suka membaca) kesan yang ada di benak mereka saat mendengar kata perpustakaan pasti adalah bangunan tua, sepi gelap, nggak asik dan ngebosenin. Namun tidak semua perpustakaan seperti itu ya guys. Masih ada kok perpustakaan yang indah, keren, mengagumkan, bahkan luar biasa!

Eh, nggak percaya? Traveling dulu yuk ke 20 perpustakaan mengagumkan yang luar biasa ini! Pasti deh bikin kamu betah berlama-lama baca buku di sini…

1. Prague Clementinum (National Library), Republik Ceko

National Library di Praha via meettheslavs.com

ada 14 juta lebih buku di perpustakaan ini via pix.avaxnews.com

Perpustakaan yang didirikan oleh botanis, etnomolog, dan teolog Ceko Kaspar Maria von Strenberg pada tahun 1818 ini bukan hanya salah satu perpustakaan tertua di dunia, namun juga salah satu perpustakaan terbesar — dengan lebih dari 14 juta item buku dari berbagai bidang ilmu.

2. Boston Public Library, Amerika Serikat

Advertisement

bagian depan perpustakaan Boston via upload.wikimedia.org

Bagian interior perpus Boston via upload.wikimedia.org

Perpustakaan Daerah Boston ini didirikan pada tahun 1895 dan terdiri dari tiga bangunan utama: ruang koleksi, ruang pameran, serta ruang adminstrasi. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 24 jenis koleksi beragam jenis dan seringkali menyelenggarakan pameran untuk memamerkan koleksi-koleksi langka yang dimiliknya.

3. Bodleian Library Universitas Oxford, Inggris

bagian luar perpustakaan Oxford via www.humanismus.de

interior perpus Oxford via 31.media.tumblr.com

shooting harpot! via mtdata.ru

Buat kamu pecinta Harry Potter, kamu pasti sudah nggak asing dengan perpustakaan ini.

Ya, beberapa adegan di film Harry Potter memang diambil di perpustakaan milik Universitas Oxford, Inggris ini. Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan ini mencapai angka lebih dari 11 juta judul. Namun selain itu, perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan tertua di Eropa, lho! Perpustakaan ini mulai dibangun sejak abad ke-17, tepatnya pada tahun 1602. Waaah itu berarti umur perpustakaan ini hampir 600 tahun!

4. Trinity College Library, Dublin

Bangunan luar perpustakaan Trinity College via upload.wikimedia.org

Perpustakaan yang berada di pusat kota Dublin ini adalah perpustakaan terbesar di Irlandia dan merupakan perpustakaan bagi dua universitas, yakni Trinity College Dublin dan University of Dublin. Koleksi yang tersimpan di perpustakaan ini mencapai lebih dari 6 juta judul buku yang terdiri atas majalah, jurnal, rekaman musik dan lain-lain.

Koleksi paling terkenal dari perpustakaan ini adalah Kitab Kell dan Kitab Durroy. Kedua kitab ini merupakan buku pencerahan agama Kristen bagi Suku Kelt – sebuah suku di Eropa yang juga merupakan nenek moyang orang Irlandia, Skotlandia, Wales, dan Breton – dan sering dianggap sebagai buku yang paling indah yang ada di dunia.

5. The Austrian National Library, Austria

Halaman depan Austrian National Library via upload.wikimedia.org

mewah ya?! via upload.wikimedia.org

Perpustakaan Nasional Austria adalah perpustakaan terbesar di Austria dan termasuk salah satu perpustakaan kuno di Eropa. Dibangun di era dinasti Habsburg di abad ke-18, perpustakaan ini dulu juga dikenal dengan nama Hof-Bibliothek (Perpustakaan Istana). Tapi nama ini berubah menjadi sterreichische Nationalbibliothek (Perpustakaan Nasional Austria) ketika Austria menghapuskan sistem monarkinya. Koleksi perpustakaan ini sendiri mencapai lebih dari 7 juta judul.

6. New York Public Library, Amerika

new york public library via www.mpl.org

Ruang baca di New York Pubilc Library via images.fineartamerica.com

Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1895 dan menjadi salah satu perpustakaan utama di Amerika Serikat. Saat ini koleksi yang dimiliki perpustakaan ini mencapai lebih dari 53 juta item sehingga perpustakaan ini masuk dalam jajaran perpustakaan terbesar kedua di Amerika dan menjadi terbesar ketiga di dunia.

7. Handelingenkamer, Gedung Parlemen Belanda, Den Haag

Handelingenkamer via fc00.deviantart.net

Perpustakaan Gedung Parlemen Belanda ini terletak di ibu kota administrasi Belanda, Den Haag. Atapnya terbuat dari kaca-kaca berwarna untuk mengizinkan sebanyak-banyaknya cahaya alami masuk, karena perpustakaan ini dibangun sebelum lampu listrik ditemukan. Sayang hanya buka dua hari setahun.

8. The National Library of Russia, St. Petersburg, Rusia

The National Library of Russia via upload.wikimedia.org

desain interior via atlas-dev.s3.amazonaws.com

Perpustakaan Nasional Rusia ini didirikan pada tahun 1795 di kota St. Petersburg dan menjadi perpustakaan tertua di negara ini. Pada awalnya, perpustakaan ini lebih dikenal dengan nama Imperial Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Kerajaan. Namun setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917 menggulingkan Kerajaan Rusia dan membunuh Tsar serta keluarganya, perpustakaan ini berubah menjadi State Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Negara — nama yang dipertahankan hingga saat ini.

Koleksi perpustakaan ini lebih banyak didominasi dengan buku-buku yang membahas Rusia dengan jumlah koleksi mencapai lebih dari 36 juta buku, yang menjadikan perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar nomor 5 di dunia.

9. Kyoto International Manga Museum, Jepang

Tokyo International Manga Museum via upload.wikimedia.org

pengunjung menikmati manga via www.kanpai-japan.com

Buat kamu-kamu penggila komik manga asal negeri Sakura, perpustakaan ini tentu menjadi perpustakaan yang wajib banget kamu kunjungi.

Di sini kamu bisa mendapati seluruh koleksi manga, baik yang berasal dari Jepang maupun dari luar Jepang. Namun tidak hanya mendapati manga, kamu juga bisa melihat kerajinan-kerajinan tangan yang dihasilkan masyarakat Jepang mulai dari zaman peperangan hingga zaman modern sekarang ini. Selain itu kamu juga bisa melihat anak-anak kecil yang kawai, karena di sini juga ada sekolah dasarnya lho!

10. Royal Portuguese Reading Room, Brazil

Royal Portuguese Reading Room via farm5.static.flickr.com

Deretan buku di Royal Portuguese Reading Room via lullastories.files.wordpress.com

Royal Portugis Reading Room yang berada di kota Rio de Janeiro ini dibangun antara tahun 1880 dan 1887 dan menyimpan sekitar 450.000 item tulisan karya bangsa Portugis yang pernah menjajah Brazil. Oleh karena itu arsitektur bangunan ini juga memiliki aksen Portugis yang kental, terlihat dari bagian muka gedung yang hampir mirip dengan gedung Jeronimos Monastery di Lisbon.

11. Jose Vasconcelos Library, Mexico

Perpustakaan terbesar di Mexico via upload.wikimedia.org

Perpustakaan ini dibangun oleh arsitek terkenal Alberto Kalach pada tahun 2006 yang lalu. Perpustakaan ini dibangun untuk mengenang Jose Vasconcelos, salah satu filsuf dan politisi yang berpengaruh di Meksiko. Media di Meksiko sendiri menyebut perpustakaan ini sebagai Megalibrabry karena memiliki lebih dari 1 juta item buku yang digantung di rak-rak setinggi 5 meter lebih.

12. Virgilio Barco Library, Kolumbia

Virgilio Barco Library, Bogota via VirgilioBarcoLibrary

di waktu malam via upload.wikimedia.org

Didesain arsitek kenamaan Kolombia Rogelio Salmona, Perpustakaan Virgilio Barco adalah lebih dari sekedar gudang buku. Ia juga menawarkan ruang untuk pameran , auditorium luas, dan lapangan luar untuk bersantai bagi warga kota.

13. National Diet Library, Jepang

National Diet Library via upload.wikimedia.org

Suasana di National Diet Library via www.power-academy.jp

National Diet Library yang dibangun pada tahun 1948 ini adalah perpustakaan terbesar dan satu-satunya perpustakaan nasional yang dimiliki oleh negara Sakura ini. Koleksi yang banyak ditemukan di perpustakaan ini adalah literatur-literatur yang berkaitan dengan Perang Dunia serta berbagai literatur kuno Jepang, asli dari perpustakaan Kerajaannya.

Pada awalnya pembangunan perpustakaan ini dibangun untuk melakukan riset tentang kebijakan publik. Namun, kini perpustakaan ini semakin berkembang hingga kini total koleksinya telah mencapai 35,6 juta item dengan 1 juta pengunjung setiap tahunnya.

14. British Library, Inggris

Bangunan Bristish Library via upload.wikimedia.org

bagian dalam via upload.wikimedia.org

Perpustakaan kepunyaan Inggris yang memiliki sekitar 170 juta item buku ini merupakan perpustakaan terbesar di dunia. Koleksinya terdiri dari beragam format dan bahasa. Beragam koleksi langka seperti manuskrip kuno dan benda-benda langka bersejarah bisa kamu temukan di sini. Namun dokumen Magna Carta serta manuskrip musik Mozart, John Lennon dan Paul McCartney adalah koleksi paling terkenal dari perpustakaan ini.

15. Yale University Library, Amerika

Pintu gerbang perpus via static.squarespace.com

Kumpulan koleksi langka di perpus Yale via pic.qqmail.com

Perpustakaan Yale yang berada di Universitas Yale ini merupakan perpustakaan terbesar kedua di Amerika Utara. Koleksi yang bisa kamu pinjam di perpustakaan mencapai lebih dari 15 juta buku. Selain itu, Perpustakaan Yale juga menyimpan manuskrip dari Christopher Columbus, F.D Roosevelt serta Abraham Lincoln.

16. Perpustakaan Nasional Malta

Perpustakaan Nasional Malta via www.ourtravelpics.com

pera pengunjung perpustakaan Malta via investinginyourfuture.gov.mt

Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1766 dan lebih dikenal dengan nama Bibliotheca Tanseana untuk menghormati Louis Gu rin de Tencin, orang yang menjadi perintis perpustakaan ini. Namun pada tahun 1976 pemerintah setempat mengubah namanya menjadi National Library of Malta karena peran penting perpustakaan ini di bidang riset dan pendidikan di Malta.

17. Ambrosiana Library & Art Gallery, Italia

Ambrosiana Library & Art Gallery via 2.bp.blogspot.com

Perpustakaan yang didirikan oleh Francesco Braschi pada tahun 1609 di kota Milan ini bisa dibilang lebih mirip museum dibandikan dengan perpustakaan, dan lebih dikenal dengan nama Biblioteca Amrosiana. Beberapa koleksi langka dan terkenal yang hanya dimiliki oleh perpustakaan ini adalah Codex Atlanticus dan 12 manuskrip lainnya dari Leonardo da Vinci, Caravaggio, Michaelangelo, Galileo hingga Raphael.

18. The Royal Danish Library, Denmark

The Royal Danish Library via 2.bp.blogspot.com

interiornya via www.e-architect.co.uk

The Royal Danish Library didirikan pada tahun 1482, dan pada awalnya adalah perpustakaan Universitas Copenhagen. Seiring berjalannya waktu perpustakaan ini kemudian berkembang dan berubah menjadi perpustakaan nasional negeri Denmark. Perpustakaan ini memiliki koleksi sebanyak 30,2 juta item yang berupa buku fisik ditambah dengan 393 ribu gigabyte materi digital.

Sejak abad ke-17, Royal Danish Library merupakan tempat berkumpulnya berbagai harta nasional yang muncul dalam bentuk materi tertulis. Seperti beberapa karya Hans Christian Andersen dan Guam n Poma de Ayala.

19. National Library of China, Cina

Perpustakaan Nasional Cina via megaconstrucciones.net

suasana di dalam perpustakaan Cina via firstworldfacts.com

Perpustakaan nasional Cina yang terletak di Beijing ini adalah salah satu perpustakaan terbesar yang ada di Asia. Tidak hanya berisikan koleksi literatur Cina yang beragam dari teks hingga tulisan kuno, perpustakaan ini juga memiliki koleksi terbesar buku-buku berbahasa asing, bahkan terdapat buku-buku dengan lebih dari 115 bahasa di dalam perpustakaan ini.

Jumlah total koleksi yang ada di perpustakaan ini mencapai 31,2 juta item dan uniknya literatur-literatur kuno tersebut tidak hanya dituliskan secara biasa namun juga ada yang ditulis atau diukir secara langsung ke tengkorak atau cangkang kura-kura.

20. Library of Congress, Amerika Serikat

Great hall via upload.wikimedia.org

Ruang baca via upload.wikimedia.org

Library of Congress yang ada di AS ini memiliki lebih 150 juta item koleksi dan menjadi perpustakaan terbesar di Amerika. Perpustakaan ini memiliki desain interior yang mengagumkan serta diakui oleh Guinness Book Record sebagai perpustakaan dengan bangunan yang terbesar di dunia.

21. Russian State Library, Moskow

Patung Dostoevsky di depan Russian State Library via upload.wikimedia.org

bagian dalam Russian State Library via culture.ru

Russian State Library yang ada di Moskow ini merupakan perpustakaan terbesar ke empat di dunia dengan jumlah koleksi total mencapai 44,4 juta item. Perpustakaan yang dibangun pada tahun 1862 ini telah berganti nama beberapa kali. Pada tahun 1925, namanya berubah menjadi V.I. Lenin State Library. Namanya berganti lagi di tahun 1992 menjadi Russian State Library dan bertahan hingga saat ini.

22. Bibliotheque Nationale de France, Paris

Bibliotheque Nationale de France via upload.wikimedia.org

Ruang baca Bibliotheque, Perancis via upload.wikimedia.org

Bibliotheque Nationale de France yang didirikan pada tahun 1461 awalnya berfungsi sebagai perpustakaan kerajaan, namun di tahun 1792 perpustakaan ini diresmikan menjadi perpustakaan nasional Perancis.

Perpustakaan ini berisikan seluruh publikasi di Paris termasuk koleksi buku dan jurnal dengan 31 juta aset perpustakaan lainnya. Menurut perkiraan tiap tahunnya terdapat 1,3 juta pengunjung dan 150 ribu tambahan koleksi bagi perpustakaan ini.

23. Perpustakaan Freedom Institute, Jakarta

bagian luar perpus Freedom Institute via jfkoernia.files.wordpress.com

koleksi buku Freedom Institute via jfkoernia.files.wordpress.com

Bagian dalam Freedom Institute via indesignindonesia.com

Perpustakaan yang beralamatkan di lantai dasar Wisma Proklamasi, Jalan Proklamasi 41, Jakarta Pusat ini bisa jadi semacam oase di tengah “keringnya” perpustakaan asik, asri, keren dan nyaman di Indonesia. Total koleksi buku yang ada di perpustakaan ini memang baru 12 ribuan item, namun buku-buku yang ada di sini sebagian besar adalah buku langka yang akan sulit untuk ditemui di pasaran.

Karena itu buat kamu yang lagi butuh ketenangan buat menulis atau sekadar baca buku langka nan baru buat nambah ilmu, boleh deh daftar jadi anggota perpus ini, gratis kok!

24. The Crystal Knowledge, Depok

The Crystal Knowledge via cdn.kaskus.com

Desain eksterior perpustakaan yang indah via cdn.kaskus.com

Interior perpustakaan yang modern dan minimalis via imageshack.us

The Crystal Knowledge atau dikenal juga dengan Perpustakaan Universitas Indonesia ini adalah perpustakaan yang diklaim menjadi perpustakaan terbesar se-Asia dan baru diresmikan pada tahun 2011 yang lalu. Gedung perpustakaan ini memiliki tiga menara dan mampu menampung 20 ribu orang per harinya.

Perpustakaan ini dibangun di atas lahan seluas 33 ribu meter persegi dan memiliki koleksi sebanyak 3 hingga 5 juta item. Tidak hanya itu, ternyata perpustakaan ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung seperti toko buku, kafetaria, studio musik, pusat kebugaran, bioskop, studio penyiaran radio dan televisi.

25. Perpustakaan Amin, Malang

Perpustakaan Amin di Batu Malang via lh4.googleusercontent.com

Bagaimana bentuknya ya, saat kontainer disulap menjadi sebuah perpustakaan? Wah, pasti keren!

Nah perpustakaan seperti ini ternyata ada di Indonesia dan bisa kamu temui di kota Malang, Jawa Timur. Perpustakaan unik ini dibangun dari tujuh kontainer dengan ukuran berbeda yang dicat warna-warni dan diberi nama Perpustakaan Amin dan baru diresmikan tahun 2008 lalu.

Ketujuh kontainer ini disulap menjadi perpustakaan modern nan nyaman dan disusun sedemikian rupa hingga menyerupai permainan tradisional Egrang. Koleksi buku yang ada di perpustakaan ini masih sekitar 6 ribuan buku, terdiri dari berbagai jenis seperti buku hiburan populer, buku-buku khusus perempuan serta buku sains dan teknologi.

Eits, uniknya lagi di sini kamu juga bisa mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan serta pemeriksaan gigi gratis lho!

Wah ternyata perpustakaan bisa juga kan tampil keren, nyaman dan mengagumkan seperti perpustakaan-perpustakaan di atas?! Nah dari 25 perpustakaan di atas, perpustakaan mana nih yang jadi favoritmu?