Berbagi Melalui Tulisan, Motivasi 3 Kontributor Terbaik Bulan Juni 2022

Menulis. Kata kerja ini memiliki berbagai interpretasi. Ada yang mengartikannya menjadi sebuah kata benda, misalnya “sarana” untuk melepaskan segala penat yang ada di dada. Ada pula yang mengartikannya menjadi sebuah kata sifat, “murah dan menyenangkan”. Bagi beberapa orang, menulis merupakan kata kerja yang diartikan sebagai “berbagi”, bisa perasaan, pengetahuan baru, atau hiburan yang menyenangkan.

Advertisement

Beberapa orang itu adalah tiga kontributor yang mejeng jadi kreator terbaik bulan Juni 2022 di Hipwee Community. Ketiganya kompak menyatakan bahwa menulis bagi mereka adalah sebuah cara untuk berbagi. Tentu mereka mengungkapkannya dengan kalimat sendiri-sendiri. Yuk kenalan dengan para kontributor bertalenta berikut ini!

Tak hanya ingin bercerita dengan orang di sekitar, Muhammad Azry Zulfiqar juga ingin berbagi dengan orang yang bahkan tak ia kenal

Azry/ Illustration by Hipwee

Untuk motivasi Aku lebih cenderung buat berbagi dan menyampaikan pesan aja. Karena dengan media dan platform kita bisa sharing dengan orang yang tak kita kenal sekalipun. Untuk menunjukkan ‘nggak cuma kita ya?’ atau ‘Wah bener sih! I feel you!’

Selain menuliskan tulisan yang membuat pembacanya nggak merasa sendirian, Azry juga menulis untuk sesama penulis. Ia ingin membentuk identitas dirinya melalui tulisan dan memotivasi kawan-kawannya yang berhobi sama sehingga semua bisa saling merangkul dalam berkarya.

Tema tulisan yang diangkat oleh Azry nggak melulu tema mainstream yang sudah sering diangkat karena menurutnya menulis adalah perihal menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran kita, yang mana bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Para penikmatnya pun berbeda-beda. Menjadi sebuah misi yang dibawanya supaya dunia tulis menulis ini nggak jadi monoton.

Untuk kamu yang ingin menjadi penulis, Azry berpesan bahwa ketakutan akan mencoba merupakan hal yang lebih   buruk daripada kegagalan dalam mencoba.

Tak ada kata lain selain mencoba yang kamu inginkan karena kita akan tahu, merasakan, dan mencapainya dengan mencoba. Mencoba adalah langkah awal dalam menuju tahap akhir.

Kamu bisa membaca tulisan-tulisan Azri di sini ya!

Dianggap nggak keren, Dyah malah makin ingin menghasilkan karya-karya yang jempolan

Dyah/ Illustration by Hipwee

Menulis merupakan hobi Dyah Sekar Purnama Ratri sejak kecil. Ia mencatatnya menjadi sebuah talenta yang yakin harus dikembangkan. Selain sudah menjadi hobi, motivasinya untuk menulis lebih giat justru datang dari “omongan orang”.

Semakin dikatain nulis bukan pekerjaan yang keren, semakin banyak aku menulis dan ngehasilin karya jempolan!

Walau beberapa menganggap penulis adalah profesi yang keren, nyatanya masih banyak pula yang menganggap bahwa pekerjaan ini terkesan payah. Meskipun begitu, anggapan mereka tentu nggak selalu benar. Banyak nama besar yang mampu mengubah dunia melalui tulisan. Melalui tulisan, kita juga bisa berbagi. Sharing means helping. Dengan menulis, bisa jadi banyak orang yang terbantu.

Meskipun begitu, menulis bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Dyah menyampaikan sebuah pesan.

Jangan menyerah sebelum kamu coba! Kalimat ini sederhana, cuma kadang kita takut gagal dan takut ini itu jadinya nggak nyoba. Padahal, mungkin aja ada rezeki dalam hal yang kita takuti~

Menurut Dyah, kamu perlu mengikuti passion dalam menulis, terutama jika ingin serius menjadi seorang content writer atau bekerja di media. Menurutnya, Hipwee bisa jadi tempat yang bagus untuk mengumpulkan portofolio.

Penasaran dengan karya-karya Dyah? Intip tulisannya di sini!

Memberikan manfaat bagi orang lain adalah hal yang ingin dilakukan Fitri melalui tulisannya

Fitri/ Illustration by Hipwee

“Selain untuk melatih diri, tentunya juga ingin memberi hal yang bisa bermanfaat bagi orang lain.” Jawab Fitri mantap ketika ditanya motivasinya tetap menulis.

Walaupun masih jauh dari kata sempurna, setidaknya menulis menjadi hal yang bisa dilakukakan untuk berbagi kemanfaatan. Untuk itulah, ia menganut moto “Sing penting yakin” dalam menghasilkan karya.

Melalui tulisannya, Fitri Yuliani Saadah memberikan sudut pandang yang menarik akan suatu fenomena. Alih-alih mengambil angle yang biasa, ia berhasil mengemas tulisannya untuk kita lebih membuka mata walau ide dasarnya mungkin sudah sering diangkat.

Ia berharap supaya teman-teman di Hipwee Creator Community bisa terus menuangkan ide-ide kreatifnya melalui platform Hipwee. Jadi, kita bisa lebih banyak membagikan manfaat ke lebih banyak orang yang membaca.

Ingin membaca tulisan Fitri? Simak lebih banyak karyanya di sini!

Yuk mulai menulis!

Ingin seperti mereka? Ayo tulis dan buat artikelmu dengan klik “Tulis Artikel” di pojok kanan atas halaman Hipwee, jangan lupa untuk menyebarkannya di sosial media kalian ya! Supaya kamu dapat menginspirasi anak muda Indonesia lebih dan lebih lagi. Karena setiap bulannya Hipwee akan memilih kontributor-kontributor terbaik untuk Hipwee ulas dan akan kita kirimkan kejutan ke rumahmu.

Karena semua bisa jadi penulis dan ceritamu selalu layak dibagi.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis