Masuk Kampus x KEMENPPPA : Peringatan Hari Gizi Nasional Demi Pola Hidup Sehat Remaja Melalui Gizi Seimbang

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KEMENPPPA) berkolaborasi dengan PT Inspirasi Masuk Kampus (@masukkampus) dalam memperingati Hari Gizi Nasional 2022. Kolaborasi ini dilakukan berdasarkan visi Kemenpppa dalam bidang pemenuhan hak anak bersama MasukKampus dalam perwujudan generasi penerus bangsa dengan pendidikan dan kesehatan yang layak. 

Advertisement

Harapannya MasukKampus dengan Kemenpppa ini, bisa saling support dari masing-masing visi yang dimiliki untuk memberikan kesadaran khususnya bagi remaja dalam gizi seimbang sesuai tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas tahun ini”, ungkap Indra Sugiarto selaku CEO MasukKampus.

Pada peringatan Hari Gizi Nasional yang bertepatan pada tanggal 25 Januari 2022, Kemenpppa dan MasukKampus mengadakan dua rangkaian acara menarik yang ditujukan untuk siswa siswi SMP hingga SMA.

Acara pertama adalah Webinar Hari Gizi Nasional “Body Shaming pada Remaja : Pola Makan Sehat bagi Remaja & Risiko Penggunaan Kosmetik Berbahaya”. MasukKampus menggaet dua pemateri yaitu Indra Sugiarto selaku CEO MasukKampus dan juga Motivator Millenial dan dr. Vania Utami Praktisi Kesehatan dan Content Creator. Pembicara lainnya adalah Ketua Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga Dr. Rita Ramayulis, M.Kes, dan Bpk. Triyanto selaku Head of CSR Department Astra. Webinar tersebut telah dilaksanakan pada Rabu, 2 Februari 2022 melalui online zoom meeting dan disiarkan langsung melalui zoom dan youtube. Khusus webinar ini tidak dikenakan biaya atau gratis dan terbuka untuk umum. 

Acara kedua yaitu Challenge Gebyar Hari Gizi Nasional yang bertemakan “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas” dengan subtema : mencegah obesitas, penyebab stunting pada anak, makanan sehat dan gizi seimbang, lingkungan bersih sehat. 

Timeline pelaksanaan registrasi dan pengumpulan karya Challenge Gebyar Hari Gizi Nasional  ini mulai 15 Februari 2022 sampai 8 Maret 2022, waktu penjurian 10 Maret 2022 dan pengumuman pemenang 14 Maret 2022. Terdapat 3 kategori challenge yang dapat dipilih peserta untuk mengumpulkan karyanya. Kategori pertama photo competition, kategori kedua poster competition, kategori ketiga video competition.

Aku sih pilih kategori photo competition karena aku suka banget hunting photo semoga menang yaa karena hadiahnya kamera nih”, Ujar Nanda salah satu peserta challenge.

Challenge ini merupakan acara GRATIS yang diikuti oleh siswa SMP dan SMA se-Indonesia. Selama rangkaian acara, telah terkumpul 300 karya dari siswa berupa foto, poster maupun video. Dari 300 karya tersebut, pada tanggal 23 Maret 2022 dilakukan penjurian offline bertempat di F(X) Sudirman Jakarta Selatan, dan terpilihlah 3 pemenang untuk masing-masing kategori video dan poster, dan 2 pemenang untuk kategori foto. Para pemenang mendapatkan hadiah menarik yaitu berupa laptop, kamera, dan smartphone.

Seluruh rangkaian acara kolaborasi MasukKampus dan Kemenpppa pada Hari Gizi Nasional berjalan dengan sukses. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan kesadaran remaja akan pentingnya menjaga gizi seimbang menjadi meningkat. Pendidikan mengenai kesehatan remaja menjadi sangat penting mengingat masa depan bangsa ada di tangan generasi muda Indonesia. Kedepannya MasukKampus bersama Kemenpppa juga akan berkolaborasi dalam pemenuhan hak anak pada pendidikan melalui “Sekolah Ramah Anak”. Semoga kolaborasi ini memberikan dampak positif yang lebih besar bagi remaja dan masyarakat luas Indonesia.

Penulis: Tim MasukKampus (28 Maret 2022)

Tim Dalam Artikel Ini