Mimpi Jalan-jalan ke Filipina, Negeri Tetangga yang juga Memiliki Kekayaan Budaya dan Wisata

Mimpi Jalan-Jalan ke Filipina

Sejauh pandemi Covid-19 belum benar-benar usai, menahan diri untuk tidak jalan-jalan ke luar negeri adalah tindakan paling bijak. Kalau pun mau nekat, beberapa negara masih menutup pintu untuk turis asing, termasuk turis dari Indonesia.

Advertisement

Meskipun belum ada kepastian kapan waktunya liburan bisa bebas dilakukan, setiap orang pasti punya impian untuk bisa jalan-jalan dalam waktu dekat. Entah itu menyambangi destinasi di nusantara, atau menyambangi negara tetangga seperti Filipina.

Filipina, negara tetangga yang dirindukan bagi yang pernah berkunjung dan diimpikan mereka yang belum

Sebagai negara tetangga, Filipina bisa dibilang cukup populer sebagai destinasi liburan orang Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa Filipina bisa jadi destinasi primadona orang Indonesia yang ingin liburan ke luar negeri.

Pertama, negara yang terletak di sebelah utara Indonesia ini terdiri dari sekitar 7.641 pulau dengan beragam destinasi menarik. Kedua, negara kepulauan seperti Indonesia ini juga dikenal memiliki kekayaan budaya, yang di masa pandemi ini bisa tetap dinikmati berkat gelaran Fiesta Filipinas.

Advertisement

Yup, sejak Desember 2020 hingga Mei 2021, Philippine Department of Tourism (PDOT) mengemas kekayaan budaya dan keindahan alam Negara yang dijuluki Mutiara Laut Orien ini ke dalam rangkaian acara virtual bertajuk Fiesta Filipinas tanpa mengabaikan keseruan liburan.

Festival Sinulog di Cebu City pada tahun 2019 (Foto: iStockphoto)

Partisipan acara yang sebelumnya pernah mengunjungi Filipina tak pelak dibuat bernostalgia. Seperti pada saat diajak menyaksikan kelap kelip Giant Lantern Festival, mengikuti rangkaian Sinulog, Ati-Atihan and Dinagyang Festival yang kental akan sejarah keagamaan, atau pada saat menikmati kemeriahan Panagbenga Festival yang bertabur warna-warni bunga.

Sementara bagi yang belum pernah ke Filipina, tiga festival megah yang telah disuguhkan Fiesta Filipinas secara virtual tersebut seketika membuat bucket list jadi penuh. Kearifan lokal, kuliner serta beragam destinasi tampak begitu aduhai untuk disambangi langsung setelah pandemi benar-benar usai. Alhasil, mimpi berlibur ke belahan lain dunia berubah haluan jadi ke Filipina~

Tapi selain karena budaya dan festival-festivalnya yang beragam, sebenarnya ada banyak alasan mengapa Filipina selalu dirindukan dan diimpikan para pecinta liburan, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Nah, kalau kamu punya alasan lain mengapa Filipina layak dirindukan dan diimpikan, kebetulan banget, nih! Hipwee dan Philippine Department of Tourism ingin mengajakmu untuk ikutan kompetisi menulis artikel bertemakan ‘Mimpi Jalan-Jalan ke Filipina’.

Lewat kompetisi ini, kamu boleh dengan bebas menerjemahkan mimpi lewat tulisan tentang jalan-jalan ke Filipina, sebelum nanti waktu membawamu berkunjung langsung ke sana. Untuk itu, yuk simak ketentuan kompetisinya.

Tema & Ketentuan Artikel

1.  Tema artikel ‘Mimpi Jalan-Jalan ke Filipina’, dengan pilihan subtema, yaitu:

  • Destinasi Impian
  • Keseruan Liburan Bersama Orang Tercinta
  • Berbaur Dalam Budaya Lokal Filipina
  • Muslim Friendly

2. Artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Inggris dapat menjadi konten pelengkap

3. Mencantumkan minimal 2 dari 4 kata kunci (keyword) berikut: liburan, Filipina, seru, it’s more fun in the Philippines

4. Mencantumkan paragraf berikut: 

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

5. Peserta wajib mencantumkan minimal 1 foto yang relevan dan masih valid, disertai dengan pencantuman hak cipta/milik dari foto tersebut

6. Hak cipta artikel tetap ada pada penulis, sedangkan PDOT Indonesia memiliki hak untuk mempublikasikan artikel di website www.wisatafilipina.com

Ketentuan Tulisan

1. Tulisan dikirimkan melalui web Hipwee.

2. Tulisan harus orisinal dan tidak mengandung unsur plagiasi.

3. Tulisan bisa dalam format listicle atau narasi. Panduan menulisnya sebagai berikut:

Panduan menulis Listicle

Panduan menulis Narasi

Panduan menuliskan sumber gambar

Panduan menulis di Hipwee

4. Tulis artikelmu dengan format judul: #WisataFilipina – Judul Tulisan.

Contoh:

#WisataFilipina-Temukan Alam Kehidupan Burung yang Menakjubkan di Cagar Alam Olango

#WisataFilipina-Berjalan di Sepanjang Roxas Boulevard dan Nikmati Matahari Terbenam di Manila Bay

5. Satu peserta BOLEH mengirimkan lebih dari satu tulisan.

6. Kompetisi ini GRATIS dan berlangsung mulai 12 hingga 26 Maret 2021. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 5 April 2021.

7. Jangan lupa share tulisan kamu di sosial media dan tag @hipwee @hipweecommunity @pdot_indonesia  biar makin banyak orang yang membaca tulisanmu😊

Syarat Peserta

  1. Peserta adalah penulis yang tergabung dalam Hipwee Community dan sudah mempunyai akun Hipwee Community, jika belum daftarkan dirimu di sini www.hipwee.com/register.
  2. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran, yang bisa diakses di sini.
  3. Peserta bukan karyawan Philippine Tourism.
  4. Para peserta lomba wajib follow Instagram @pdot_indonesia dan Facebook PDOTIndonesia
  5. Peserta wajib follow akun media sosial Hipwee dan Hipwee Community, mulai dari Instagram, Twitter, hingga Tiktok.
  6. Peserta diperkenankan mengambil informasi dari website www.wisatafilipina.com dan instagram @pdot_indonesia.
  7. Peserta tidak diperkenankan melakukan surat-menyurat baik digital (e-mail) maupun bentuk lainnya dengan juri lomba.

Jika kamu masih belum jelas dengan informasi di atas atau punya pertanyaan lain, bisa langsung hubungi kami via e-mail di community@hipwee.com. Jangan lupa untuk mencantumkan subjek “Tanya #WisataFilipina” supaya e-mail kamu tidak tenggelam.

Atau supaya lebih praktis dan gampang, kamu bisa gabung di grup WhatsApp khusus untuk kompetisi menulis #WisataFilipina dengan cara klik di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

I know I glow up

CLOSE