Kupas Tuntas Langkah-langkah Menulis Listicle di Hipwee Community. Mari Merapat!

Menulis listicle Hipwee Community

Salah satu jenis tulisan yang paling sering ditulis oleh teman-teman kontributor adalah listicle. Nah bagi yang belum tahu, listicle merupakan artikel ringan yang di dalamnya terdapat poin-poin untuk menjelaskan tema utama. Poin-poin tersebut biasanya disertai dengan gambar atau foto untuk menarik perhatian pembaca.

Khusus untuk teman-teman yang sebelumnya belum pernah menulis listicle dan ingin mencoba, nih Hipwee Community berikan langkah-langkahnya. Silakan disimak ya~

Advertisement

1. Sebelum mulai menulis, pastikan kamu sudah membuat akun di Hipwee Community ya!

Listicle Hipwee Community

Listicle Hipwee Community via http://www.hipwee.com

Caranya gampang banget. Kamu tinggal klik “Tulis Artikel” di bagian pojok kanan atas website Hipwee. Lalu masukkan email aktif dan password untuk akun Hipwee-mu. Setelah itu, jangan lupa konfirmasi akunmu melalui email yang nantinya akan Hipwee kirimkan. Rajin-rajin cek inbox atau kotak spam di emailmu ya!

Eits, ada lagi! Kamu juga bisa membuat akun dengan Facebook lho! Caranya juga sama, kamu tinggal pilih “Login via Facebook” pada laman yang sama. Gimana, nggak ribet kan?

Advertisement

2. Selanjutnya, mari mulai membuat listicle!

Listicle Hipwee Community

Listicle Hipwee Community via http://www.hipwee.com

  1. Setelah membuat akun Hipwee, mulai masuk ke dashboard Hipwee dengan klik “Tulis Artikel” di pojok kanan atas. Nantinya kamu akan di-direct menuju laman dashboard Hipwee Community. 
  2. Nah pilih menu “Listicle” lalu pilih “Tambahkan Listicle Baru” yang terletak di bagian kiri atas. 

3. Setelah itu tuliskan judul dan subtittle pada kolom yang tersedia

Listicle Hipwee Community

Listicle Hipwee Community via http://www.hipwee.com

  1. Tuliskan judul pada kolom yang tersedia. Oh iya, pastikan jumlah karakter dalam judulmu antara 50-90 karakter ya. Biar tidak lebih menarik dan nggak terlalu panjang.
  2. Selanjutnya adalah subtittle. Kamu bisa mengisikan inti dari tulisanmu di sana. Misal: LDR beda benua, resep bakso ayam, dan yang lainnya.

4. Sekarang saatnya menuliskan paragraf pembuka dan kutipan

Listicle Hipwee Community

Listicle Hipwee Community via http://www.hipwee.com

  1. Setelah selesai dengan judul dan subtittle, kini saatnya menuliskan paragraf pembukamu. Perlu diingat, bahwa paragraf pembuka nggak perlu panjang-panjang, tapi juga jangan terlalu pendek. Cukup tulis paragraf pembukamu sebanyak 1 paragraf yang terdiri dari 4-5 kalimat.
  2. Selanjutnya adalah kutipan. Kutipan merupakan kalimat pendek yang merangkum tulisanmu. Ingat, tulis kalimat kutipan secara menarik dengan panjang 1-2 kalimat.
  3. Oiya, abaikan kolom  meta deskripsi, meta keyword, dan pilihan paginasi ya~

Advertisement

5. Langkah selanjutnya adalah menuliskan poin dan deskripsinya

Listicle Hipwee Community

Listicle Hipwee Community via http://www.hipwee.com

Nah setelah kamu selesai dengan paragraf pembuka dan kutipan, scroll ke bawah lalu kamu akan menemukan menu “Tambahkan Listicle”. Setelah kamu klik, maka tampilannya akan seperti gambar di atas.

Kini saatnya kamu menuliskan poin dan deskripsinya dengan cara sebagai berikut:

  1. Tuliskan poin pada kolom Subheading. Ingat, nggak perlu menambahkan angka ya karena sistem sudah otomatis akan menambahkan angka.
  2. Lalu pilih gambar yang akan kamu gunakan pada poin tersebut. Ukuran maksimal gambar yang ingin kamu gunakan adalah 100kb. Jadi jika gambarnya berukuran lebih dari 100kb silakan di-resize dulu ya~
  3. Setelah itu masukkan Sumber Foto. Misalnya jika kamu mengambil gambar dari Instagram, kamu bisa menuliskan Photo by @arintyawidd on Instagram
  4. Jangan lupa masukkan link lengkap pada kolom Via ya~
  5. Langkah selanjutnya adalah mengisi kolom Deskripsi. Tuliskan deskripsi poinmu pada kolom yang sudah tersedia. Di sana kamu juga bisa menggunakan fitur bold, italic, underline dan yang lainnya.

Oh iya untuk listicle, minimal kamu harus memiliki 5 poin ya. Kalau mau menulis lebih dari 5 poin, boleh banget~

6. Setelah menuliskan semua poin-poin, kini saatnya memilih gambar utama

Listicle Hipwee Community

Listicle Hipwee Community via http://www.hipwee.com

Gambar utama ini penting banget lho untuk tulisanmu. Sebab ibarat rumah, gambar utama adalah halaman depan sehingga turut menentukan tingkat keterbacaan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih sebuah gambar yang nantinya kamu pakai sebagai gambar utama. Panduan lengkapnya bisa kamu baca di sini ya!

  1. Pilih Set Foto Utama lalu pilih gambar atau foto yang ingin kamu gunakan sebagai gambar utama.
  2. Jangan lupa lengkapi bagian Featured Image Label. Bagian ini sama kok dengan Sumber Foto seperti gambar pada poin-poin.
  3. Lalu lengkapi juga Source dengan menuliskan link lengkap tempat kamu menggambil gambarnya.

7. Inilah saat yang ditunggu-tunggu agar artikelmu bisa terbit di Hipwee

Listicle Hipwee Community

Listicle Hipwee Community via http://www.hipwee.com

Setelah menyelesaikan langkah-langkah itu semua, kini saatnya kamu Submit tulisanmu.

Caranya scroll ke atas sampai kamu menemukan tombol “Submit” di bagian kanan atas. Daaan udah deh. Sekarang kamu tinggal menunggu masa review sebelum tulisanmu diterbitkan.

Gimana, mudah kan menulis listicle di Hipwee Community? Untuk panduan menulis artikel Narasi, silakan meluncur ke pranala berikut ini ya 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE