5 Tips Makan Sehat di Saat Lagi Sibuk. Otak Harus Sinkron sama Perut!

Jajan via ojol teroooosss~

Kesibukan suka bikin kita lupa makan. Kita nggak bisa ninggalin kerjaan karena di situ, kita menghasilkan cuan atau pengalaman baru. Akhirnya, kerjaan kita jadi prioritas dan makan makanan sehat bukan jadi hal penting lagi. Makanan cepat saji jadi opsi karena gampang pesannya dan nggak ngambil banyak waktu kita. Emang, sih, perut nggak jadi lapar, tapi akhirnya berdampak pada kesehatan.

Sesibuk apa pun kamu, kamu tetap bisa, kok, nyisihin waktu untuk makan makanan yang sehat! Yang dibutuhkan cuma sedikit perencanaan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantumu tetap makan sehat dengan teratur meski lagi sibuk-sibuknya, biar kamu makin berenergi!

1. Utamakan sarapan yang simpel

tips makan sehat saat lagi sibuk

Semangkuk yogurt dengan buah-buahan | Foto oleh Any Lane dari Pexels

Walaupun kamu harus buru-buru kerja, jangan lupakan sarapan. Sarapan itu penting, lo, untuk mempersiapkan tubuh dari semua kesibukan. Kalau kamu nggak punya waktu untuk bikin sarapan yang ribet, kamu bisa beli susu atau yogurt plain. Biar makin enak, kamu boleh banget tambahin buah-buahan seperti pisang. Yang penting, nggak usah pakai gula tambahan, ya!

2. Atur porsi snack kamu

tips makan sehat saat lagi sibuk

Semangkuk stroberi sebagai pengganti camilan | Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels

Kalau udah malas makan, ngemil jadi jalan keluar, deh! Walaupun kamu sudah menghindari junk food, masih ada kemungkinan kamu ngemil terlalu banyak. Daripada membawa sebungkus snack, akan lebih baik untuk membaginya di mangkuk biar kamu nggak tergoda untuk makan berlebihan. Oh, iya! Biar lebih sehat, camilanmu bisa diganti jadi kacang-kacangan atau buah-buahan.

3. Minum air yang banyak

tips makan sehat saat lagi sibuk

Seorang wanita memegang gelas berisikan air | Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Suka minum kopi biar nggak ngantuk pas kerja? Kamu harus tetap lebih banyak minum air putih! Pastikan tubuh kamu bersih dari bekas makanan atau minuman lain biar kamu jadi lebih fit. Lagipula, air mineral lebih murah dan praktis daripada segelas kopi, kan? Kamu tinggal mengisi botolmu dengan air dari dispenser, jadi nggak perlu repot-repot seduh atau beli lagi.

4. Atur jadwal makan yang sama setiap hari

tips makan sehat saat lagi sibuk

Jadwal harian dengan waktu per jam | Foto oleh cottonbro dari Pexels

Kamu punya jadwal jam kerja supaya nggak keteteran? Nah, makan pun seharusnya dibuat jadwal rutin juga. Punya waktu dan rutinitas khusus untuk makan memastikan kalau kamu punya waktu untuk mempersiapkan atau memilih makanan yang lebih sehat. Selain itu, kamu juga bisa memilih makanan yang sesuai dengan lidahmu.

5. Pilih makanan yang lebih ringan untuk siang hari

tips makan sehat saat lagi sibuk

Sepiring salad sebagai menu makanan sehat | Foto oleh eat kubba dari Pexels

Kerja metabolisme memuncak setiap hari antara pukul 10 pagi dan 2 siang. Karena itu, lebih baik kamu makan siang di antara jam-jam ini untuk memanfaatkan fungsi pencernaan yang lebih kuat. Ingat, makan siang harus lebih ringan daripada sarapan atau makan malam. Kamu perlu menjaga konsentrasimu karena kemungkinan besar kamu masih bekerja.

Kalau kamu nggak punya waktu untuk menyiapkan sesuatu untuk diri sendiri, pertimbangkan opsi yang lebih mudah dan sehat seperti semangkuk salad yang bisa disiapkan dengan cepat. Mau tetap langsing? Lupakan mayones atau saus-saus dressing lainnya. Jus lemon dan sedikit minyak zaitun bisa jadi pengganti saus yang lebih sehat, lo!

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world