Apiary Gelar Acara Produk Pertama dan Terbesar di Indonesia

Indonesia Product Conference telah sukses diselenggarakan di Sheraton Gandaria City, Jakarta pada Kamis 29 September. Konferensi ini merupakan debut pertama Apiary Academy sebagai ekosistem Product, bersama dengan dukungan sponsor dari Mixpanel, Sendbird, Netcore, Branch, AB Tasty, DKatalis dan Xcidic.

Indonesia Product Conference

“Peran Product Manager di Indonesia, demand-nya banyak, tapi supply-nya kurang, sementara peluang untuk tumbuhnya tinggi sekali. Jadi kami ingin mengajak semua teman-teman di sini untuk, bersama-sama ikut serta mengembangkan Product ecosystem di Indonesia yang dapat menghasilkan produk unggulan dan berkelas dunia,” kata Jessica Casey Jaya, Founder & CEO Apiary Academy dalam sambutannya.

Digitalisasi dan pertumbuhan startup di Indonesia telah menaikkan kebutuhan atas Product Manager. Salah satu pembicara Product Leaders di konferensi tersebut, Fitoy Wicaksana, CPO Alami, memberikan prediksi walaupun product management saat ini masih prematur, ada peluang dimana perannya akan dikenal luas dan menjadi fungsi penting di perusahaan di tahun yang akan datang.

Indonesia Product Conference

Industri Product di Indonesia saat ini masih kekurangan talenta yang terampil. Beberapa faktor di antaranya, tidak ada edukasi formal yang mengajarkan product management, kebutuhan yang tumbuh lebih cepat daripada keberadaan talenta, dan lainnya. Hal ini menyebabkan perusahaan kesulitan dalam membangun tim produk yang kuat.

Untuk membantu memperbaiki kesenjangan tersebut, Apiary Academy hadir sebagai ekosistem bagi para profesional Product maupun yang baru merintis untuk belajar, meningkatkan keterampilan, dan memperluas jaringan mereka. Salah satunya dengan menyelenggarakan konferensi produk pertama dan terbesar di Indonesia, yang minggu lalu dihadiri oleh lebih dari 700 peserta dari berbagai latar belakang, fresh graduate, professional di Product, product managers, pendiri Startup, dan lainnya.

Lebih dari 15 Product Leaders termasuk Arrad Fajri selaku Head of Product Tokopedia, Krisna Parahita selaku VP Group Head of Product LinkAja, Sonny Sudaryana selaku Coordinator of ICT Creativity Empowerment KOMINFO dan Windy Natriavi selaku Co-Founder dan CPO AwanTunai membagikan wawasan mereka yang mencakup berbagai topik mulai dari product analytics, product-led growth strategy, customer retention dan lainnya.

Konferensi ini diadakan selama satu hari yang juga menghadirkan experts dari Mixpanel, Sendbird, Netcore, Branch dan AB Tasty yang menyediakan informasi tentang tools di product management yang bisa dipelajari peserta. Serta experts dari DKatalis dan Xcidic yang membuka peluang karir di Tech dan Apiary Academy yang menyediakan pelatihan Product Management.

Lebih dari 700 orang hadir dalam acara Indonesia Product Conference 2022

“Acara ini sangat bagus, offline pertama yang paling banyak yang saya hadiri. Harapannya acara ini bisa menginspirasi bagi anak muda yang mau masuk ke product management. Kedepannya kita bisa catch up dengan negara lain. Sehingga talent gap di Product semakin kecil,” kata Sonny Sudaryana, Coordinator of ICT Creativity Empowerment KOMINFO, salah satu Product Leaders yang berbagi tentang Solving the Product Talent Gap in Indonesia.

“Dengan adanya event seperti ini, saya bisa ketemu dengan individu yang sepemahaman. Bisa saling berbagi ilmu, menginspirasi dan terinspirasi, dan business opportunities yang bisa dikembangkan kedepannya. Apiary berhasil menangkap kebutuhan itu,” kata Rudianto Thong, Product Director RedDoorz, yang turut hadir hari itu.

Apiary Academy percaya bahwa ada kebutuhan untuk memperkuat komunitas produk di Indonesia. Oleh karena itu, mereka berkomitmen untuk terus mendukung komunitas produk dengan mengadakan konferensi tahunan secara rutin.

————————————————————————————————————

Tentang Indonesia Product Conference

Acara konferensi produk pertama dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Apiary Academy. Acara ini menghadirkan para pembicara dan praktisi yang berpengalaman di bidang product management dengan beberapa kegiatan sebagai berikut:

    • Keynote Session
    • Panel Talk
    • Networking Session
  • Exhibition Booths:
    • Mixpanel
    • Sendbird
    • Netcore
    • Branch
    • AB Tasty
    • Xcidic
    • Dkatalis

Tentang Apiary Academy

Apiary adalah ekosistem yang membantu talenta digital di Indonesia untuk mengembangkan potensi terbaik mereka melalui 3 pilar:

  • Learning: Pelatihan keterampilan dan edukasi
  • Career Network: Menghubungkan talenta digital dengan perusahaan
  • Community: dimana para talenta dapat tumbuh dengan sesama profesional digital melalui event dan sesi networking yang diadakan setiap saat.

Melalui jaringan dan pengalaman, Apiary Academy memberikan banyak cara untuk mempelajari product management. Ada banyak jenis program yang dapat diikuti, seperti mentoring 1:1, kursus berdurasi pendek, kelas intensif, dan komunitas.

Bagi yang ingin berkontribusi meningkatkan product talents di Indonesia. Silakan bergabung dengan Apiary Academy sebagai student, experts, partner, dan lainnya. Selengkapnya kunjungi: academy.apiary.id

Ikuti update terbaru dari Apiary di:

  • Linkedin: https://www.linkedin.com/company/apiaryacademy/
  • Instagram: https://www.instagram.com/apiary.academy/ & https://www.instagram.com/idproductcon/

Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi:

Bahtiyar Hidayat | Growth Marketing Manager Apiary Academy

HP: 081553892653

Email: bahtiyar@apiary.id

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini