• 14 November 2018, 12:00 am
  • Yogyakarta

Yogyakarta – Rangkaian kegiatan Soprema 2018 resmi berakhir dengan diselenggarakannya Awarding Night & Closing Ceremony yang bertajuk “Budaya Nusantara” di Auditorium lt. 4 FISIPOL UGM pada Rabu (14/11) malam. Gede Jamur dari Bali menjadi jawara pertama kategori Start-Up, diikuti oleh 21 Points Group dari Kalimantan Timur sebagai jawara kedua, dan Sudut Lombok dari NTB meraih jawara ketiga. Dari kategori Kick-Off gelar jawara dimenangkan oleh NARAY (DIY) sebagai jawara pertama, KEPUL (Sumatera Utara) sebagai jawara kedua, dan Tani Jiwo (Jawa Tengah) sebagai jawara ketiga.

Kategori Start-Up dan Kick-Off masing-masing juga menghasilkan tiga Jawara Harapan. Untuk kategori Start-Up, harapan pertama diraih oleh Design for Dream (DIY), harapan kedua diraih oleh Arum Dwi Nastiti (Jawa Tengah), dan harapan ketiga diraih oleh Zairi/Kelas Entrepreneur (Bengkulu). Sedangkan untuk kategori Kick-Off, juara harapan pertama diraih oleh FLOS (Jawa Tengah), harapan kedua diraih oleh Tun Jang Coffee (Bengkulu), dan harapan ketiga diraih oleh SAHKALI (Banten).

Advertisement

Hari terakhir Soprema, Rabu (14/11) dimulai dengan penyelenggaraan presentasi semi finalis kategori Start-Up dan Kick-Off pada pagi hari. Untuk peserta Start-Up dan Kick-Off yang belum lolos ke tahap final, wajib mengikuti coaching clinic yang masing- masing diisi Mohammad Genta Mahardika, S.E. MBA dan Moch Andriza Syarifudin, ST. Peserta Inkubasi pada tahun ini juga ikut serta dalam Pitching Investor yang dimentori oleh perwakilan Usaha Desa, TunaiKita, Pinjam.co.id, Plug and Play, dan BEKRAF. Expo Soprema tahun ini ditutup dengan penampilan dari Tricotado dan penyelenggaraan Birema (Bincang Soprema) keenam dengan tema Sociopreneur Milenial: Kolaborasi Ide Bisnis Sosial di Era Digital.

Awarding Night & Closing Ceremony menjadi acara puncak pada hari terakhir penyelenggaraan rangkaian kegiatan Soprema 2018. Dengan mengusung tema “Budaya Nusantara”, Soprema mengajak seluruh peserta dan panitia untuk merayakan keberagaman Indonesia dengan merepresentasikan asal daerah mereka dengan menggunakan pakaian adat sesuai asal daerah. Soprema tahun ini telah berhasil menjaring 60 semifinalis dari 29 provinsi di Indonesia. Diharapkan, Soprema pada tahun berikutnya mampu menjaring peserta dari seluruh provinsi.

Sebagai penutup kegiatan Soprema 2018, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Dr. H.M Asrorun Ni’am Sholeh, MA menegaskan “Wirausaha muda dapat dikatakan pahlawan saat ini karena berkomitmen untuk membantu negara untuk membangun lapangan pekerjaan serta akses pendidikan untuk masyarakat Indonesia dengan inovasi dan kreativitas.”

Tentang Soprema

Pusat Kajian Kepemudaan atau Youth Studies Centre (YouSure) FISIPOL UGM bekerja sama dengan PT. Visitama Tujuh Belas telah mengadakan rangkaian acara bagi sociopreneur muda tingkat nasional sejak tahun 2016 dalam rangka membina semangat sociopreneurship di Indonesia. Dalam dua tahun terakhir ini, Soprema mengadakan acara kompetisi dengan pendaftar berasal dari 29 provinsi di Indonesia. Selain kompetisi, Soprema juga menggelar acara expo dan seminar yang setiap tahun berpusat di Yogyakarta. Dengan motto Express Your Creative Passions diharapkan mampu menyalurkan dan membina jiwa sociopreneurship pemuda di Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan bagi Indonesia.

Advertisement

Contact person:

Isvi Mega – Media Relations

Whatsapp +62-822–5406–7970/+62-811-2959-606

LINE@: @soprema_ugm | Email:  publikasisoprema@gmail.com

Situs resmi: http://soprema.fisipol.ugm.ac.id

Facebook: Soprema Ugm | Twitter: soprema_ugm | Instagram: soprema_ugm

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya