• 14 Agustus 2017, Pkl. 20;00 WIB
  • Teater Kecil, TIM Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta

Buat kamu para penikmat dan penggemar seni khususnya teater, atau mungkin tertarik dalam bidang sejarah, sosial, dan politik. Ada kabar baik, loh! Djakarta Teater Platform akan menampilkan pertunjukkan keduanya berjudul Octopus. Pertunjukkan kali ini akan digarap oleh Teater Poros. Sekedar informasi aja nih, buat kamu yang belum tahu apa itu Djakarta Teater Platform. Djakarta Teater Platform merupakan wadah yang dibentuk oleh Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta untuk menjawab anggapan terpuruknya  teater Indonesia pada awal tahun 2000-an. Platform ini merupakan laboratorium bersama bagi para penggiat teater yang menjadikan riset sebagai basis kerja, serta melakukan kurasi lebih pada dataran gagasan daripada dataran karya.

Pertunjukkan kedua Djakarta Teater Platform: OCTOPUS garapan Teater Poros, merupakan pertunjukkan hasil dari riset yang dilakukan oleh aktor-aktor Teater Poros melalui google mengenai kekerasan yang dihadapi kaum perempuan. Riset ini kemudian dibandingkan dengan sejarah masa lalu wilayah Senen, Jakarta Pusat, yang dipenuhi dengan kekerasan. Sejarah antara di luar dan di dalam, dilihat sebagai pembacaan untuk memahami watak kekerasan yang mungkin sudah tertanam dalam dan kita tidak tahu bagaimana wilayah ini aktif, sensitif dan bekerja pada momen-momen tertentu. Dua ruang riset yang berbeda ini kemudian dikolaborasikan dengan benda-benda bekas sebagai bagian dari tubuh kenangan.

Sebelumnya Djakarta Teater Platform telah meluncurkan pertunjukkan pertamanya yaitu PostHaste oleh Teater Payung Hitam. Dalam pertunjukkan PostHaste, Teater Payung Hitam menggunakan medium tubuh untuk memaknai berbagai situasi-situasi realitas sosial politik yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Jatuh bangun sejarah Indonesia, keadaan sosial-politiknya (berupa pluralitas dan keberagaman), bahkan perubahan fenomena alam seperti bencana alam—fenomena jatuh-bangun tersebut diterjemahkan sebagai keadaan emergensi. Nah, pertunjukkan PostHaste melalui teater, mengajak orang-orang untuk memiliki manajemen emergensi agar bisa keluar dari situasi yang secara tidak sadar mencedrai kemanusiaan.

Pertunjukkan Octopus kali ini disutradarai oleh Acep S. Martin. Sang Sutradara merupakan salah satu produsen untuk Festival Teater Anak di Jakarta. Bersama dengan Teater Poros, ia pernah melakukan pentas ke berbagai daerah seperti Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Karya-karya yang pernah dipentaskan diantaranya Klik, Gila, Garis, Sintren, dan 1 Lelaki 3 Perempuan. Bonus dari pertunjukkan Djakarta Teater Platform kali ini bukan hanya pertunjukan teater yang bisa dinikmati, namun akan ada Sesi Pameran dan Artist Talk bersama dengan sutradara Octopus langsung, Acep S. Martin. Seru nggak? Jangan mikir terlalu serius, tinggal datang dan nikmati saja!

Pertunjukan Octopus akan diselenggarakan pada:

Advertisement

OCTOPUS
Teater Poros
Sutradara Acep S. Martin

Pertunjukan
14 Agustus 2017 pukul 20:00 WIB
15 Agustus2017  pukul 15:00 WIB (pertunjukan khusus pelajar) dan pukul 20:00 WIB

Teater Kecil, TIM
Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta

Pameran dan Artist Talk
14 Agustus 2017 pukul 15:00 WIB

Lobi Teater Kecil, TIM
Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta

Pembicara:
• Asep S. Martin
• Indraswara DP
• Ipoer Wangsa

Moderator:
• Madin Tyasawan

Reservasi: http://bit.ly/2v4R2ss

Untuk informasi lebih lanjut hubungi
Oliph : 087783359400 (WA saja)
Hartati : 083897020963 (WA saja).

Kunjungi juga akun instagram kami: @jakartscouncil.