• 17 Agustus 2018, 12:00 am
  • Yogyakarta

Yogyakarta, Juli 2018 – Prambanan Jazz Festival merupakan sebuah pesta musik akbar asal Yogyakarta yang pertama kali digelar pada tahun 2015. Di awal kemunculannya di tengah penikmat musik di tanah air, Prambanan Jazz Festival menghadirkan seorang pemain saksofon asal Negeri Paman Sam, Kenny G yang menghibur ribuan penggemarnya di Candi Prambanan kala itu.

Seiring berjalannya waktu, festival ini secara konsisten terus dihelat dalam setiap tahunnya, beberapa nama besar dunia lainnya pun ikut serta menjadi bagian sejarah di dalamnya. Seperti Boyz II Men, Shakatak, Sarah Brightman, Rick Price dan lainnya. Tak hanya itu, festival musik yang dipromotori oleh Rajawali Indonesia Communication ini pun tak lupa melibatkan nama-nama musisi besar tanah air yang kehadirannya tak kalah memberikan efek candu kepada para penontonnya untuk terus hadir dalam Prambanan Jazz Festival di setiap tahunnya.

Advertisement

Di tahun 2018, Prambanan Jazz Festival akan kembali digelar dan tetap membawa semangatnya untuk mengolaborasikan mahakarya Candi Prambanan dan mahakarya musik dunia. Ini adalah episode ke empat bagi helatan ini, di mana Prambanan Jazz Festival akan digelar pada 17, 18 dan 19 Agustus 2018 mendatang. di komplek wisata Candi Prambanan, Yogyakarta. Acara festival musik sendiri akan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

“Music, Experience & Masterpice”, tagline yang diusung untuk Prambanan Jazz Festival 2018. Founder Prambanan Jazz Festival sekaligus CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi menuturkan, bahwa judul yang diusung pada tahun ini ialah sebuah tekad dari pihaknya untuk menjadikan Prambanan Jazz Festival sebagai peristiwa tak terlupakan bagi semua kalangan pencinta musik tanah air.

Para penikmat musik akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan untuk menikmati karya-karya masterpiece yang berupa mahakarya musik dari maestro musik nasional dan dunia, di sebuah venue yang sangat mengagumkan hasil karya masterpice peninggalan nenek moyang, Mahakarya Candi Prambanan.  Untuk mewujudkan itu semua, Prambanan Jazz Festival secara konsisten selalu menghadirkan musisi-musisi dunia dengan karya-karyanya yang tergolong masterpiece, juga musisi-musisi terbaik dari tanah air dengan karya musik tak terlupakan.

Advertisement

“Tak terasa Prambanan Jazz Festival siap digelar sebulan ke depan. Prambanan Jazz Festival saat ini telah menjadi event pertunjukan musik yang wajib diapresiasi oleh sebagian besar penikmat musik tanah air, yang tidak hanya semata-mata menyajikan konser musik yang bagus bagi penggemar musik Indonesia dan luar negeri, namun juga memiliki kekuatan lokalitas yang bisa diapresiasi juga oleh penonton global,” papar Anas.

Lanjut Anas, dalam gelaran Prambanan Jazz Festival jilid ke empat ini, pihaknya siap menyuguhkan banyak hal yang berbeda kepada ribuan penonton yang nantinya siap menjadi bagian di dalamnya. Untuk tahun ini, akan lebih banyak lagi menampilkan musisi-musisi dunia dan tanah air yang beraliran Jazz, seperti Idang Rasidi, Indra Lesmana, Syaharani, Monita Tahalea, Fariz RM, Tohpati, dan masih banyak lagi. Yang lebih istimewa lagi, Prambanan Jazz Festival akan menyuguhkan kolaborasi antar musisi seperti Indra Lesmana feat Eva Celia, Tompi feat Nadya Fatira, Idang Rasidi feat Syaharani, Tohpati feat Sheila Majid, Marcell, dan Rio Febrian, juga KAHITRAN (Kahitna feat RAN), juga kolaborasi antara ayah dan anaknya yaitu Father and Son (Yovie x Arsy) yang juga akan berkolaborasi dengan penyanyi muda pendatang baru, yaitu Brisia Jodie dan tentunya masih banyak penyanyi lainnya yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Tak hanya sampai disitu kemeriahan yang akan didapat oleh para penonton Prambanan Jazz Festival 2018. Diana Krall, peraih dua penghargaan Grammy Award kategori best jazz vocal performance pada tahun 1997 dan best jazz vocal album pada tahun 2002 pun siap menghibur para penggemarnya pada bulan depan. Begitu pula dengan Boyzone, band fenomenal yang digandrungi di era 2000an itu pun siap menjadi bagian sejarah bersama ribuan penonton nantinya.

Selain artis-artis di atas, masih banyak lagi deretan artis-artis negeri ini yang sudah konfirmasi akan menjadi penampil seperti HiVi, Letto, Java Jive, Tulus, Barasuara, Abdul and The Coffee Theory,  Father and Son, Rendy Pandugo, Jikustik, Glen Fredly, Gigi Band, Yura Yunita, Sierra Sutedja, dan masih banyak lagi.

“Harapan kami suguhan konser musik Prambanan Jazz ini di samping menjadi pengalaman tak terlupakan bagi penikmat musik tanah air, juga mampu menjadi ajang diplomasi budaya negara kita kepada masyarakat dunia, untuk mencapai dan mewujudkan industri budaya sebagai salah satu kekuatan baru dalam memperkuat “nation branding”,” ungkap Anas.

Prambanan Jazz kali ini akan tetap menggunakan dua panggung utama, yaitu panggung Rorojonggrang sebagai panggung special show yang berada di area Lapangan Brahma dan panggung Hanoman sebagai panggung festival show yang berada di area Lapangan Wisnu.  Direktur Prambanan Jazz Festival, Bakkar Wibowo menyampaikan, bahwa tahun ini untuk penggarapan artwork media promo terutama untuk artis internasional, Prambanan Jazz Festival masih akan menggandeng perupa-perupa terbaik dari Yogyakarta.

“Harapannya, media luar ruang tidak hanya sebagai media promosi, tapi juga sebagai media ruang pameran sebuah karya seni perupa,” tambah Bakkar.

Pasar Kangen

Sebagai bagian dari komitmen Prambanan Jazz Festival untuk turut serta membangun kultur sinergi antara budaya tradisional yang masih hidup di tengah masyarakat kita dengan kultur budaya modern yang semakin profan, Prambanan Jazz akan tetap menghadirkan wisata kuliner “Pasar Kangen” di area panggung festival show.

Pasar Kangen merupakan sebuah perpaduan wisata kuliner, khususnya kuliner Yogyakarta yang akan mempertemukan generasi lama dan generasi baru. Bagi generasi lama, Pasar Kangen akan menghadirkan romantisme masa lalu mereka. Dan bagi generasi muda sekarang, Pasar Kangen siap menyuguhkan sensasi kuliner tradisi Yogyakarta tempo dulu.  Selain menghadirkan kuliner tempo dulu, di Pasar Kangen ini juga menyediakan kerajinan lokal.

Pasar Kangen adalah bentuk komitmen dari penyelenggara untuk selalu support tradisi lokal. Nantinya pengunjung Prambanan Jazz Festival bisa dengan santai menikmati musik berkualitas sambil menyaksikan sunset matahari dalam keindahan Candi Prambanan sambil menyantap kuliner-kuliner pilihan dan balutan bulan purnama.

Ticket reguler daily pass Festival Show Prambanan Jazz 2018 dijual dengan harga mulai 300.000,-. Tiket dapat dipesan secara online melalui www.tiketapasaja.com, Tiket.com, Kiostix, Traveloka, GoersApp, BukaLapak, Loket.com, dan Gotix Indonesia. Untuk tiket box offline bisa di dapatkan di Jasmine Cakery & Resto Yogyakarta.  Informasi terbaru seputar Prambanan Jazz 2018 dapat diikuti melalui official account Instagram, Twitter dan Facebook @PrambananJazz dengan tagar #PrambananJazz2018 dan hotline 082226664343 atau 0274.521328

Narasumber :

–        Anas Syahrul Alimi (CEO Rajawali Indonesia Communication & Founder Prambanan Jazz)

–        Bakkar Wibowo (Project Director Prambanan Jazz)

ARTISTS LINE UP 

PRAMBANAN JAZZ #4 | 2018

17, 18, 19 AUGUST 2018

Candi Prambanan Yogyakarta

======

DAY 1

Friday, 17 August 2018

SPECIAL SHOW

  • Tohpati ft. Sheila Madjid, Marcell, Rio Febrian
  • KahitRan (Kahitna & RAN)

FESTIVAL SHOW

  • Rendy Pandugo
  • Letto
  • Iwa K
  • Java Jive
  • The Rain
  • HiVi
  • Yura Yunita

======

DAY 2

Saturday, 18 August 2018

SPECIAL SHOW

  • Diana Krall

FESTIVAL SHOW

  • Monita Tahalea
  • Fariz RM
  • Father & Son (Yovie Widianto x Arsy)
  • Kla Project
  • Abdul & The Coffee Theory
  • Tompi ft. Nadya Fatira
  • Indra Lesmana ft Eva Celia

======

DAY 3

Sunday, 19 August 2018

SPECIAL SHOW

  • Dewa 19 Reunion
  • Boyzone

FESTIVAL SHOW

  • Stars and Rabbit
  • Jikustik
  • GIGI
  • Glenn Fredly
  • Tulus
  • Sierra Soetedjo
  • Idang Rasjidi ft. Syaharani
  • Barasuara
Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya