Belanja kebutuhan sehari-hari nggak bisa diabaikan apalagi ditunda-tunda. Manusia modern seringnya nggak bisa lepas dari produk-produk kimia yang dalam keseharian selalu membantu membersihkan badan dan bikin lebih wangi. Kebutuhan ini dilihat oleh perusahaan besar sebagai sebuah peluang untuk memasarkan produk mereka lebih banyak lagi. Akibatnya makin banyak aja pilihan merek dan jenis produk bahan kimia sehari-hari.

Beberapa tahun ini juga mulai muncul diferensiasi produk berdasarkan gender. Jadi produk cewek dan cowok juga mulai dibedakan. Belum jelas juga sih apa tujuan produsen membedakan produk berdasarkan jenis kelamin. Namun ternyata kebanyakan cuma beda di parfumnya aja lho. Sedangkan soal harga, produk cewek seringnya lebih mahal. Coba simak uraian Hipwee News & Feature berikut biar kamu lebih percaya.

Produk khusus cowok seringnya didesain dengan kemasan lebih gelap, antara warna hitam, biru, atau abu-abu. Sedangkan cewek, seperti biasa, merah muda, kuning, dan warna cerah lainnya

Mengenali produk lewat warnanya via www.popsugar.com.au

Sayangnya memang harga jual produk khusus cewek lebih mahal, padahal ada juga yang berat bersihnya lebih sedikit

Bedanya lumayan juga nih via www.lazada.co.id

Dikutip dari Healthsnap, beberapa produsen memaparkan bedanya produk cowok dan cewek ini. Ternyata nggak ada yang signifikan kok bedanya

Terlepas dari diskon atau nggak, shampoo cowok tetap lebih murah tuh via www.lazada.co.id

Mereka menjelaskan kemasan produk cewek dibuat lebih menarik dan terkesan lebih luwes dibanding produk cowok

Sama-sama isi 4 lho padahal via www.lazada.co.id

Wangi-wangian yang digunakan juga seringnya ‘disesuaikan’. Wangi maskulin lebih tajam, wangi feminin lebih seperti bunga-bungaan yang lembut

Edisi yang sama dengan harga yang berbeda via www.lazada.co.id

Tapi apakah bau-bauan yang berbeda cukup dijadikan alasan produk cewek lebih mahal? Bukankah kandungan wewangiannya juga sejenis ya?

Kedua parfum ini sejenis yaitu EDP atau Eau de Perfume, memiliki merek sama dan memiliki berat bersih yang sama via www.lazada.co.id

Sebenarnya produsen juga beranggapan kalau kulit cowok lebih berminyak dan punya pori-poti lebar. Padahal, cewek juga banyak yang begitu

Baik cewek maupun cowok sama-sama membutuhkan perawatan kulit kok via www.groupon.co.uk

Nyatanya konsumen memang lebih suka produk yang seolah mencerminkan pribadi mereka. Maka dari itu produsen bikin pembeda antara produk cowok dan cewek

Kadang, sesederhana sisir pun harganya bisa jauh berbeda. Padahal bagus produk cowok tuh! via www.lazada.co.id

Ujung-ujungnya, pembeda ini hanya soal strategi marketing saja. Selain karena wangi, nggak ada perbedaan yang signifikan

Kalau secara kelengkapan, kebutuhan cewek kadang lebih kompleks dan bervariasi via www.lazada.co.id

Sebagai konsumen kamu boleh pilih produk mana saja yang kamu suka, kalau mau hemat ya beli yang lebih murah aja. Simpel

Kamu bebas memilih produk mana yang terbaik, nggak usah khawatir soal kandungannya via www.foodsaver.co.uk

Advertisement

Nggak ada salahnya jika tiba-tiba kamu yang cowok lebih nyaman pakai shampoo khusus cewek. Pun sebaliknya kalau kamu cewek dan lebih suka wewangian maskulin, sebenarnya nggak akan ada masalah serius dalam pemilihan produk ini. Kita nggak perlu terlalu fokus pada gender dalam membeda-bedakan jenis produk. Jika kulitmu berminyak parah dan pori-porimu sangat besar dan ada produk khusus cowok yang bisa membantumu memperbaikinya, kenapa nggak pakai aja? Jangan takut seketika bakal berubah jadi brewokan hanya karena pakai facial foam cowok. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya