Meski udah beranjak dewasa, kayaknya semua orang bakal susah deh melupakan tokoh-tokoh kartun favoritnya. Selain kenangan indah akan kebebasan masa kecil, kartun itu pesonanya seakan-akan tak lekang oleh perkembangan zaman. Kartun zaman dulu pun, masih bisa dinikmati oleh anak sekarang. Apalagi kartun-kartun Disney yang memang iconic banget. Mau diputar lagi di TV atau dibuat remake filmnya, cerita klasiknya tetap saja ditunggu penonton setia.

Tapi mungkin selama ini kita cuma akrab sama karakter kartunnya saja, tanpa tahu ternyata ada sosok asli yang tak kalah terkenal dibalik banyak animasi populer. StyleCaster menuturkan bahwa kartunis itu ternyata nggak asal mengawang aja untuk menciptakan karakter seperti Aladdin atau Shrek, ada inspirasi aslinya yang ternyata juga aktor atau tokoh terkenal lho. Nggak percaya?! Yuk simak ulasan khusus Hipwee News & Feature kali ini.

1. Dibuat pada tahun 1992, film kartun klasik Aladdin ternyata mengambil inspirasi untuk tokoh utamanya dari aktor paling populer masa itu: Tom Cruise. Kalau dilihat-lihat lagi emang mirip sih

2. Banyak juga karakter kartun yang akhirnya digambar sesuai dengan pengisi suaranya, seperti tokoh si Jin biru milik Aladdin ini. Alm. komedian Robin William-lah suara dan inspirasi di baliknya

3. Atau ada juga kasus dimana dibuat versi orangnya beneran, sebelum film kartun. Alhasil, pemeran aslinya jadi panutan seperti karakter Tinkerbell di Peterpan yang  terinspirasi dari aktris panggungnya Margaret Kerry

4. Kalau menurut catatan sejarah, Beauty and the Beast terinspirasi oleh pasangan yang beneran lho. Beast terinspirasi dari sosok ‘buruk rupa’ bernama Petrus yang hidup pada tahun 1537 – 1618

5. Siapa sih yang nggak kenal Ariel si putri duyung. Inspirasinya adalah bekas artis cilik, Alyssa Milano

6. Musuhnya, Ursula si penyihir laut yang jahat terinspirasi sosok bernama performer flamboyan bernamaDivine. Lihat aja nih kemiripannya

7. Kalau Edna Mode, kamu kepikiran nggak inspirasinya siapa? Seorang desainer yang namanya Edith Head

8. Kenal karakter monster ijo bernama Shrek ini bukan? Inspirasinya adalah seorang petinju bernama Maurice Tillet

9. Tokoh Pocahontas juga terinspirasi dari pengisi suaranya yang tak kalah cantiknya. Namanya Irene Bedard

10. Nah yang paling mencengangkan, tahu nggak inspirasi dari Vultures di film Jungle Book? Nggak nyangka ‘kan kalau inspirasinya dari The Beatles? Haha

Advertisement

Wah ternyata cukup mengejutkan ya inspirasi di balik tokoh-tokoh kartun yang selama ini kita kenal. Lebih mengejutkan lagi ternyata aktor terkenal seperti Tom Cruise dan Robin William tuh secara tidak langsung terabadikan lewat komik. Meski karakter Aladdin sebenarnya rada jauh sih latar belakangnya sama Tom Cruise, hehehe ya yang penting dua-duanya cakep. Sumber inspirasi dan kreativitas dari para animator itu hebat sekali ya….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya