Belum lama ini, jagat Instagram dihebohkan dengan video-video orang –kebanyakan cewek– yang lagi makan kapur dengan nikmatnya. Video itu dikenal dengan sebuatan ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response). Iya, itu, video yang fokus ke suara-suara biar yang mendengarkan puas, senang, atau mungkin lega. Kebanyakan video ASMR itu menayangkan orang lagi makan pakai mic, jadi tujuannya biar penonton ngiler gitu setelah mendengar kunyahannya. Nah, kali ini yang lagi populer suara orang makan kapur!

Waduh, memangnya kapur nggak beracun ya? Sebagaimana dilansir dari Brightside, katanya sih kapur itu bukan racun dan sebenarnya bisa-bisa aja dimakan manusia lo. Dan ternyata, selain kapur ada juga sederet benda absurd lain yang sangat mungkin dikonsumsi manusia. Padahal kita pasti nggak pernah membayangkan buat memakan benda-benda itu. Penasaran apa saja? Simak yuk ulasan Hipwee News & Feature kali ini~

1. Waktu SD, kamu mungkin pernah kepikiran buat mencicipi kapur. Meski nggak beracun karena terbentuk dari kalsium karbonat murni, kapur sama sekali tidak punya manfaat bagi kesehatan

Tidak beracun tapi juga tidak bermanfaat via www.mirror.co.uk

Advertisement

Iya, kapur itu bukan kayak racun tikus yang kalau dimakan manusia bisa bikin mati. Meski tergolong aman, tapi kapur nggak punya manfaat kesehatan apapun. Dan kalau menurut the U.S. National Library of Medicine, menelan kapur dalam jumlah besar bisa menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, mual, dan muntah, serta sesak nafas dan batuk.

2. Normalnya, cangkang telur itu selalu berakhir di tempat sampah. Tapi ternyata, kulit telur bisa direbus dan jadi suplemen kalsium lo

Cangkang telur bisa ditumbuk jadi bubuk penuh mineral via www.healthline.com

Selain bisa jadi pupuk tanaman, cangkang telur ternyata bisa dikonsumsi manusia. Tentu saja ada beberapa syarat yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya, seperti cangkang harus organik, terus harus direbus dan dipanggang dulu di suhu 200 derajat. Kulit telur ini katanya tinggi mineral, makanya bisa jadi suplemen kalsium. Tapi ada yang bilang kalau suplemen kalsium alami itu kemungkinan juga mengandung logam beracun seperti merkuri lo!

3. Gimana kalau sarang burung? Sarang yang terbuat dari air liur burung ini, ternyata bisa dimakan karena tinggi nutrisi

Sarang burung via nhkmart.com

Di Indonesia, mungkin kita sering menemukan makanan yang terbuat dari sarang burung walet. Biasanya sih dijadikan cemilan atau sup. Di Cina, olahan sarang burung walet juga banyak digemari. Soalnya jenis makanan ini katanya kaya akan protein, asam amino, dan punya sifat anti-inflamasi serta anti-oksidan lo. Karena cukup sulit buat mendapatkannya, harganya juga cenderung mahal, sekitar 2.000 dolar/kg!

Advertisement

Meski di sini cukup populer, tapi di luar negeri mengonsumsi sarang burung masih dianggap aneh dan nggak biasa.

4. Mungkin kamu pernah tahu ada kue yang dihiasi emas di atasnya. Ternyata itu bukan cuma hiasan doang lo, karena emas bisa dimakan beneran

Kue emas via cake-geek.com

Secara biologis, emas nggak bereaksi secara kimia dan terbukti bisa “lolos” dalam sistem pencernaan tanpa diserap usus. Makanya, banyak koki atau pembuat kue yang memakai emas buat jadi hiasan dalam hidangannya. Banyak lo yang jual emas 24 karat dalam bentuk lembaran atau serbuk. Tapi yang bisa dimakan cuma yang murni 24 karat lo ya. Soalnya yang kurang dari itu biasanya sudah ditambah bahan-bahan kimia, dan malah jadi bahaya.

5. Kata siapa kulit pohon itu nggak bisa dimakan? Memang kamu pikir cinnamon itu bukan dari kulit pohon??

Setiap pergi ke cafe atau restoran, kita mungkin sering memesan menu yang ada cinnamonnya. Tapi tahukah kamu kalau cinnamon itu berasal dari kulit pohon bagian luar? Dan ternyata, bagian dalam kulit pohon ini juga bisa diolah menjadi tepung dan dimasak jadi pasta lo! Menurut penelitian nih, kulit dalamnya –atau yang disebut kambium– ini bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan imun.

6. Bagian tubuh ayam yang sering luput dari incaran orang adalah jenggernya. Tahu nggak kalau jengger ayam ini ternyata rasanya lezat~

Jengger ayam via www.eatmedaily.com

Jengger atau mahkota yang biasa ada di kepala ayam, ternyata sering jadi hidangan di Cina, Perancis, atau Jepang. Kalau di Jepang, jengger kerap diolah jadi yakitori, dibuat burger atau sashimi, atau malah cuma dibumbui garam lada dan dipanggang. Katanya sih rasanya lezat, nggak kalah sama bagian tubuh lainnya. Jengger juga kerap digunakan dalam obat suntik untuk mengatasi osteoarthritis lutut.

7. Megang kaktus saja ogah, apalagi buat memakannya? Durinya itu lo kan tajam-tajam…

Kaktus nopales via www.gesundheitslounge.de

Makan kaktus mungkin jarang terpikirkan oleh orang normal. Buat megang saja takut, apalagi memakannya? Tapi ternyata ada lo varietas kaktus yang aman buat dimakan, salah satunya kaktus nopales. Kaktus jenis ini rasanya mirip mentimun, ia juga kaya antioksidan dan flavonoid. Kaktus nopales populer di negara Amerika Latin seperti Meksiko. Kalau di sana biasa diolah jadi salad.

8. Waktu kecil, kamu mungkin sering berburu bunga dandelion buat ditiup-tiup gitu. Ternyata eh ternyata, bunga ini bisa dimakan dan kaya nutrisi lo

Bisa dibikin salad via www.rbth.com

Dandelion disebut bunga kaya nutrisi karena mengandung vitamin C, A, dan K. Ia juga kaya antioksidan serta bisa jadi sumber potasium dan zat besi. Dalam banyak budaya, bunga dandelion bahkan dipakai jadi obat radang lo. Tapi kalau mau bisa dikonsumsi, bunga dandelion harus dibiarkan tumbuh secara organik.

9. Makan tanah mungkin nggak pernah terpikirkan di benak manusia normal, kalau suatu saat makanan di bumi benar-benar musnah. Nyatanya, tanah dianggap aman buat dikonsumsi!

Makan tanah via www.weirdasianews.com

Makan tanah memang terbilang aman, tapi dengan catatan tanahnya harus 100% organik dan belum diolah memakai bahan kimia apapun! Sekalipun bisa dimakan, tapi siapa sih yang mau makan tanah di depan rumah? Selain ada kemungkinan tercemar bahan kimia, kan tanah-tanah di sekeliling kita juga pasti banyak mengandung parasit atau kuman berbahaya. Lagian, nasi kan masih enak~

10. Kalau tanah bisa dimakan, berarti tanah liat juga dong? Memang benar, orang-orang Timur Tengah dan Afrika yang kekurangan zat besi, banyak yang makan tanah liat lo

Tanah liat via blog.paleohacks.com

Selama ini kita mungkin tahunya tanah liat cuma bisa dibentuk jadi perabot rumah tangga. Padahal di Timur Tengah dan Afrika, orang biasa makan tanah liat buat memenuhi zat besi dalam tubuhnya! Tanah liat katanya bisa membuang racun dari usus. Tapi, tanah liat yang aman dikonsumsi bukan yang sembarangan lo ya, harus yang lolos uji food grade.

Ya, meskipun benda-benda di atas ternyata bisa dimakan, tapi kok ya rasanya tetap nggak nafsu buat mencoba ya… Soalnya masih banyak makanan enak sih hehe. Kalau kamu gimana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya