Sebagai negara yang dikenal tertutup dan misterius, nggak banyak yang tahu gimana seluk-beluk kehidupan masyarakat di Korea Utara. Belakangan ini, mungkin mereka sudah mulai lebih terbuka sedikit demi sedikit, bisa dilihat dari Kim Jong Un yang bersedia mengadakan pertemuan dengan beberapa pemimpin negara. Bahkan sekarang Kim Jong Un dilaporkan sedang berada di Vietnam untuk bertemu kembali dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Wisatawan asing juga mulai banyak yang berkunjung ke sana.

Walau begitu, rasanya tetap ada aja sesuatu yang ditutupi sama negara diktator ini. Bisa jadi yang selama ini kita lihat di internet, pada kenyataannya nggak seperti itu lo. Seperti potret lingkungan sekolah di Korea Utara, ternyata “pemandangan”nya jauh berbeda dengan sekolah-sekolah yang mungkin kita kenal pada umumnya. Sejak kecil mereka sudah dilatih buat berperang. Bahkan di sebuah sekolah, ada pelajaran menembak dan meledakkan granat juga masa…

1. Sebuah sekolah di Korea Utara, Mangyongdae Revolutionary School, menjadi sorotan karena murid-muridnya sejak kecil sudah diperkenalkan dengan alat-alat perang

Seragamnya aja udah ala-ala militer gitu ya via www.straitstimes.com

2. Dilansir dari Strait Times, sekolah ini dibangun oleh Kim Il Sung untuk mendidik anak-anak yatim piatu yang orangtuanya meninggal dalam perang dengan Jepang dulu

Sekarang sekolah ini jadi sekolah favorit di Korut lo via www.ndtv.com

3. Dalam sehari, para siswa belajar 6 mata pelajaran dengan masing-masing durasi 45 menit. Setengah dari kurikulum membahas politik dan ideologi, seperempatnya pelajaran militer, dan sisanya yang bersifat akademik

Mereka juga belajar teknologi via www.hindustantimes.com

4. Buat masuk ke sekolah ini, syarat minimalnya calon siswa harus yatim atau piatu –atau cuma punya 1 ortu. Syarat lain, ia dan keluarga harus berjanji akan setia pada negara, seperti dikutip Hindustan Times

Benar-benar udah didoktrin sejak kecil via www.instagram.com

5. Di siang hari, mereka diharuskan berlatih fisik. Olahraganya pun macam-macam, ada fitness, ada juga taekwondo

Para siswa sedang berlatih fisik via www.hindustantimes.com

6. Seragam ala militer ini katanya didesain langsung oleh Kang Pan Sok, ibu dari Kim Il Sung. Garis merah pada celananya melambangkan pengabdian kepada penyebab revolusi

Seragamnya punya arti sendiri via www.ndtv.com

7. Di sekolah Mangyongdae, ada kelas-kelas yang isinya senjata lengkap, tank, dan peledak granat. Mereka akan belajar cara menembak sebagai bagian dari kurikulum

Para siswa sedang belajar menembak via www.hindustantimes.com

8. Sebenarnya nggak semua sekolah menerapkan pelajaran militer seperti di Mangyongdae ini. Tapi kalau soal doktrinasi, sepertinya sama sih ya~

Ruangan khusus belajar menembak via www.straitstimes.com

9. Ada juga ruangan yang berisi simulator untuk belajar mengemudikan kendaraan militer, mungkin kayak tank atau truk-truk besar gitu ya?

Ada simulator kendaraan militer via www.themalaysianinsight.com

10. Jadi ketika lulus, diharapkan mereka bisa mengemudikan kendaraan-kendaraan yang biasa dipakai buat perang

Apakah kalian tertarik mencoba? via www.hindustantimes.com

11. Lulusan Mangyongdae ini sudah pasti akan jadi tentara militer Korut, yang siap mengabdi penuh pada negara. Tentu saja harus siap berperang kapanpun dibutuhkan

Berasa main di timezone nggak sih… via www.japantimes.co.jp

12. Nggak kaget kalau murid-murid ceweknya juga dibikin akrab sama senjata gini sejak kecil

Sudah akrab dengan senjata sejak kecil via www.instagram.com

13. Jiwa brutal mereka nggak hanya dibentuk dari fasilitas-fasilitas yang disediakan sekolah, tapi juga poster-poster yang ditempel di sepanjang koridor gini

Poster ini menggambarkan saat tentara Amerika Serikat dibunuh oleh serdadu Korut pakai tongkat panjang via www.hindustantimes.com

Advertisement

Bahkan katanya, buku-buku pelajaran mereka juga penuh dengan kalimat-kalimat ambisius, doktrinasi, dan komunisme lo. Intinya ya mereka diarahkan buat tunduk dan patuh sama pemimpin gitu deh…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya