Sebagai generasi millennial, password adalah komponen penting untuk berselancar di dunia maya. Memiliki akun dan akses ke berbagai media sosial hingga surat elektronik, nggak mungkin lepas dari yang namanya password. Tidak ada yang bisa bertanggungjawab kalau tiba-tiba akunmu disalahgunakan, dari yang hanya fitnah dan mengunggah hal tak pantas, sampai dipakai buat kriminalitas. Tak ayal, password pun menjelma jadi layaknya pin brankas yang nggak boleh bocor. Jika tidak, reputasi dan keamananmu dalam berkomunikasi bisa diacak-acak.

Sayangnya saking malasnya mikir, atau bahkan saking nggak kreatifnya, ada saja orang yang tetap memilih password yang mudah ditebak. Misalnya, password dengan urutan angka dan huruf adalah password yang paling banyak terpakai bahkan selama 7 tahun belakangan nggak berubah lho. Hmmm… kira-kira kamu termasuk orang yang pernah memakainya nggak? Melansir dari Vice dan Splash Data, yuk kita bahas soal peliknya masalah password orang-orang di dunia. Sudah dirangkum rapih oleh Hipwee News & Feature lho!

Survei yang diadakan Splash Data, password 123456 tetap jadi primadona dalam 7 tahun berturut-turut tanpa terinterupsi

Luangkan sedikit waktu buat memikirkan password via digitaltrends.com

Advertisement

Splash Data mengadakan survei terhadap jutaan akun yang passwordnya bocor dan dilupakan oleh penggunanya. Berdasarkan data tersebutlah perusahaan keamanan IT ini merilis data password yang paling banyak dipakai setiap tahunnya. Selama 7 tahun berturut-turt 123456 jadi yang paling banyak dipakai, dan otomatis password ini juga jadi password terburuk. Makin banyak dipakai, suatu password makin lemah dan dapat dengan mudah dibobol. Siapa nih yang pernah pakai pasword ini? Ganti dong!

Hacker sekarang makin canggih. Kalau nggak disiasati dengan cerdas, bisa-bisa kamu jadi korban. Buatlah password yang sulit ditebak

Hmmm… ide bagus via www.howtogeek.com

Semakin canggihnya hacker membuka lebar peluang mereka buat memanfaatkan data pribadimu. Para aktor malicious punya segudang cara untuk melacak passwormu. Makin lemah password, maka makin mudah mereka melacaknya. Sayangnya pengukur kekuatan password yang ada di website-website penyedia layanan saat kamu mendaftarkan akun nggak semuanya akurat. Mereka hanya mendeteksi kombinasi angka dan huruf serta variasinya. Sehingga password “password” atau “passw0rd” dengan mengganti o jadi angka nol bisa jadi dianggap password yang kuat. Padahal kedua kata itu masuk sepuluh besar password yang sering dipakai lho!

Gunakan sistem 2FA (two factor authentication) yang mengonfirmasi passwordmu melalui lebih dari satu gawai

Dobel verifikasi via news.mit.edu

Jika ingin lebih aman, ada baiknya pakai 2FA. Sistem ini sudah mulai diterapkan oleh Google, adapun di website lain, coba lah buat mengutak-atik pengaturan keamanannya sehingga kamu bisa pakai layanan ini. Mungkin akhir-akhir kamu menjumpai ketika login atau masuk ke akun emailmu lewat komputer atau posel lain, kamu akan dapat notifikasi yang memastikan apakah benar kamu baru saja login melalui suatu device ataukah orang lain yang melakukannya. Hal ini bisa mencegah penyalahgunaan akunmu. Tapi jika sistem 2FA yang dipakai masih memanfaatkan kode yang dikirim melalui SMS, 2FA tersebut masih bisa dibilang kurang aman. Karena nomor ponsel sangat mudah berpindah dari pemiliknya. Hmmm… hati-hati guys.

Pokoknya, jangan pakai kata sandi atau password yang pasaran atau paling banyak dipakai orang. Jangan juga pakai password yang sama untuk semua akun medsos-mu!

Oke, pikirkan password lain via imgur.com

Advertisement

Password “starwars” termasuk password yang pasaran lho tahun ini. Mungkin kamu nggak menyangkanya, tapi saking banyaknya fans film bergenre sci-fi tersebut, banyak pula yang akhirnya menjadikannya password. Intinya, tahun depan kamu harus belajar bikin password kreatif, bukan password yang mudah ditebak dan paling banyak dipakai orang. Apalagi jika kamu menyamakan password di semua akunmu, lebih bahaya! Satu pintu terbuka, terbuka juga pintu lainnya. Satu akun kebobolan, hilang semua akun-akun lainnya.

Nah buat pencerahan, berikut ini adalah urutan password paling populer sepanjang 2017. Tahun depan jangan dipakai ya.

  1. 123456
  2. Password
  3. 12345678
  4. qwerty
  5. 12345
  6. 123456789
  7. letmein
  8. 1234567
  9. football
  10. iloveyou
  11. admin
  12. welcome
  13. monkey
  14. login
  15. abc123
  16. starwars
  17. 123123
  18. dragon
  19. passw0rd
  20. master
  21. hello
  22. freedom
  23. whatever
  24. qazwsx
  25. trustno1

Sekarang kamu sudah mengetahui daftar passwordnya dan bagaimana sistem keamanannya agar tak lemah ‘kan? Jangan remehkan akun-akunmu di dunia maya lho karena kerugiannya bisa kebawa sampai ke dunia nyata. Selamat berselancar!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya