3 Cara Sederhana Tapi Penuh Makna untuk Rayakan Hari Ibu, Yuk Coba

Cara-cara ini bisa dilakukan siapa saja, dan nggak harus dalam peringatan Hari Ibu saja

Diperingati untuk menjaga semangat kebangkitan wanita secara ter organisir dan bergerak sejajar dengan kaum pria, peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember selalu spesial dan sentimental. 

Pada peringatan sekaligus perayaan terhadap peran ibu dalam keluarga maupun lingkungan sosial ini, kita semua yang dilahirkan dari rahim ibu tentu ingin melakukan hal spesial. Betul, kan?

Nggak usah bingung menentukan hal spesial apa yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi peran ibu, karena 3 cara sederhana tetapi penuh makna ini bisa kamu semua lakukan. Apa saja? Simak!

1. Dedikasikan seluruh waktu dalam sehari untuk bersama ibu

Ilustrasi menghabiskan waktu bersama ibu | Photo by iammotos from iStockphoto

Peringatan Hari Ibu merupakan salah satu momen terbaik untuk menepi dari semua kesibukan. Lupakan sejenak soal pekerjaan, dan dedikasikan seluruh waktumu untuk bersama ibu. 

Cara paling sederhana untuk merayakan Hari Ibu ini punya makna yang nggak bisa diukur secara pasti, karena melibatkan perasaan dan bentuk perhatian seorang anak yang sudah dewasa.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu bersama ibu. Mulai dari melakukan kegiatan yang beliau inginkan seperti jalan-jalan atau bahkan sekadar berbagi keseharian. 

2. Mengambil alih tugas ibu di rumah agar beliau bisa beristirahat

Ilustrasi mengambil alih tugas sehari-hari ibu di rumah | Photo by Kiwis from iStockphoto

Sebagaimana tujuan diperingatinya Hari Ibu, yaitu mengapresiasi peran para ibu dalam keluarga dan lingkungan sosial, memberikan ibu waktu untuk beristirahat adalah cara sederhana tetapi penuh makna yang bisa kamu lakukan. 

Berikan ibu waktu beristirahat barang sehari dari ruwetnya tanggung jawab rumah tangga, dan ambil alih tugas-tugas yang biasanya menjadi tanggung jawab beliau di rumah selama seharian. 

Selain akan memberi ibu waktu untuk beristirahat, dengan ini kamu juga sekaligus akan belajar memahami posisi seorang ibu. Lebih jauh, kamu bisa lebih menghargai, mengasihi dan memperhatikan beliau.   

3. Memberikan hadiah spesial untuk ibu

Ilustrasi memberi hadiah untuk ibu | Photo by twinsterphoto from iStockphoto

Melengkapi dua cara di atas, menyiapkan hadiah spesial bisa kamu pertimbangkan untuk membuat peringatan Hari Ibu menjadi lebih berkesan. Ada banyak pilihan hadiah yang bisa kamu berikan kepada ibu. 

Namun, dalam menyiapkan hadiah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah memberikan sesuatu yang dibutuhkan sang ibu. Hal ini penting agar hadiah yang kamu berikan nggak jadi semacam simbol belaka. 

Nah, salah satu pilihan hadiah yang nggak mungkin salah untuk ibu adalah emas. Eits, jangan keder duluan karena berpikir harus punya uang yang cukup banyak untuk jenis hadiah satu ini, karena ada BSI Cicil Emas dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang bisa kamu jadikan pilihan. 

Dengan BSI Cicil Emas, kamu bisa menghadiahkan emas kepada ibu dengan pembayaran secara angsuran selama jangka waktu yang diinginkan, paling singkat dua tahun dan paling lama lima tahun, dengan uang muka minimal 20 persen dari harga perolehan emas. 

Menariknya lagi, BSI Cicil Emas ini menggunakan akad murabahah atau di bawah tangan, dan akad rahn atau gadai untuk pengikatan agunan, yang mana sesuai dengan syariat Islam.

Selain bisa menghadiahkan emas kepada ibu dengan hanya menyisihkan dana sebesar Rp4.000 per hari saja, keunggulan lain BSI Cicil Emas adalah aman karena emas yang kamu beli diasuransikan serta dikelola oleh profesional, dan dapat diuangkan dengan cara digadaikan jika ada kebutuhan mendesak.  

Bagaimana, nggak ada alasan untuk ragu menghadiahkan emas kepada ibu di hari yang spesial ini, kan? Apalagi sampai tanggal 31 Desember 2022 ini BSI sedang ada Program Hujan Emas, di mana dengan melakukan dan meningkatkan transaksi Gadai Emas dan Cicil Emas, kamu bisa mengumpulkan poin untuk memenangkan berbagai hadiah mulai dari logam mulia seberat 5 gram, smartphone, motor hingga mobil, loh.  

Informasi lebih lengkap mengenai Program Hujan Emas ini bisa kamu akses di sini. Sementara informasi lebih lanjut mengenai BSI Cicil Emas, termasuk untuk persyaratan dan cara pengajuannya, bisa kamu akses di sini

Itu dia 3 cara sederhana tetapi penuh makna yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Ibu. Selain penuh makna, cara-cara di atas juga punya nilai keseimbangan yang penting untukmu, loh.

Melalui cara-cara di atas, secara nggak langsung kamu juga tengah mengupayakan work-life balance, melihat dan menjalani kehidupan dari sudut pandang seorang ibu, serta memproteksi kekayaan lewat hadiah yang berkesan. 

Nah, buat kamu yang ingin mencapai lebih banyak keseimbangan dalam hidup ini, yuk follow Instagram @guegensy karena di sana ada banyak informasi menarik mengenai keseimbangan untuk seluruh lini kehidupan.  

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor