Fakta-Fakta Menarik di Balik Lagu “Bunda”, Lagu Kebangsaan di Hari Ibu. Udah Tahu Belum nih?

Fakta lagu Bunda

Siapa yang nggak tahu lagu “Bunda”? Lagu karya Melly Goeslaw ini sudah seperti lagu kebangsaan di Hari Ibu lo. Rasanya momentum Hari Ibu seolah kurang afdal tanpa lagu “Bunda”. Bukan sekadar nyanyian, ternyata lagu “Bunda” menyimpan banyak fakta menarik lo.

Advertisement

Rasa haru yang timbul saat mendengar lantunan lagu Bunda, bisa jadi dipengaruhi oleh penjiwaan Melly yang baik saat menyanyikannya. Lagu dengan lirik sederhana ini memang punya tempat istimewa di lubuk hatinya. Melly mengakui ada sejumlah fakta di balik lagu yang melambungkan namanya ini. Kira-kira apa saja faktanya? Simak di bawah ini.

1. Sesuai judul lagunya, Melly tulis lirik lagu “Bunda” untuk mengenang sang ibu. Dalam perjalanan kariernya, ibu menjadi sosok paling penting. Tanpa peran ibunya, Melly Goeslaw nggak akan jadi penyanyi

Sosok ibu berperan penting dalam kehidupan Melly Goeslaw | Photo by Daria Obymaha via www.pexels.com

Lagu Bunda memang dibuat khusus oleh Melly untuk sang ibu. Sambil mengenang sosok sang ibu, Melly menulis lirik lagu Bunda pada tahun 1996; mengingat usaha keras sang ibu saat menyakinkan Melly bahwa ia punya bakat seni.

Secara diam-diam, sang ibu sering mendaftarkan Melly ke perlombaan nyanyi. Padahal Melly merasa nggak berbakat, tapi ibunya berpikir sebaliknya. Ternyata keyakinan ibunya benar, Melly menang lomba nyanyi saat itu. Kalau dipikir-pikir, Melly nggak akan seperti sekarang kalau ibunya nggak bersikeras tentang bakat tersembunyi Melly.

Advertisement

2. Nggak hanya gambarkan tentang sang ibu, lagu “Bunda” simpan keresahan Melly  saat masih muda. Apa, ya?

Sekarang Melly memang dikenal sebagai musisi senior di Indonesia. Namun siapa sangka, Melly sempat nggak yakin jadi penyanyi. Meskipun mempunyai darah seniman dari sang ayah, kehidupan Melly saat masih kecil sangat jauh dari musik. Padahal saat itu, Melly belum menyadari bakat besar dalam dirinya. Nggak hanya menyanyi, nyatanya Melly piawai membuat lirik lagu.

3. Di luar ekspektasi, lagu “Bunda” sukses di pasaran. Bahkan hingga kini, lagu ini masih lekat di hati banyak orang. Ketika menggambarkan sosok ibu lewat lagu, nggak ada lagu yang tepat selain lagu “Bunda”

Predikat nggak lekang waktu seperti patut disematkan pada lagu “Bunda”. Sejak perilisannya tahun 1996 silam, lagu ini masih enak didengarkan. Bahkan anak muda dari masa ke masa pasti tahu tahu monumental karya Melly ini. Kesuksesan lagu “Bunda” ternyata nggak disangka oleh Melly.

Advertisement

Nggak sampai di situ, lagu “Bunda” masuk ulasan majalah Rolling Stone Indonesia tahun 2009. Lagu tersebut masuk daftar 150 lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa. Dalam daftar itu lagu “Bunda” tempati urutan 110. Sewajarnya lagu itu masuk dalam daftar. Lagu itu seolah punya daya magis yang membuat siapa pun terperenyak; tiba-tiba mengingat sosok ibu.

4. Pertama kali dengar lagu “Bunda”, ibu Melly langsung berderai air mata. Ia nggak sanggup sembunyikan rasa haru

Setelah album dirilis, ibu Melly segera mendengarnya. Ia tertarik dengan lagu “Bunda”. Sang ibu berpikir lagu itu untuknya. Saat mendengar lagu “Bunda”, tangisan ibunya langsung pecah. Rasa haru melingkupi hatinya.

5. Nggak banyak orang tahu, sebenarnya lagu “Bunda” karya band Potret. Mulanya Melly membawakan lagu itu bersama band Potret sebelum mereka bubar

Sebelum dinyanyikan oleh Melly Goeslaw, lagu “Bunda” dibawakan dalam format band. | Photo by David Yu via www.pexels.com

Kala menulis lagu “Bunda”, Melly Goeslaw masih bagian dari band Potret. Bahkan lagu “Bunda” masuk ke album Potret. Banyak orang mengira lagu itu karya Melly sebagai solois. Faktanya, Melly masih bisa menyanyikan lagu itu meski Potret telah bubar.

Makanya nggak mengherankan bila Melly masih sering tampil dengan lagu ini. Dari dulu sampai sekarang, lagu “Bunda” selalu mampu membuatnya bergetar. Ia mengaku senang, pernah menulis lagu “Bunda”. Setelah sang ibu  berpulang, ia bisa mengenangnya melalui lagu itu.

Memang sebuah mahakarya yang bisa menyentuh sampai ke lubuk hati paling dalam, ya. Selamat Hari Ibu!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE