4 Aktivitas yang Selalu Dirindukan dari Bulan Ramadan

Aktivitas-aktivitas ini dapat menciptakan keseimbangan hidup

Benar adanya bahwa bulan Ramadan itu istimewa, sehingga wajar jika semua umat Muslim sangat menantikan dan selalu merindukan kehadirannya. Nah, dari sekian banyak alasan, berbagai kegiatan pengisi bulan Ramadan jadi salah satu alasan yang membuatnya dirindukan.

Bukan tanpa sebab. Berbagai kegiatan di bulan Ramadan sangat dirindukan karena sekaligus dapat menciptakan keseimbangan hidup antara diri sendiri dan orang lain, hari ini dan hari akhir, seperti 4 kegiatan berikut ini. 

1. Salat taraweh berjamaah

Salat taraweh

Ilustrasi salat taraweh berjamaah | Photo by Hasim from iStockphoto

Salat taraweh berjamaah adalah ibadah yang hanya bisa kita jalankan selama bulan Ramadan. Namun, bukan itu satu-satunya hal yang menjadikannya spesial hingga sangat dirindukan. Hal paling penting yang menjadikan salat taraweh berjamaah dirindukan adalah keutamaannya.

Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, “barangsiapa yang salat malam di bulan Ramadan karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari no. 37 dan dan Muslim no. 759).

Selain bisa meraih keutamaan salatnya, taraweh berjamaah sekaligus jadi momentum mempererat silaturahmi dengan kerabat, teman atau sesama umat Muslim secara umum. Ini karena masjid di bulan Ramadan nyaris selalu ramai oleh berbagai kegiatan seperti salah satunya “Gema Ramadhan: Gebyar Masjid Ramadhan BSI 1443H”.

Dihadirkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) di 10 kota besar Indonesia untuk menyemarakkan Ramadan, kegiatan Gema Ramadhan ini akan menyuguhkan banyak keseruan mulai dari Bazaar UMKM, Kajian Islami, Berbagi Takjil, berbagai lomba, dan info serta promo produk keuangan syariah dari BSI. 

Adapun 10 kota besar Indonesia yang kedatangan Gema Ramadhan adalah Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Banjarmasin dan Makassar, dengan total 18 masjid. Nah, buat kamu yang tertarik datang menikmati keseruan kegiatan ini, informasi lebih lengkap dan daftar masjid yang berpartisipasi bisa diakses di sini

Dengan hadirnya berbagai kegiatan di masjid selama bulan Ramadan, salat wajib dan salat taraweh berjamaah yang kita lakukan bisa jadi ladang pahala sekaligus momen pemenuhan kebutuhan sosial kita. 

2. Ikut pesantren kilat

Pesantren kilat

Ilustrasi pesantren kilat | Photo by Pok Rie from Pexels

Selain salat taraweh, aktivitas lain yang identik dengan Ramadan dan juga dirindukan adalah pesantren kilat. Yup, kegiatan keagamaan ini menarik setidaknya karena dua hal. Pertama karena bisa jadi alasan untuk bertemu teman-teman, kedua karena kita akan mendapat ilmu agama. 

Dengan kata lain, melalui pesantren kilat di bulan Ramadan kita pun bisa meraih keseimbangan hidup, karena kita nggak hanya akan bertemu teman-teman, tetapi juga bisa mendalami pengetahuan tentang agama seperti baca Al Qur’an, praktek shalat Idul Fitri, hingga menikmati hiburan bertemakan islam.

Nggak seperti pendidikan agama di sekolah-sekolah, di pesantren kilat materi tentang agama dibawakan dengan cara-cara yang menyenangkan karena tujuannya lebih kepada memantapkan pemahaman tentang ajaran agama yang telah didapat di rumah maupun sekolah.

3. Keliling kompleks bangunin orang-orang untuk sahur

Membangunkan orang sahur

Ilustrasi keliling bangunin orang-orang sahur | Photo by Muhammad Ramadhana, CC BY-SA 4.0 via Wikimedia Commons

Hanya di bulan Ramadan kita bisa beramai-ramai keliling kompleks pada dini hari dengan tujuan membangunkan orang sahur. Keseruan saat berbagi manfaat kepada orang-orang yang hendak sahur ini jadi salah satu alasan yang cukup mengapa bulan Ramadan dirindukan. 

Aktivitas yang mengharuskan kita terjaga lebih dulu dibanding orang lain ini juga bisa jadi momentum untuk lebih banyak melakukan ibadah di bulan Ramadan, loh. Seperti sebelum keliling kompleks kita bisa salat witir, setelah sahur bisa ikut salat subuh berjamaah. 

4. Jalan-jalan sore cari takjil

Takjil

Ilustrasi takjil buka puasa | Photo by MielPhotos2008 from iStockphoto

Waktu menjelang magrib di bulan Ramadan terasa begitu spesial dibanding bulan-bulan lainnya, karena artinya berbuka puasa tinggal sebentar lagi. Namun, spesialnya waktu menjelang magrib bukan hanya karena itu, tetapi juga karena ramainya para pedagang takjil dengan menu-menu khas Ramadan. 

Keluar rumah di waktu menjelang maghrib pun selalu bisa jadi alternatif nunggu bedug selain rebahan. Nggak hanya bisa menenteng pulang takjil incaran, pada waktu ini kita juga bisa sekalian melakukan kebaikan kecil kepada sesama dengan cara berbagi takjil.  

Nah, menariknya, aktivitas berbagi takjil yang sudah membudaya hingga saat ini, nggak hanya bisa kamu lakukan secara langsung dengan cara keluar rumah dan nyamperin orang-orang yang hendak diberikan takjil, loh. 

Pada Ramadan kali ini berbagi kebaikan kepada sesama melalui takjil maupun makanan sahur bisa kamu lakukan dari rumah menggunakan smartphone melalui aplikasi BSI Mobile milik Bank Syariah Indonesia (BSI).

Yup, buat kamu sobat Gen-Sy (Generasi Syariah), sekarang bisa dengan mudah berbagi makanan untuk orang yang berpuasa melalui fitur ‘Berbagi Berbuka dan Sahur’. Kamu hanya perlu buka aplikasi tersebut di smartphone, kemudian pilih menu Bayar dan masuk ke menu Berbagi – Ziswaf, lalu pilih fitur Berbagi Berbuka dan Sahur.

Selain lewat fitur ‘Berbagi Berbuka dan Sahur’ di aplikasi BSI Mobile, kamu juga bisa berbagi makanan untuk orang yang berpuasa dengan berdonasi mulai dari Rp5 ribu melalui rekening Bank Syariah Indonesia 14040 a.n Yayasan BSMU – Ziswaf, atau melalui scan QRIS dan platform JadiBerkah.id.

Setiap donasi yang disalurkan nantinya akan digunakan untuk menyediakan paket berbuka dan sahur senilai Rp50.000, dengan sasaran masjid, pondok pesantren, panti asuhan, panti jompo, pengendara ojek, dan masyarakat dhuafa di wilayah Jabodetabek dan luar Jabodetabek.

Nah, itu dia 4 aktivitas Ramadan yang selalu dirindukan karena sekaligus dapat menciptakan keseimbangan hidup antara diri sendiri dan orang lain, hari ini dan hari akhir. Ngomong-ngomong, dari 4 aktivitas di atas mana yang paling kamu rindukan?

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor