Setelah beberapa saat lalu Elon Musk mengirimkan mobil pertama ke luar angkasa, kini internet 4G bakal dikirim ke bulan! Boleh percaya atau tidak, tapi perusahan penjelajah luar angkasa Jerman yaitu PTScientist sedang mengerjakan proyek raksasa pengadaan koneksi internet 4G di bulan. PTScientist menggandeng nama-nama besar seperti Vodafone dan Nokia untuk membangun jaringan dan infrastuktur yang dibutuhkan dari bumi sampai bulan! Kalau sudah selesai, proyek ini bahkan disebut-sebut akan jadi salah satu terobosan penting dalam dunia keilmuwan.

Terus kayak gimana ya caranya Vodafone dan Nokia bakal kirim internet 4G ke bulan? Buat apa juga ya bulan yang tidak berpenghuni itu perlu dipasangi internet? Padahal masih banyak orang yang belum bisa menikmati internet di bumi ūüôĀ Buat yang penasaran, yuk simak ulasan Hipwee News & Feature ini!

Proyek bersejarah ini dirancang masih dalam rangka melihat potensi bulan sebagai hunian manusia. Internet dibutuhkan supaya kendaraan penjelajah buatan Audi ini bisa beroperasi

Penjelajah bulan yang dikirim dalam misi ini via www.telegraph.co.uk

Advertisement

Zaman dulu misi ke bulan itu sepenuhnya merupakan kewenangan negara. Beberapa tahun belakangan ini aja pihak swasta atau individu diperbolehkan mengembangkan proyek luar angkasanya sendiri. Ditambah dengan munculnya tokoh-tokoh kaya nan nyentrik semacam Elon Musk, kini perlombaan ke luar angkasa jadi semakin ramai. Termasuk perusahaan eksplorasi luar angkasa asal Jerman ini.

Untuk berjalan-jalan dan menjelajahi bulan, PTScientist bekerjasama dengan perusahaan otomotif Audi yang memang telah mengembangkan kendaraan khusus untuk misi bulan. Nah kendaraan penjelajah inilah yang bakal membutuhkan internet.

Ketimbang radio analog yang banyak dipakai, jaringan komunikasi nirkabel LTE berbasis internet diyakini bakal lebih hemat energi. Jadi akan lebih banyak data ilmu pengetahuan yang bisa dikirim

bisa streaming via www.digit.in

¬†‚ÄúLTE lebih hemat listrik dan energi yang digunakan untuk mengirimkan data, sehingga bisa lakukan lebih banyak untuk ilmu pengetahuan,‚ÄĚ ‚Äď ujar¬†CEO of PTScientists,¬†Robert B√∂hme, dilansir dari The Telegraph

Advertisement

Jaringan internet 4G dipilih ketimbang radio analog karena dianggap lebih efisien dan hemat energi. Nggak cuma itu, komunikasi dari internet 4G bisa mentransfer data dalam kapasitas besar. Kebayang dong kayak apa mudahnya warga dunia bisa tahu seperti apa kondisi bulan lewat misi penjelajahan ini dengan jaringan 4G.

Yang lebih keren lagi, jaringan internet 4G juga bakal memungkinkan transmisi streaming berkualitas HD langsung dari bulan!

Bisa streaming atau video call-an sama astronot kali ya~ via www.foxnews.com

‚ÄúProyek ini melibatkan pendekatan invatif yang radikal terhadap pengembangan infrastruktur jaringan mobile,‚ÄĚ jelas CEO of Vodafone Jerman,¬†Dr Hannes Ametsreiter, dikutip dari CNN Indonesia¬†

Asalkan ada internet, semuanya bisa saling terhubung. Kebayang nggak kalau koneksinya bisa sampai bulan?! Proyek pembangunan infrastruktur dan jaringan internet 4G di bulan ini memang tampaknya ingin ‚Äėmendekatkan‚Äô dan menghubungkan bulan dengan penghuni bumi. Bahkan kalau internet 4G benar-benar bisa berfungsi di sana, mereka sih yakin kita bakal bisa menikmati¬†streaming¬†HD dari bulan!

Perangkat jaringan akan mulai diberangkatkan pada tahun 2019 nanti. Yah kita doakan aja semoga proyeknya sukses ya!

Lagi-lagi bakal dititipin di roketnya Elon Musk via techthelead.com

Jalur komunikasi yang dibuat dari Vodafone dan Nokia ini akan menghasilkan jaringan 4G yang dipakai sebagai penghubung antara mobil penjelajah dari Audi dengan base station Vodafone. Nokia sendiri akan menghadirkan perangkat jaringan khusus luar angkasa yang beratnya sangat ringan nggak lebih dari 1 kg. Rencananya, perangkat jaringan berupa tiang BTS ini akan dikirimkan ke bulan pada 2019 menggunakan roket milik SpaceX. Kemungkinan besar peluncuran tiang ini dilakukan di Cape Canaveral Air Force Station di Florida, Amerika Serikat.

Misi penjelajahan ini nggak cuma penting bagi ilmu pengetahuan sementara, tapi juga untuk mengetahui kelanjutan penelitian tentang bulan dengan adanya jaringan 4G. Komunikasi di bumi dengan para astronaut atau robot canggih yang dikirimkan nanti dapat memanfaatkan jaringan 4G secara maksimal. Tak hanya gambar dan video yang semakin jelas mengetahui seperti apa kondisi bulan, tapi juga siapa tahu menemukan area tempat tinggal untuk manusia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya