Tetap Chill, Melakukan 4 Kebaikan Kecil ini Selama Ramadan Bisa Jadi Ladang Pahala

Kebaikan kecil ini dapat melengkapi ibadah wajib agar pada Idul Fitri nanti kita kembali suci

Bulan Ramadan adalah momentum yang berharga bagi seluruh umat Muslim. Bulan kesembilan dalam kalender Islam ini menjadi kesempatan bagi umat Muslim mengupayakan penyucian diri dan peace of mind over everything, melalui puasa dan juga amalan-amalan kebaikan yang akan dibalas dengan pahala oleh Allah SWT. 

Pahala yang dijanjikan Allah SWT di bulan Ramadan ini nyatanya bisa didapat mulai dari melakukan kebaikan-kebaikan kecil, yang mungkin sempat luput kita kerjakan karena keasikan chill sama hidup. Nah, oleh karena itu, yuk, coba lakukan 4 kebaikan kecil ini mulai dari sekarang, untuk melengkapi ibadah wajib di bulan Ramadan agar pada Idul Fitri nanti kita bisa kembali suci. Tenang saja, kamu bisa melakukannya sembari tetap chill kok, bestie~

1. Berbagi senyum. Bisa jadi spark joy buat orang lain, nih

Seyum adalah ibadah

Ilustrasi berbagi senyum | Photo by Twinsterphoto from iStockphoto

Dalam Islam, senyum adalah sedekah yang paling mudah dan murah. Dengan senyum, kita dapat memupuk hubungan baik antar sesama manusia, dan bisa bikin orang lain merasa bahagia. Kalau nggak percaya, coba aja lempar senyum kepada temanmu yang lagi overwhelmed sama kerjaan, dan lihat responsnya. 

Nah, disebut sedekah karena senyum adalah bentuk memberikan apa yang kita miliki, dalam hal ini perasaan bahagia, kepada orang lain. Kalau dalam bahasa kekinian disebut spark joy, gitu. Sebagaimana diketahui pula, memberikan hal baik yang kita miliki kepada orang lain akan dibalas pahala oleh Allah SWT, loh. 

So, selain bisa bikin orang lain bahagia, hanya dengan senyum ternyata kita juga bisa mendapatkan pahala, nih. Nah, hari ini kamu udah berbagi senyum, belum, bestie?

2. Sharing is caring, beli takjil buat diri sendiri sekaligus buat orang lain~

berbagi takjil

Ilustrasi berbagi takjil | dok. BSI on YouTube

Berbuat kebaikan dengan cara berbagi sesuatu kepada sesama terkadang bukan hanya soal mau atau tidak, tetapi bisa juga tentang bagaimana cara melakukannya. Nah, di bulan Ramadan ini ada banyak cara berbagi yang sudah menjadi culture, salah satunya berbagi takjil hingga hampers lebaran. 

Berbagi takjil atau memberi makan orang yang berpuasa ini terbilang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja dengan balasan pahala yang istimewa, loh. Dalam hadits riwayat Tirmidzi disebutkan Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa memberi makan untuk orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.”

Nah, selain bisa langsung membagikan atau menitipkan takjil dan hampers lebaran pada masjid maupun mushola untuk disalurkan kepada orang yang membutuhkan, di Ramadan kali ini ada banyak kanal berbagi yang memudahkan orang-orang melakukan kebaikan, seperti bisa kamu temukan pada  aplikasi BSI Mobile milik Bank Syariah Indonesia (BSI). 

Yup, buat kamu sobat Gen-Sy (Generasi Syariah), sekarang bisa dengan mudah berbagi makanan untuk orang yang berpuasa atau berbagi hampers lebaran melalui fitur ‘Berbagi Berbuka dan Sahur’ serta fitur ‘Berbagi Paket Lebaran’ di aplikasi. Buat kamu yang belum join jadi Gensy, coba cari tahu di sini.

Nah, cara berbagi kebaikan melalui aplikasi BSI Mobile ini mudah banget, dan bisa kamu lakukan dari mana saja, bestie. Di sini kamu hanya perlu buka aplikasinya, kemudian pilih menu Bayar dan masuk ke menu Berbagi – Ziswaf, lalu pilih fitur Berbagi Berbuka dan Sahur atau Berbagi Paket Lebaran.

Selain lewat fitur ‘Berbagi Berbuka dan Sahur’ di aplikasi BSI Mobile, kamu juga bisa berbagi makanan untuk orang yang berpuasa dengan berdonasi mulai dari Rp5 ribu melalui rekening Bank Syariah Indonesia 14040 a.n Yayasan BSMU – Ziswaf, atau melalui scan QRIS dan platform JadiBerkah.id.

Setiap donasi yang disalurkan nantinya akan digunakan untuk menyediakan paket berbuka dan sahur senilai Rp50.000, dengan sasaran masjid, pondok pesantren, panti asuhan, panti jompo, pengendara ojek, dan masyarakat dhuafa di wilayah Jabodetabek dan luar Jabodetabek. 

3. Senantiasa bersabar untuk raih peace of mind over everything

sabar

Ilustrasi bersabar | dok. BSI on YouTube

Bersabar adalah laku yang mulia. Di dalam Alquran, kata “bersabar” bahkan muncul berulang setidaknya di lebih 70 tempat. Dari situ dapat dilihat kalau orang yang bersabar punya tempat yang istimewa. 

Pada surat Al-Furqan ayat 75 misalnya, dikutip dari tafsir Kementerian Agama RI, Allah SWT melalui ayat tersebut menerangkan akan memberikan tempat yang tinggi di surga bagi manusia yang sabar, dan di sana mereka akan disambut dengan penghormatan dan salam.

Nah, di bulan Ramadan ini bersabar bisa kita terapkan dalam banyak hal, mulai dari sabar dalam melawan godaan dan menjauhi segala larangan Allah SWT, hingga nggak gampang cranky jika dihadapi oleh tantangan dalam berinteraksi di keseharian. Pokoknya goals kita adalah mencapai peace of mind over everything! Sepakat ya, bestie?

4. Nggak bermewah-untuk untuk lebih banyak bersedekah

Berdonasi

Ilustrasi berdonasi/bersedekah | dok. BSI on YouTube

Selain bersedekah melalui senyuman atau berbagi takjil, di bulan Ramadan ini kita juga dianjurkan untuk lebih banyak berbagi dengan sesama seperti melalui zakat, infaq hingga wakaf, karena bersedekah di bulan Ramadan memang punya banyak keutamaan. 

Selain tentunya bisa memberi manfaat kepada orang yang menerima, sedekah di bulan Ramadan di antaranya dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda, hingga dapat menjauhkan murka Allah SWT loh. Untuk itu kamu hanya perlu mengalokasikan sebagian budget buat nongkrong atau check-out belanjaan online, dan ikhlas menyalurkannya sebagai sedekah.

Nah, untuk menunaikan zakat, infaq atau wakaf di bulan Ramadan ini, ada banyak tempat yang bisa kamu tuju. Mulai dari masjid, mushola, lembaga-lembaga yang dapat menyalurkan, hingga yang lebih praktis yakni melalui aplikasi BSI Mobile.

Yup, aplikasi tersebut nggak hanya punya fitur Berbagi Sahur dan Berbuka atau Berbagi Paket Lebaran saja. Pada menu Berbagi – Ziswaf, kamu juga bisa langsung menunaikan zakat, zakat maal, zakat fitrah, infaq, wakaf, wakaf uang abadi, fidyah dengan mudah dari rumah. 

Nggak hanya itu, di aplikasi yang sama kamu juga bisa berbagi dengan sesama melalui Kitabisa, Dompet Dhuafa, program Warteg Mobile, JadiBerkah.id, Rumah Zakat, BAZNAS, hingga Donasi Bantuan Covid. Komplit banget, kan?

Nah, itu dia 4 kebaikan-kebaikan kecil yang bisa jadi ladang pahalamu di bulan Ramadan kali ini, bestie. Dengan kemudahan untuk melaksanakannya, sekarang nggak ada lagi alasan untuk bingung berbagi kebaikan dengan sesama. Chill itu harus, berbagi kebaikan kecil dengan sesama harus jalan terus~

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor