5 Fakta Kucing Busok Asli Indonesia yang Diakui Dunia

Ras kucing seperti Ragdoll, Persia, Bengal, hingga Sphin yang berasal dari ras luar negeri memang sangat mudah kita temui. Namun, tahukah kamu kalau ada ras kucing asli Indonesia bernama Busok yang sudah diakui oleh dunia?

Advertisement

Diketahui Busok adalah kucing endemik Pulau Raas Madura, Jawa Timur. Kucing ini sering dikenal juga dengan kucing Raas. Meski asli Indonesia, jangan heran bila kucing Busok masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia.Pasalnya, kucing Busok memang sangat terjaga keasliannya oleh penduduk setempat. Apalagi saat ini kucing Busok semakin langka. Berikut ini fakta-fakta kucing Busok yang perlu kamu ketahui!

1. Ciri-ciri kucing Busok yang sering dianggap sebagai leopard asal Madura

Kucing Busok memiliki bulu abau-abu kebiruan dengan bulu bagian perut berwarna putih tanpa corak lain di badannya. Bulu Busok cukup halus dan mengkilat seperti kucing ras Eropa Russian Blue dan British Short Hair. Bulu Busok juga cukup tebal daripada kucing kampung pada umumnya.

Dari postur tubuhnya, Busok termasuk kucing yang pendek. Mukanya agak persegi di bagian atas dan lancip di bagian dagu. Di bagian hidung berukuran sedang dan melengkung ke bawah seperti singa. Bentuk telinganya tajam agak mencuat ke atas.

Advertisement

Bentuk tubuh yang demikian membuat Busok mirip dengan kucing hutan atau leopoard. Apalagi meski tubuhnya cukup pendek, tapi Busok lebih besar daripada kucing kampung pada umumnya. Inilah kenapa Busok sering disebut sebagai leopard Madura.

2. Watak kucing Busok cukup sulit untuk dekat dengan manusia

Kucing busok diakui dunia

Kucing Busok | Foto dari Commons Wikimedia

Jika kucing kampung pada umumnya punya hubungan dekat dengan manusia maka berbeda dengan Busok. Kucing ini cukup sulit beradaptasi dan takut dengan manusia. Watak Busok ini membuatnya cenderung pendiam dan lebih waspada. Namun, buat pecinta kucing jangan khawatir, meski sulit beradaptasi dengan manusia, tapi Busok tetap bisa bersahabat dengan ‘majikannya’ atau lingkungan yang sudah akrab dengannya.

3. Busok dipercaya membawa nasib baik bagi pemeliharanya

Di tahun 90an kucing Busok dijadikan cinderamata untuk tamu-tamu istimewa yang berkunjung ke Madura. Hal ini karena Busok dipercaya bisa membawa hal baik dan rezeki yang berlimpah pada pemiliknya. Selain itu, kucing Busok dipercaya memiliki kemampuan mistis yang dipercaya bisa mendatangkan kesialan jika dibawa keluar dari Pulau Raas tanpa izin dari pemuka adat.

Advertisement

4. Kucing Busok benar-benar dijaga keasliannya sebagai endemik Pulau Raas

Sebagai kucing asli Pulau Raas, masyarakat setempat benar-benar melarang pendatang untuk membawa Busok keluar pulau. Apalagi adanya mitos kesialan yang dipercaya masyarakat setempat. Jika tetap ada yang membawa Busok keluar maka wajib dikebiri atau disteril untuk menjaga kemurnian ras kucing tersebut.

Melansir dari Kompas, berbagai penelitian juga telah mengungkap jika Busok memang endemik Pulau Raas, karena nggak ditemukan di daerah lain. Atas keaslian yang terjaga ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep mengajukan upaya pengakuan Busok sebagai ras kucing asli Indonesia.

5. Kini kucing Busok telah diakui oleh Dunia sebagai kucing asli Indonesia

Melansir dari Info Publik, sebuah kontes kucing internasional bertajuk Indonesia Breed and Raas Catshow yang digelar dalam rangkaian acara Visit Sumenep menghadirkan Busok sebagai ikon Pulau Raas. Usai acara tersebut tim komunitas Cat Fancy Indonesia (CFI) melakukan ekspedisi ke habitat Busok.

Dari ekspedisi tersebut ditemukan beberapa sampel gen Busok yang kemudian diajukan Indonesia dalam sebuah presentasi forum internasional di hadapan World Car Congress yang berwenang dalam pelestarian ras kucing dunia. Dari sinilah, akhirnya Busok diakui sebagai ras kucing asli Indonesia dari Madura.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE