Sering dong lihat patung kucing yang tangannya bisa melambai ke atas dan ke bawah. Patung kucing tersebut biasanya dipajang di toko-toko, terutama di etalase atau dekat dengan kasir. Nah, patung itu biasanya disebut dengan Maneki Neko. Maneki Neko terkenal di budaya Jepang dan Cina sebagai kucing tanda keberuntungan.

Ternyata, Maneki Neko ini nggak hanya satu jenis aja. Ada banyak warna yang menunjukkan makna patung kucing tersebut. Bahkan, lambaian tangan kucing tersebut juga ada artinya sendiri. Apa saja sih fakta tentang Maneki Neko dan mengapa patung kucing ini dipasang di toko-toko? Yuk kulik bersama Hipwee News & Feature~

1. Meski populer di Cina, beberapa daerah di Korea, dan Asia Tenggara seperti di Vietnam, Thailand, dan Myanmar, ternyata Maneki Neko ini asalnya dari Jepang.

Bukan dari Cina atau negara lain, ternyata Maneki Neko asalnya dari Jepang via www.tofugu.com

Advertisement

Kalau berjalan-jalan di luar negeri, ternyata patung kucing ini nggak cuma bisa dijumpai di beberapa etalase toko di Indonesia saja. Di Jepang, Cina, Vietnam, Thailand, dan negara di benua Asia lain, ternyata kucing ini juga dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Meski begitu, ternyata Maneki Neko asalnya dari Jepang lho.

2. Sejak awal, Maneki Neko dikaitkan dengan keberuntungan, sesuai dengan cerita asal muasal dari patung kucing itu yang terinspirasi dari kisah seekor kucing peliharaan seorang biksu

Di kuil tersebut, ada ratusan Maneki Neko yang dipajang via digjapan.travel

Legenda mengenai kucing Maneki Neko ini berasal dari sebuah daerah bernama Gotokuji di Jepang. Kabarnya, kucing yang menginspirasi Maneki Neko adalah kucing milik seorang biksu. Suatu hari, biksu tersebut meminta kucing kesayangannya untuk membawakan keberuntungan. Setelah itu, beberapa samurai datang ditengah hujan badai dan menceritakan bahwa kucing itu melambai kepada mereka di jalanan. Biksu itu lantas menjamu para samurai dan mengajarkan ilmu pada mereka. Merasa sang biksu membawa pencerahan bagi mereka, maka samurai itu mempersembahkan sawah dan ladang untuk kuil tersebut.

3. Setiap Maneki Neko punya warnanya sendiri yang menunjukkan makna khusus. Jadi, nggak bisa sembarangan pasang patung kucing ini di rumah atau di toko ya

Ada banyak warna Maneki Neko yang punya maknanya masing-masing via japanfreak.tokyo

Ternyata, warna Maneki Neko menunjukkan maksud tersendiri lho. Misalnya warna putih ini digunakan jika ingin kebahagiaan, kesucian, dan hal positif datang. Jika ingin kemakmuran dan kekayaan yang datang, maka Maneki Neko yang dipajang berwarna emas. Warna hitam untuk menangkis kekuatan jahat. Hijau bermakna kesehatan. Untuk sukses di hubungan percintaan, maka pilih Maneki Neko yang berwarna merah. Yang dianggap paling beruntung adalah Maneki Neko warna calico atau mirip dengan warna cokelat muda.

4. Tangan yang dilambaikan oleh Maneki Neko juga punya makna. Antara tangan kanan dan kiri beda maksud lho

Ada Maneki Neko yang melambaikan tangan kanan, ada juga yang tangan kiri via luckymanekineko.wordpress.com

Advertisement

Kalau lihat di toko, tangan yang melambai pada patung Maneki Neko ada bermacam-macam. Mulai dari tangan kanan, tangan kiri, dan juga kedua tangan. Tangan kanan yang melambai bermakna memanggil keberuntungan dan uang. Sedangkan jika tangan kiri yang melambai, maka ini bertujuan untuk membuat pembeli tertarik. Ada juga yang melambaikan kedua tangannya. Hal ini menunjukkan perlindungan pada bangunan tersebut.

5. Benda yang dipegang ataupun dikenakan oleh Maneki Neko juga berbeda tergantung dengan tujuan patung tersebut dibuat

Benda yang dipegang oleh Maneki Neko juga ada tujuannya lho via livejapan.com

Jika diperhatikan, tidak semua Maneki Neko memegang atau mengenakan benda yang sama. Ternyata hal tersebut juga ada simbol dan maknanya. Ketika Maneki Neko memegang uang koin Jepang pada zaman Edo, maka itu artinya keberuntungan. Sedangkan Maneki Neko yang memegang palu kecil, itu menunjukkan kemakmuran. Ada juga Maneki Neko yang memegang ikan untuk menunjukkan keberuntungan dan kelimpahan. Maneki Neko yang memegang perhiasan atau permata artinya adalah kebijaksanaan.

Nah, setelah tahu makna dari Maneki Neko, sekarang perhatikan dulu ya Maneki Neko yang ingin dipasang di rumah atau toko. Apakah patung kucing itu sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya