Meski sering mendengar kata pepatah nothing is impossible tapi logika manusia memang nggak bisa dibohongi oleh beberapa hal yang dinyatakan nggak masuk akal. Bahkan selalu ada ukuran pembuktian terhadap hal yang dirasa mustahil terjadi. Seringnya penjelasan ilmiah jadi patokannya.

Begitu pula dengan alam. Hal yang umumnya terjadi tak perlu lagi dijelaskan karena orang-orang bahkan sudah memaknainya sebagai kelumrahan. Tapi ada saja beberapa hal yang bikin kita bergumam, kok bisa ya? Beberapa fenomena alam ini mungkin pernah kamu dengar, namun nggak kamu percayai karena kamu nggak melihatnya sendiri. Dilansir dari Brightside, fenomena-fenomena alam di bawah ini ada penjelasannya lho meski seringkali dikaitkan dengan mitos dan legenda urban. Selalu ada yang ingin disampaikan alam pada umat manusia. Makanya simak uraian Hipwee News & Feature berikut ya!

1. The Bioluminescent Bloom atau yang sering disebut sea sparkle ini bersinar di tengah kegelapan malam

Advertisement

Ketika melihat sinar sea sparkle mungkin kebanyakan orang akan ngeri. Sinar pendar berwarna biru ini lebih mirip sinar yang sering tampak di film-film fiksi dan dikaitkan dengan mahluk astral. Ternyata sea sparkle  merupakan sisa polusi dari perkebunan yang terkumpul di pinggiran pantai. Menurut penelitian yang dilakukan Samantha Joye dari University of Georgia, cahaya ini berasal dari Noctiluca yang bersinar. Berbeda dengan polusi lain, Noctiluca ini tidak memproduksi neurotoxin beracun layaknya organisme serupa, melainkan justru menghasilkan cahaya terang di tengah kegelapan.

2. Hampir nggak masuk akal, ada pegunungan berwarna pelangi di Cina

Indah banget ‘kan? via forbes.com

Pegunungan ini punya warna bak pelangi, berwarna-warni dan sangat indah. Meski tampak seperti lukisan dan dihasilkan oleh tangan manusia, nyatanya warna-warni The Rainbow Mountain yang ditetapkan sebagai situs warisan UNESCO ini adalah hasil oksidasi mineral, iron oxide, dan berbagai substansi lain yang bercampur dalam waktu yang lama. Keren banget!

3. Air terjun darah di Antartika. warna merah yang kontras dengan dataran beku berwarna putih ini kelihatan ngeri

Airnya menyerupai aliran darah via ww.smithsonianmag.com

Sekilas, orang awam akan mengira air terjun ini bersumber dari pembantaian atau kejadian pembunuhan. Ternyata ada penjelasan ilmiah mengapa air yang mengalir ini tampak sangat persis dengan darah. Oksidasi kandungan baja dengan air asin dapat mengubah air menjadi berwarna merah ketika bersentuhan langsung dengan oksigen. Itulah sebabnya, air terjun ini kelihatan ngeri banget.

4. Batu memang sebuah benda mati, tapi di Chili ada batu yang ketika dibelah bisa berdarah

Pyura chilensis atau batu hidup via yotube.com

Advertisement

Bentuknya bulat dan tidak beraturan seperti batu, serta tidak punya kaki dan organ layaknya mahluk hidup. Namun itu bukanlah batu, melainkan mahluk laut layaknya hewan penyaring yang tidak memiliki otak dan organ sensory yang memiliki sebutan ilmiah pyura chilensis. Warna merah yang tampak seperti darah ini adalah vanadium, sejenis besi-besian yang memang berwarna merah. Masyarakat Chili bahkan mengumpulkan ‘batu hidup’ ini untuk dikonsumsi.

5. Air terjun bawah laut. Dilihat dari kejauhan bener-bener nggak masuk akal

Air terjun bawah laut dilihat dari pantauan udara via www.kuoni.co.uk

Secara logika, mana mungkin ada air yang tidak bercampur dalam satu wadah? Inilah mengapa lautan di pulau Maurutius disebut dengan The Underwater Waterfall. Tapi secara ilmiah, air terjun ini nggak seperti kelihatannya. Air terjun tersebut hanyalah ilusi yang dihasilkan oleh pasir yang tersedot ke dalam tanah vulkanik. Jadi yang kamu lihat bukanlah air terjun, melainkan pasir terjun di dalam air laut. Tapi tetep keren ‘kan?

Saking aneh dan fenomenalnya, tempat-tempat di atas justru sering dimanfaatkan sebagai kunjungan wisata. Nggak heran, karena memang banyak jutaan pasang mata yang ingin menyaksikan secara langsung. Tentu banyak mitos-mitos yang beredar, mulai dari campur tangan mahluk lain hingga penyihir. Tapi kalau mau sedikit saja cari tahu, semua ada penjelasannya kok. Ada akibat, pasti ada sebabnya.

Fakta Bonus

Tampak seperti rekayasa di film-film yang menceritakan skenario kehancuran bumi. Foto ini asli dan memang ada penjelasannya

Petir dan gunung meletus, dua teror yang sma mengerikan via imgur.com

Meski petir ini tampak seperti kekuatan Thor ketika bertarung melawan musuh-musuhnya, tapi petir yang menyambar letusan gunung ini memang beneran terjadi di Chili. Abu-abu vulkanik yang disemburkan oleh magma memiliki kekuatan elektrifikasi. Sedangkan petir, dihasilkan dari sisa listrik negatif dari awan. Abu yang melambung ke angkasa makin memperbesar daya petir sehingga hal ini bisa berlangsung terus menerus. Ketika kasus ini terjadi, pemerintah Chili langsung memerintahkan penduduk untuk mengungsi dan menjauh dari lokasi kejadian.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya