Kabar iPhone merilis tipe terbaru menjadi sorotan dunia. Untuk merayakan satu dekade usia iPhone, tak tanggung-tanggung, kali ini iPhone meluncurkan 3 tipe sekaligus yaitu; iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X (baca: iPhone Ten bukan ex). Dari ketiga rangkaian produk tersebut, iPhone X merupakan tonggak sejarah baru dalam perjalanan inovasi Apple. Jika mendiang Steve Jobs pernah berujar bahwa tombol ‘home’ adalah elemen paling dasar dari desain iPhone, tombol ini justru dihilangkan pada iPhone X dan digantikan gestur ‘swipe’

Selain hilangnya tombol ‘home’ di iPhone X, hal mencolok lainnya adalah penggunaan layar OLED (Organic Light-Emitting Diode). Penggunaan layar jenis ini bisa dibilang merupakan support system hilangnya tombol ‘home’ karena memungkinkan pengguna mengoperasikan iPhone X lewat sentuhan. Ponsel ini digadang-gadang sebagai perwujudan dari smartphone masa depan karena fitur-fiturnya yang super canggih. Sebelum keburu jebol tabungan, cek deh fitur mutakhir yang ada iPhone X bareng Hipwee News and Feature!

1. Menggantikan Touch ID, kini Apple memakai sistem keamanan bernama Face ID

Sistem kemanan bagi Apple adalah segalanya. Face ID kini menjadi pintu utama untuk bisa mengakses iPhone X, menggantikan sistem Touch ID pada generasi iPhone sebelum-sebelumnya. Face ID diklaim menjadi sistem paling aman dan meminimalisir orang lain untuk bisa membukanya, termasuk juga jika sang pemilik mempunyai saudara kembar. Lucunya, saat pengenalan sistem ini pada peluncurannya Rabu (13/9) waktu setempat, perangkat yang digunakan sempat tidak mengenali pemiliknya.

2. Menggunakan sistem Augmented Reality (AR)


Yang paling mengesankan, iPhone X ternyata memiliki sistem Augmented Reality (AR). Seperti pada permainan Pokemon Go, penerapan AR di iPhone baru ini nampak begitu jelas dan mudah. AR pada iPhone sudah tertanam di kamera ponsel sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Seperti yang terlihat dalam video di atas, kamu akan lebih seru dalam bermain games, termasuk juga menata dekorasi rumah.

3. Pada iPhone X, Apple menggunakan cip A11 Bionic

A11 Bionic via www.idevice.ro

Advertisement

Untuk berbagai macam fasilitas yang terbaik di kelasnya, iPhone X menggunakan cip baru bernama A11 Bionic. Cip ini punya enam inti dengan arsitektur 64-bit. Prosesor inilah sebagai dasar utama penerapan Augmented Realiity (AR), hasil kamera yang cadas, serta berbagai fitur luar biasa lainnya yang dimiliki iPhone X. Apple sendiri mengklaim bahwa A11 Bionic merupakan the most powerful and smartest chip ever in smartphone.

4. Ada fitur Portrait Mode dan Portrait Lighting untuk mendukung selfie di iPhone X


Urusan kamera tak perlu diragukan lagi. iPhone X mempunyai kamera depan beresolusi 12 MP ‘saja’. Namun, secara kualitas, hasil gambar dari iPhone X lebih tajam dan akurat dari tipe iPhone sebelumnya. iPhone jenis ini juga memberikan sensor lebih besar dan cepat, filter warna lebih kaya, piksel yang lebih padat serta bukaan kamera f1.8 dan f2.4. Ini baru fitur pada kamera belakang. Untuk kamera depan, terdapat fitur tambahan seperti Portrait Mode dan Portrait Lighting untuk mendukung selfie.

5. Animoji, emoji bergerak sesuai mimik pemiliknya

Animoji merupakan gabungan kata dari “animation” dan “emoji”. Animoji sendiri adalah salah satu fitur di iOS 11. Fitur ini akan langsung ada di aplikasi Message iOS 11. Untuk menggunakannya, user hanya tinggal memilih emoji mana yang akan dipakai, kemudian pemindai wajah akan menyesuaikan gerakan wajah dan mulut pengguna dengan emoji yang tampil dilayar. Penerima akan dapat melihatnya sebagai video dan audio yang berputar otomatis secara terus menerus. 

Dengan fiturnya yang super canggih, iPhone X dibanderol dengan harga paling murah mulai 999 dollar AS atau setara Rp. 13 juta. Ponsel ini mulai dibuka pemesanannya pada 27 Oktober 2017 dan beredar di beberapa negara pada 3 November 2017. Kalau kamu masuk dalam kategori iPhone addict, bisa-bisa tabungan nikah jadi berubah wujud dalam bentuk iPhone X.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya