5 Jenis Bacaan yang Bisa Kamu Pilih untuk Tingkatkan Literasi

Untuk bisa meningkatkan literasi nggak selalu harus dengan membaca buku teks

Mei adalah bulan di mana kita memperingati Hari Buku Nasional. Peringatan yang jatuh pada ulang tahun Perpusnas di tanggal 17 Mei ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya budaya literasi, terutama minat baca dan menulis di kalangan masyarakat. 

Untuk menumbuhkan budaya literasi, membaca adalah yang terpenting. Dengan membaca, kamu bisa memupuk keterampilan menulis, berbicara, menghitung, hingga memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana definisi literasi itu sendiri. 

Nah, bacaan yang bisa kamu konsumsi nggak melulu buku teks, loh. Berikut adalah 5 jenis bacaan yang bisa kamu pilih. 

1. Artikel bisa jadi pilihan bacaan buat kamu yang nggak bisa jauh dari smartphone

Ilustrasi membaca artikel di smartphone | Photo by ottawa from iStockphoto

Kamu bisa memulai kebiasaan membaca dengan mengakses artikel di internet. Jenis bacaan satu ini relatif ringan dengan berbagai topik bahasan yang dapat disesuaikan dengan ketertarikanmu. Terpenting, artikel bisa dengan mudah diakses dari smartphone.

Nah, yang perlu diperhatikan ketika mengakses artikel di internet adalah sumbernya. Kamu perlu memastikan artikel yang kamu baca bersumber dari media atau pihak terpercaya, untuk menghindari informasi keliru. 

2. Senang dengan cerita tapi nggak punya banyak waktu luang? Cerpen bisa jadi bacaan yang menyenangkan

Ilustrasi membaca cerita pendek | Photo by Thought Catalog on Unsplash

Ketersediaan waktu jadi salah satu persoalan untuk bisa disiplin membaca, terlebih bagi orang-orang yang gemar akan cerita. Ini karena jenis bacaan bercerita biasanya cukup panjang untuk bisa dibaca dalam waktu singkat. 

Jenis bacaan bercerita yang bisa kamu pilih sebagai solusi atas persoalan tersebut adalah cerpen alias cerita pendek. Dapat ditemukan dalam format buku kumpulan cerpen, pada koran atau internet, setiap cerpen biasanya bisa dibaca tuntas dalam sekali duduk.

3. Ensiklopedia, bacaan ringan yang bisa menambah pengetahuan

Ilustrasi membaca ensiklopedia | Photo by Snapwire from Pexels

Masih buat kamu yang nggak punya banyak waktu luang, ensiklopedia bisa jadi pilihan bacaan ringan. Disebut ringan karena ensiklopedia merupakan karya rujukan yang berisi keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang ilmu pengetahuan. 

Nggak seperti cerpen atau artikel yang harus kamu baca tuntas, ensiklopedia bisa dibaca sesuai kebutuhan. Ini karena isi yang terangkum di dalamnya disusun berdasar abjad atau tema, dan nggak saling berkaitan seperti layaknya kamus bahasa.  

4. Buat yang punya banyak waktu luang, novel adalah pilihan bacaan yang seru

Ilustrasi membaca novel | Photo by Clay Banks on Unsplash

Novel bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang sudah berkomitmen untuk disiplin membaca. Cerita pada novel biasanya cukup panjang untuk bisa dibaca tuntas dalam sekali duduk. Oleh karena itu kamu diharuskan menyediakan waktu untuk menuntaskannya. 

Satu tips agar tak cepat bosan membaca novel adalah berhenti ketika kamu menemukan bagian yang menarik atau memancing rasa penasaran. Rasa penasaran ini bisa jadi bekal untuk kamu melanjutkan membacanya nanti atau esok hari. 

5. Selain novel, kamu juga bisa memilih membaca buku biografi

Ilustrasi membaca buku biografi CEO Apple, Tim Cook | Photo by Adil from Pexels

Kamu yang ingin konsisten membaca tetapi kurang tertarik dengan cerita fiksi, dapat memilih buku biografi. Jenis bacaan satu ini berisikan riwayat hidup seorang tokoh, dan hampir semua tokoh hebat di dunia ini punya buku biografi. 

Menariknya buku biografi adalah tidak hanya sekadar menceritakan ulang kehidupan seorang tokoh. Lebih dari itu, biografi juga akan menyorot nilai-nilai yang dimiliki tokoh tersebut untuk dapat dijadikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca. 

Nah, itu dia 5 jenis bacaan yang bisa kamu pilih untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi. Mana yang akan kamu pilih? Apapun jenis bacaannya, usahakan untuk konsisten membaca minimal 10-15 menit sehari, ya. Karena dengan membaca, kamu juga bisa membantu meningkatkan literasi orang lain, loh. 

Caranya adalah dengan membicarakan bacaan yang telah kamu tuntaskan dengan teman, serta mengajak mereka untuk membaca bacaan yang sama untuk mendiskusikannya. Dengan ini kamu sekaligus bisa mengasah kemampuan literasi dalam hal berbicara. 

Selain itu, kamu juga bisa membantu meningkatkan literasi banyak orang lain dengan cara mendonasikan buku-buku yang telah rampung kamu baca, seperti melalui kegiatan dilakukan Gen-Sy bersama Komunitas Dongeng Indonesia. 

Yup, dalam momentum Hari Buku Nasional 2022 ini Gen-Sy menjadikan Gen-Sy Corner sebagai pusat pengumpulan donasi buku, untuk nantinya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan akses bacaan. Buat kamu yang tertarik dengan kegiatan ini bisa tanya-tanya langsung melalui akun Instagram @guegensy.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor