Pada era teknologi seperti sekarang, password atau kata sandi adalah yang sangat penting! Ibarat sebuah rumah, password adalah kunci dan gembok yang berfungsi mengamanankan asetmu. Para pengelola layanan Internet dan teknologi berusaha menciptakan sistem keamanan menggunakan password, agar data pribadi penggunanya nggak mudah dibobol oleh peretas.

Tapi sayangnya, masih banyak sekali orang yang memilih password yang cenderung mudah ditebak sebagai sistem keamanan ponselnya. Iya sih, tujuan awalnya biar lebih mudah diingat, tapi kalau ujung-ujungnya malah bisa bikin orang lain gampang mengakses privasi kita, percuma juga ‘kan? Nah, di sini Hipwee sudah mengumpulkan 7+ kata sandi Android pasaran, baik yang berbentuk angka maupun pattern lock. Simak deh, mungkin aja password-mu ada di antaranya!

1. Sampai saat ini password angka memang masih banyak digunakan. Tapi jangan sampai kamu pakai urutan angka sebagai kata sandi ponselmu ya!

Password angka berurutan via www.hipwee.com

Advertisement

Kata sandi angka memang cenderung lebih mudah dihafal, terutama yang terdiri dari 4 atau 6 digit. Nah agar lebih mudah diingat, banyak orang memutuskan memakai urutan angka sebagai password ponselnya, kayak 1234 atau 123456, dan seterusnya. Mungkin saja kamu salah satunya. Padahal di luar sana nggak sedikit juga orang yang berpikiran sama kayak kamu gini lho.

2. Ada juga orang yang mencoba lebih kreatif dengan memakai urutan mundur, sayangnya, udah banyak banget yang pakai cara ini

Pakai urutan mundur via www.hipwee.com

Kelihatannya memang agak kreatif daripada yang pertama ya. Tapi sebenarnya sama aja sih. Kalau gagal memasukkan urutan angka, orang bakal otomatis berpikir urutan mundur sebagai opsi lain. Cara ini sangat mudah dibaca oleh peretas. Jadi, kalau password ponselmu masih 4321 atau 654321, cepat-cepat diganti aja ya…

3. Pola pengulangan juga sering jadi pilihan. Kalau nggak mengulang angka 1, ya 0. Atau ada juga yang 6

Pengulangan angka via www.hipwee.com

Pola pengulangan angka juga jadi favorit sebagian besar orang. Kadang mereka memasukkan angka kesukaannya sebagai kata sandi dengan cara diulang beberapa kali, tergantung jumlah digit password-nya. Tapi hati-hati, ada beberapa angka yang terbilang cukup umum dijadikan password dengan pola pengulangan lho. Misalnya 111111, 000000, atau 666666. Sebagai gantinya, kamu bisa sisipkan 1 angka lain di tengah atau akhir, biar lebih sulit ditebak. Misalnya 111177 atau 008800, dan lain-lain.

4. Nggak sedikit juga orang yang menggabungkan urutan dan pengulangan angka. Kayak 121212 atau 123123. Duh, ini sih masih pasaran

Menggabungkan urutan dan pengulangan via www.hipwee.com

Advertisement

Ada juga lho orang yang membuat urutan angka dan diulang. Contohnya 121212, 123123, 101010, dan seterusnya. Bukan berarti pola seperti ini nggak bisa diterapkan ya. Bisa aja kok, asal pemilihan angkanya lebih nggak umum aja sih, kayak 8, 7, 5, atau 9. Soalnya kalau pakai angka 1, 2, 3, 0 itu udah pasaran banget guys!

5. Sebagian lagi memilih menggunakan tanggal lahirnya. Misal dia lahir tanggal 22 Mei 1995, pilihan password-nya pasti 220595. Ketebak banget cuy!

Pakai tanggal lahir via www.hipwee.com

Nah, ini nih yang meski kelihatannya aman-aman aja, tapi sebenarnya mudah juga buat dicari tahu. Pada dasarnya memang nggak semua orang tahu tanggal lahirmu, kecuali orang-orang terdekat. Tapi para peretas di luar sana bisa aja melacak informasi ini lewat media sosialmu, atau data pribadimu di Internet. Jadi daripada berisiko, mending diganti aja deh…

6. Nah, selain password berbentuk angka, ada juga password pola yang bisa dibentuk dari titik-titik. Tapi jangan coba-coba pakai pola berbentuk huruf ya!

Pola berbentuk huruf via www.hipwee.com

Sebagian besar ponsel Android zaman now sudah menyediakan pilihan bentuk password selain angka, yaitu pattern lock. Dalam password jenis ini kita harus menentukan gambar apa yang bisa dibentuk dari 9 titik yang tersedia. Sekilas memang kelihatan lebih ribet. Bayangkan aja, pada pola 3×3 aja ada 389.112 kemungkinan kunci pola lho! Tapi kamu tetap harus hati-hati ya, soalnya ada pola-pola yang jadi favorit ribuan bahkan jutaan orang di luar sana, yaitu yang membentuk huruf kayak N, Z, M, S, L, C, atau U. Biasanya mereka memilih huruf yang jadi inisial namanya.

7. Selain yang berbentuk huruf, orang juga sering pakai password yang membentuk kotak atau segitiga lho. Kalau bisa sih hindari aja deh

Berbentuk bidang datar via www.hipwee.com

Selain huruf, orang juga suka membuat pola password yang membentuk bidang tertentu, kayak kotak atau segitiga. Bukan berarti bentuk-bentuk ini haram buat dipakai ya, bisa-bisa aja kok, tapi kamu harus sedikit memodifikasinya, seperti dibalik atau ditambah garis, dan lainnya.

Zaman sekarang peretas itu udah canggih-canggih banget guys, jadi sebagai pengguna teknologi, kita juga harus selektif dalam memilih smartphone. Nah, Advan baru aja mengeluarkan produk Advan i6 yang bisa menjawab keresahan kita soal sistem keamanan smartphone! Soalnya Advan i6 punya security system berlapis, jadi kemungkinan HPmu dibajak akan sangat tipis.

Selain punya jenis kunci angka dan pattern lock, Advan i6 juga punya pilihan lain lho yaitu gesture unlock, di mana kamu bebas membuat gambar apapun yang nanti bisa berfungsi sebagai password! Nggak cuma itu, Advan i6 juga punya fitur Anti Theft. Di situ kamu bisa melacak keberadaan orang yang mencuri ponselmu (Tracking), mengambil fotonya (Manual Shoot), mengunci ponselmu biar nggak bisa dibuka sekaligus menghapus data-data di dalamnya (Lock Mobile Phone dan Destroy Data), membunyikan alarm peringatan (Alarm Finder), dan mengirim pesan ke si pencuri (Send Message).

Kabar gembiranya lagi, akan ada Flash Sale Advan i6 di Shopee pada tanggal 28 Mei dan 4 Juni 2018 mulai pukul 12.00 WIB. Smartphone canggih yang harga normalnya 1,4 jutaan bisa kamu dapatkan dengan harga 1,2 jutaan saja. Wow,  asique nih pastinya. Yuk cek di sini untuk info selengkapnya~~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya