Buat orang yang sering melancong ke luar negeri dan transit sana-sini, bandara jadi tempat yang nggak luput dari perhatian khusus. Apalagi kalau transitnya berjam-jam, orang pasti bakal mikir dulu kira-kira di bandara itu ada fasilitas apa aja, biar menunggu nggak lantas jadi membosankan. Selain dari fasilitas, bandara juga kerap dinilai dari pelayanan yang diberikan, mulai saat proses check in, keamanan dan imigrasi, sampai gate keberangkatan.

Setiap tahunnya sebuah lembaga riset rutin melakukan survey terkait fasilitas dan layanan di bandara seluruh dunia. Dan siapa sangka, yang terbaik dari semua itu adalah negara tetangga kita, Singapura. Selama 6 tahun berturut-turut, Changi Airport menjadi bandara terbaik di dunia. Bahkan katanya, di Changi kamu nggak akan mengalami yang namanya bosan karena menunggu berjam-jam. Penasaran nggak sih apa yang ditawarkan Changi Airport sampai bisa jadi the best airport selama bertahun-tahun gitu? Ternyata ini rahasianya.

1. Lupakan soal ribetnya lepas ini dan itu saat check in. Di Changi semuanya serba cepat

Serba online via www.123rf.com

Bandara Changi terkenal dengan efektifitas dan kecepatan saat proses check in. Hal itu dikarenakan di sana semuanya sudah serba mesin. Mulai dari cetak boarding pass hingga luggage tags, semuanya bisa dilakukan sendiri. Lalu, lupakan juga soal antre panjang untuk menunggu orang-orang membuka jaket, ikat pinggang, dan jam tangan saat pemeriksaan. Terlebih, di terminal 4 yang dibuka pada Oktober 2017 lalu, Changi Airport memakai scanner yang lebih canggih, sehingga pemeriksaan nggak harus melepas ini itu dulu. Diatur dengan konsep contactless sehingga kamu bisa melakukan semuanya sendiri mulai turun dari taksi sampai naik pesawat.

2. Suasana yang super nyaman dan segar. Mana lagi bisa lihat pepohonan dan taman-taman di bandara

Segeeerr via pixabay.com

Kalau mendengar bandara, mungkin kamu langsung terbayang gedung-gedung tinggi yang kaku dan gersang karena minim tanaman. Di Changi Airport, kamu akan mendapatkan situasi yang berbeda. Ada tim khusus yang bertugas mengurus lebih dari 500.000 tanaman di keempat terminal Changi Airport. Jadi lupakan saja soal kesan bandara yang sibuk dan kaku. Karena Changi Airport menawarkan lingkungan yang nggak cuma canggih tapi juga adem dan alami.

Sunflower Garden via www.123rf.com

3. Bagai mall yang punya bandara, ada ratusan toko dan restoran di sana. Nggak pernah ada yang namanya mati gaya

Kayak lagi di mall via www.123rf.com

Lalu apa yang bisa dilakukan saat menunggu di Changi Airport? Ada lebih dari 400 outlet perbelanjaan dan pelayanan serta lebih dari 130 kafe dan restoran yang bisa kamu pilih. Mau cari makeup Korea-koreaan? Fashion dari brand ternama? Hingga kafe dan restoran siap memanjakanmu selama menunggu transit. Konon warga Singapura sendiri sering datang ke Changi untuk sekadar makan dan belanja lho.

Nah, jika kamu penumpang Singapore Airlines atau SilkAir, kamu juga memiliki hak-hak istimewa alias Boarding Pass Privilege (BPP) lho. Dengan menunjukkan boarding pass saja, kamu bisa mendapatkan diskon eksklusif untuk hotel, rental mobil, restoran, butik, pusat perbelanjaan, dan juga berbagai pertunjukan wisata. Di Changi Airport, kamu juga bisa mendapat benefit-benefit lain hanya dengan menunjukkan boarding pass kamu di outlet-outlet yang berpartisipasi. Keuntungan khusus ini berlaku selama satu bulan dari tanggal penerbanganmu. Dan apabila kamu member krisFlyer atau PPS Club, keuntungan ini berlaku sepanjang tahun!

4. Mau yang gratisan aja? Tenang, ada movie teather, kolam ikan koi, dan butterfly garden yang bikin kamu betah di sana

Movie Theater via www.mynewsdesk.com

Selain menikmati waktu transit dengan belanja, kamu bisa juga kok menikmati waktu-waktu di Changi Airport secara cuma-cuma. Kamu bisa nonton film gratis di Movie Theater, santai di kebun dengan kolam ikan koi dan kebun bunga matahari di Terminal 2, menengok kupu-kupu cantik di Butterfly Garden yang ada di Terminal 3, atau sekadar selonjoran sejenak di kursi-kursi yang nyaman. Mau minum kopi tapi malas keluar bujet? Tenang, ada tempat isi ulang air yang menyediakan air dingin ataupun panas. Tinggal siapkan kopi sachetan sudah bisa jadi teman bersantai nih.

Bahkan saat ini kamu pemegang tiket Singapore Airlines atau SilkAir (MI) yang transit selama 5,5 jam atau lebih bisa menikmati Free Singapore Tour (FST) yang merupakan hasil kolaborasi antara Singapore Airlines, Singapore Tourism Board, dan Changi Airport Group. Ada dua rute tour berdurasi 2,5 jam yang bisa kamu pilih, dan kamu akan diajak jalan-jalan gratis di spot-spot populer seperti Merlion Park, Chinatown, Little India, hingga Kampong Glam. Cara ikutannya pun gampang banget. Kamu tinggal mendaftar di FST Registration Booth yang berada di dekat Transfer Lounge F di terminal 2 atau Transfer Lounge A di terminal 3, minimal 1 jam sebelum  tour dimulai. Bakal ada tour guide yang memandumu selama city tour berlangsung. Tour dilakukan dalam bahasa Inggris, dan karena keterbatasan slot, tour memakai sistem first come first serve. Jadi kamu harus buru-buru mendaftar banget nih begitu transit.

5. Setiap sudut Changi Airport dipenuhi karya seni dan spot-spot lucu. Cadangan materi foto buat Instagram bertebaran

foto di sini, guys? via www.123rf.com

Terutama buat kamu anak kekinian yang hobi hunting materi foto untuk Instagram, Changi Airport menawarkan segala-galanya di sini. Patung-patung, karya seni instalasi, ornamen yang indah serta latar belakang yang super menawan dari landasan pesawat bisa bikin kamu betah foto-foto ria di sini. Kamu juga bisa lho memposting foto dan mengirimkannya ke kesayanganmu melalui Social Tree yang ada di Terminal 1 lho.

Social Tree Changi Airport via www.123rf.com

6. Belum cukup semua, tahun 2019 ini akan dibuka Jewel Changi Airport. Bakal kayak apa lagi nih bagusnya?

Jewel Changi Airport

Nggak cuma berhenti di sana, guys. Changi Airport juga tengah mengerjakan mega proyek Jewel Changi Airport, yaitu pusat destinasi lifestyle yang berada di jantung Changi Airport. Jewel Changi Airport menawarkan 280 toko dan restoran yang berada di antara pepohonan, semak-semak, serta suasana natural yang memanjakan mata. Bakalan ada air terjun indoor setinggi 40 meter lho! Diresmikan tahun 2019 nanti, Jewel Changi Airport akan semakin mengukuhkan Singapura sebagai City In A Garden, di mana taman yang luas dan pusat perbelanjaan saling berdampingan.

Singapore Airlines

Yah, kalau lihat dari fasilitas yang ditawarkan itu, kayaknya nggak heran kalau Changi Airport jadi satu-satunya bandara yang mendapat predikat the best airport selama 6 tahun berturut-turut. Baru di bandara aja kamu sudah dimanjakan oleh berbagai hiburan menyenangkan. Gimana? Makin ngiler pengin liburan ke Singapura? Yuk, mulai nabung dan atur bujet supaya bisa ke sana bareng Singapore Airlines atau SilkAir 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya