6 Selebritis yang Pernah Terbaring Koma dan Berhasil Melewati Fase Tersebut

Selebritis yang pernah koma

Hidup manusia dipenuhi berbagai macam misteri, yang sebagaian sudah dipecahkan oleh ilmu pengetahuan. Seperti kondisi di mana manusia bisa nggak sadar dalam waktu panjang. Seakan telah meninggal karena nggak bisa merespon apapun, tapi sejatinya masih bernafas. Kondisi ini dikenal sebagai koma, yaitu tingkatan paling dalam ketika seseorang nggak sadarkan diri.

Advertisement

Berbeda dengan pingsan yang hanya terjadi dalam waktu singkat, penderita koma bisa nggak sadarkan diri dalam waktu lama, karena terjadi kerusakan salah satu bagian otak yang disebabkan oleh banyak hal. Entah itu karena penyakit atau cedera akibat kecelakaan seperti yang pernah dialami dan berhasil dilalui 6 selebritis berikut ini.

1. Martin Lawrence pernah koma selama tiga hari akibat kepanasan saat berolahraga

(dok. IG/martinlawrence) via www.instagram.com

Aktor yang piawai dengan peran komedi, Martin Lawrence sempat menderita koma selama tiga hari setelah sebelumnya pingsan karena kepanasan. Cerita bermula pada bulan Agustus tahun 1999. Seperti dilansir dari Los Angeles Times, saat itu Martin memutuskan berolahraga dalam suhu panas yang mencapai 100 derajat sambil mengenakan beberapa lapis pakaian, dan setelah beberapa saat ia pingsan. Ketika dilarikan ke rumah sakit, suhu tubuhnya mencapai 41,7 derajat sehingga butuh alat bantu untuk bernapas.

2. Stevie Wonder mengalami koma selama empat hari setelah mengalami kecelakaan

(dok. IG/steviewonderlegacy) via www.instagram.com

Pada 6 Agustus 1973, penyanyi kawakan Amerika Serikat ini mengalami kecelakaan mobil saat melakukan tur di Carolina Utara. Nggak main-main, kecelakaan tersebut membuat Stevie harus menderita koma selama empat hari. Dari banyak cerita yang beredar, mobil yang ditumpangi Stevie menabrak truk kayu dan muatan truk tersebut sempat menghantam dirinya. Sementara sang musisi sendiri nggak pernah menjelaskan detail kecelakaan tersebut, karena ia mengaku benar-benar nggak ingat banyak hal selain pingsan.

Advertisement

3. Ozzy Osbourne sempat alami koma selama delapan hari dan mengalami banyak patah tulang akibat kecelakaan

(dok. IG/ozzyosbourne) via www.instagram.com

Penggawa band Black Sabbath, Ozzy Osbourne diketahui memang punya masalah kesehatan yang merupakan kondisi genetik. Tapi koma yang ia derita hingga delapan hari pada bulan Desember 2004 bukan karena penyakit tersebut, melainkan karena kecelakaan. Pada saat itu Ozzy yang berusia 55 tahun nggak sengaja menggilas jalan berlubang yang membuatnya menghantam stang kendaraan kemudian terpental. Ia menderita delapan patah tulang rusuk, dan satu tulang belakang akibat kecelakaan tersebut. Saat ditemukan oleh pengawalnya yang bernama Sam Ruston, Ozzy diketahui sempat berhenti bernapas sebelum langsung diberikan napas buatan mulut ke mulut oleh Sam. Melansir Daily Mail, Ozzy sempat bilang kalau bukan karena Sam, ia mungkin sudah meninggal.

4. Sharon Stone sempat koma selama sembilan hari akibat pendarahan otak

(dok. IG/sharonstone) via www.instagram.com

Atris dan mantan model fesyen, Sharon Stone yang mulai dapat pengakuan dunia setelah tampil dalam ‘Basic Instinct’ ini pernah menderita koma selama sembilan hari pada September 2001. Penyebabnya adalah pendarahan di bagian otak. Dalam satu kesempatan Sharon mengatakan fase koma tersebut mengakibatkan ia harus kehilangan 18 persen dari massa tubuhnya. Kepada USA Today ia mengaku seketika kehilangan tempat di industri hiburan akibat fase tersebut.

5. Juwita Bahar sempat koma selama 15 hari karena radang otak

(dok. tangkapan layar YouTube/InsictechMusicland) via www.youtube.com

Dari dalam negeri, penyanyi Juwita Bahar juga pernah menderita koma selama 15 hari pada Oktober 2015. Melansir Kapanlagi, pelantun lagu ‘Pusing Pala Barbie’ ini mengaku dokter nggak membeberkan penyebab ia divonis meningitis atau radang otak. Tapi diduga karena diet berlebihan yang pernah ia jalani. Juwita mengatakan ia sempat nggak makan nasi sama sekali selama dua tahun demi program dietnya.

Advertisement

6. David “NOAH” sempat terbaring koma dan mengaku merasakan sesuatu hal yang penuh kesenangan

(dok. IG/dorfel_dave) via www.instagram.com

Pemain keyboard band NOAH, David diketahui pernah terbaring koma di salah satu rumah sakit Singapura, setelah sebelumnya mengalami kesalahan penanganan medis di salah satu rumah sakit di Bandung. Berbeda dengan yang lain, kepada Detik David mengaku sempat merasakan sesuatu yang kontan dan sangat penuh kesenangan saat koma, sehingga hal tersebut membuatnya nggak takut dengan kematian.

Itu dia 6 selebritis yang diketahui pernah mengalami peristiwa traumatis hingga harus menderita koma. Meski begitu, mereka berhasil bangkit dengan kekuatan harapan untuk kembali sehat dan berkarya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE