“Udah pada ngopi belum? Diem-diem bae!?”

Jauh sebelum viralnya video ‘ngopi diem-diem bae’ di internet, budaya nongkrong di warung kopi sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Kopi nggak baru-baru ini kok jadi minuman favorit orang di seluruh Indonesia. Indonesia juga termasuk negara ketiga penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam lho. Sebagai orang Indonesia, kalau nggak tau menahu soal kopi, malu dong.

Advertisement

Makin menjamurnya warung kopi ala cafe beberapa tahun belakangan ternyata bikin banyak anak muda dan orang yang sama sekali nggak mengetahui soal kopi tertarik dan penasaran dengan pesona ngopi di cafe. Ragam biji kopi dari berbagai daerah hingga variasi pembuatannya pun terkadang bikin sebagian orang yang belum tau soal kopi bingung. Alih-alih bertanya pada barista, kebanyakan orag jadi asal tunjuk kopi. Akibatnya, mereka yang ‘salah pesan’ terpaksa harus minum kopi yang terlalu pahit atau terlalu manis. Jengkel juga ‘kan kalau pesanan yang datang justru nggak sesuai ekspektasi?

Nah inilah saatnya kamu tahu kopi yang pas dengan seleramu. Dilansir melalui Latte Art Guide, kamu akan dapat petunjuk kopi jenis apa yang jadi ‘jodohmu’ nanti. Coba simak uraian Hipwee News & Feature berikut biar kamu nggak salah pesan lagi.

1. Espresso adalah basis kopi yang paling pahit. Mau ditambah gula juga percuma, justru nggak menyelamatkan rasanya

Kalau suka manis dan salah pesan espresso, hmmm sabar ya! via www.thedailybeast.com

Buat kamu yang demen sama rasa pahitnya kopi, mungkin jodoh kopi yang cocok buatmu adalah espresso. Espresso sering disajikan dalam takaran kecil atau 2 shots, istilah gampanganya 2 tegukan. Ada juga yang mengistilahkan takaran 2 teguk espresso sebagai doppio. Rasa pahit dari espresso dihasilkan dari kopi yang diolah dengan mesin khusus sehingga menghasilkan cairan kopi murni. Di beberapa negara Amerika, espresso juga disebut dengan short black. Espresso adalah basis kopi yang paling utama, dari sinilah muncul berbagai variasi campuran espresso dengan bahan lain.

2. Kamu yang sering nonton drama Korea pasti ngeh kalau orang Korea suka banget pesan kopi Americano. Intinya, Americano adalah kopi hitam

Nggak 100% espresso. Ice Americano juga pilihan yang bagus via www.ctvnews.ca

Advertisement

Berbeda dengan espresso yang super pahit, Americano adalah kopi yang berasal dari campuran espresso dan air. Rasa pahit Americano relatif masih bisa diterima oleh lidah kebanyakan orang yang awam soal rasa kopi. Tapi kalau nggak doyan dengan yang pahit-pahit, Americano juga bisa disajikan dengan gula kok. Dalam istilah lain, Americano juga disebut sebagai long black.

3. Sering tau kopi capuccino kemasan, tapi masa’ sih nggak paham bahan dasar campurannya? Capuccino ternyata campuran espresso, susu, dan buih susu

Biasanya capuccino diberi bubuk choco granule di atasnya via www.ctvnews.ca

Kalau sebelumnya kamu hanya mengenal istilah kopi susu, di cafe, jenis campuran kopi dan susu jadi menu yang lebih beragam. Capuccino adalah hasil campuran espresso, susu, dan buih susu. Buih susu beda lagi dengan susu lho, karena ada proses tersendiri yang menghasilkannya.

4. Latte atau Cafe Latte adalah komposisi yang ramah buat kamu yang benar-benar nggak doyan pahit. Campuran susunya lumayan banyak

Seringnya barista menggambar bentuk hati dan berbagai seni lain di atas kopi latte via www.healthcastle.com

Latte adalah campuran susu sapi dan kopi espresso, tapi komposisi susu di kopi jenis ini mampu menyamarkan pahitnya kopi. Kalau doyan yang manis, kamu bisa menambahkannya dengan gula. Nah, kalau butuh kopi instagramable dengan bentuk hati di atasnya, mungkin jodoh kopimu adalah latte.

5. Mocha Latte atau Coffee Mocha juga sering masuk daftar menu kopi di cafe-cafe. Kali ini kopi diberi campuran coklat

Campuran sirup dan kopi adalah ide yang bagusn perlu dicobain nih! via www.healthcastle.com

Kopi dan coklat memang paduan yang cocok dan akrab di lidah. Bartender handal mampu mengolah campuran espresso, susu, dan sirup cokelat jadi rasa yang unik. Percampuran antara rasa pahitnya kopi, manisnya coklat, dan gurihnya susu menghasilkan secangkir kopi yang disebut sebagai Mocha. Saking populernya mocha, ekstraknya saat ini sering dijadikan pilihan rasa-rasa pada makanan. Misalnya es krim rasa mocha, kue krim mocha, dsb.

6. Machiato adalah bentuk lain dari Cafe Latte. Kalau Cafe Latte menggunakan campuran susu, Machiato menggunakan campuran foam

Kamu akan tahu persis bedanya setelah nyobain via www.today.com

Foam atau buih susu yang biasa digunakan pada campuran kopi memiliki rasa yang berbeda. Jika latte menggunakan susu sebagai penetral rasa oahit pada kopi, machiato menggunakan foam atau buih susu. Bagi orang yang kurang menyukai bau amis atau rasa gurih pada susu, machiato bisa jadi alternatif pilihan.

7. Sedangkan Affogato adalah espresso dengan campuran satu scoop besar es krim. Kopi ini sering dinikmati saat summer di beberapa negara empat musim

Espresso panas yang jadi seger dicampur dengan es krim via www.today.com

Alternatif penyajian kopi ketika panas adalah dengan Affogato. Affogato memberikan sensasi dingin di atas gelas kopi espresso. Es krim yang cenderung manis juga mampu membuat rasa pahit di espresso tidak terlalu kuat. Seringnya kopi jenis ini juga disajikan manis.

Nongkrong di cafe sambil ngopi saat ini jadi trend di kalangan anak muda. Tapi kalau hanya mengikuti arus semata tanpa tau apa-apa soal kopi bukankah jadi sia-sia? Nah sekarang kamu bisa menjadikan informasi ini sebagai rujukanmu dalam menjajal berbagai menu kopi di cafe. Selamat ngopi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya