7 Kecukupan Gizi Harian yang Perlu Kamu Tahu. Nggak Boleh Kurang dan Jangan Berlebihan

Angka kecukupan gizi harian

Sering kan melihat iklan tentang vitamin C yang diklaim punya dosis sampai 1000 mg. Nah, buat orang yang terobsesi sama kesehatan dan hobi mengonsumsi vitamin, pasti hal seperti itu menggiurkan banget. Dikira jika minum vitamin dengan dosis yang tinggi, maka manfaat yang didapat juga lebih banyak. Padahal, hal itu nggak benar lo. Kebutuhan tubuh terhadap vitamin C nggak sampai 1000 mg kok per harinya.

Advertisement

Nggak cuma vitamin C aja, kecukupan gizi manusia ternyata sudah ada yang merumuskannya lo. Kalau di Indonesia, tentu aja itu sudah dibuatkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai Angka Kecukupan Gizi (AKG). Bahkan, sudah ada panduannya berapa banyak kebutuhan air, protein, serat, dan sebagainya. Hipwee News & Feature kali ini ingin membagikan beberapa angka kecukupan gizi untuk usia diatas 16 tahun dan makanan atau minuman yang setara. Ohya, ini nggak berlaku buat ibu hamil karena ibu hamil butuh nutrisi lebih banyak. Baca bersama yuk!

1. Ternyata, minum Vitamin C sampai 1000 mg itu lebay lo. Buat perempuan, cuma perlu 75 mg per hari sedangkan laki-laki butuh 90 mg per hari aja

Nggak perlu sampai 1000 mg kok, konsumsi vitamin C secukupnya aja. via www.hipwee.com

Mulai umur 16 tahun, kecukupan vitamin C untuk perempuan adalah 75 mg per hari, sedangkan untuk laki-laki adalah 90 mg per hari. Nah, minum vitamin C berlebih sebenarnya sih sia-sia. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, tubuh cuma bisa mengolah vitamin C sebanyak 120 – 200 mg per hari. Kalau sisa bakal dibuang begitu aja.

2. Sedangkan kebutuhan air ternyata juga ada standarnya, nggak asal berapa gelas aja. Kira-kira sih 2,1 sampai 2,6 liter per harinya. Sudah sesuai belum nih?

Ada banyak versi soal kebutuhan air bagi tubuh manusia. Ini adalah versi yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan. via www.hipwee.com

Menurut Kementerian Kesehatan, kebutuhan air minum manusia beragam tergantung jenis kelamin dan usianya. Untuk perempuan dewasa, rata-rata perlu 2300 mL air per hari. Kalau laki-laki lebih banyak, yaitu rata-rata harus minum 2600 mL per hari. Tapi, hal itu dihitung jika berat dan tinggi badan sesuai dengan nilai tengah orang Indonesia yang gizinya normal.

Advertisement
3. Buat kalian yang memiliki tekanan darah tinggi, wajib untuk mengatur konsumsi Natrium. Biasanya, natrium ditemukan dalam wujud garam

Bahaya lo kalau terlalu banyak natrium dari garam. Bisa-bisa kena penyakit darah tinggi! via www.hipwee.com

Natrium biasanya ditemukan pada garam. Nah, 1500 mg adalah batas maksimalnya lo. Kalau bisa sih kurang dari itu. Nah, 1500 mg/hari diterapkan untuk usia sampai 49 tahun. Setelah lebih dari itu, konsumsi natrium harus dikurangi lagi. Memang susah sih mengukur konsumsi garam karena kan garam biasanya dicampur di makanan.

4. Siapa nih yang suka minum susu yang tinggi kalsium? Ternyata, semakin bertambah usia, kebutuhan kalsium makin berkurang. Rata-rata sih 1200 mg per hari

Minum susu empat gelas sehari baru bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian. via www.hipwee.com

Kalsium memang banyak fungsinya untuk pertumbuhan tulang. Dari anak-anak sampai usia 18 tahun, sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kalsium 1200 mg tiap harinya, Tapi ketika sudah menginjak usia 19 sampai 29 tahun, konsumsi kalsium harus dikurangi jadi 1100 mg. Mulai usia 30 tahun dan seterusnya, kalsium yang dikonsumsi cukup 1000 mg alias sekitar 3 gelas susu aja.

5. Kalau karbohidrat, sebenarnya kebutuhan orang sih beda-beda. Bahkan antara perempuan dan laki-laki nggak sama. Kan aktivitasnya juga beragam

Kalau 100 gram nasi mengandung 40 gram karbohidrat, kira-kira butuh 1000 gram nasi buat memenuhi kecukupan harian tersebut, via www.hipwee.com

Sumber energi biasanya berasal dari karbohidrat. Nah, sebenarnya kebutuhan karbohidrat bisa disesuaikan dengan aktivitas lo. Menurut Kementerian Kesehatan, kebutuhan karbohidrat orang diatas 16 tahun biasanya sih diatas 300 gram per harinya. Dikutip dari Kompas, 100 gram nasi putih mengandung 40 gram karbohidrat sehingga bisa diketahui deh berapa banyak nasi yang cukup dimakan setiap hari.

6. Yang suka susah buang air besar, mungkin aja kekurangan serat. Sebenarnya, sehari-hari wanita dewasa perlu serat 30 gram dan laki-laki dewasa 38 gram

Jangan terlewat buah dan sayurannya ya! via www.hipwee.com

Salah satu asupan gizi yang penting adalah buah dan juga sayur. Keduanya mengandung serat yang baik buat melancarkan pencernaan. Sebenarnya dalam satu hari hanya perlu sekitar 38 gram untuk laki-laki dan 30 gram untuk perempuan.

7. Protein memang baik sih buat kesehatan tubuh, tapi kalau kelebihan bisa mengalami keracunan lo. Pastikan asupannya selalu cukup ya

Nggak hanya daging aja sih, kacang-kacangan juga mengandung protein lo. via www.hipwee.com

Buat mengganti jaringan tubuh, kita butuh protein yang bisa didapat dari bahan yang sifatnya hewani ataupun nabati. Kalau hewani contohnya adalah daging, ayam, udang, dan hewan lainnya. Protein nabati asalnya dari kacang-kacangan seperti kedelai yang biasa diolah jadi tempe dan tahu. Rata-rata tiap orang perlu 60 gram per harinya.

Memang segala hal yang berlebihan itu nggak baik. Asal cukup dan semuanya terpenuhi secara seimbang, maka tubuh pun diperkirakan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jadi, sudah minum air putih berapa banyak hari ini? Sudah makan sayur dan buah belum nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE