Pelajar mana sih yang nggak pengen dapet nilai bagus saat ujian? Membuat orangtua bangga dengan nilai bagus, jelas jadi impian banyak pelajar. Nah kalau mengikuti saran para guru dan orangtua, ya kalau mau pintar harus belajar. Namun bagi mereka yang nggak sabaran, pemalas dan pengen hasil instan, mereka tak akan mengindahkan saran tersebut. Alih-alih belajar, mereka justru fokus bikin contekan.

Budaya menyontek itu sebenarnya cukup universal alias terjadi dimana-mana. Seperti kita ketahui bersama, di Indonesia pun masalah kecurangan ujian itu termasuk parah dan bahkan dugaannya tersistem sampai melibatkan banyak oknum. Tapi mungkin teknik atau metode menyontek paling gila bakal cuma bisa ditemukan di Cina. Terutama dalam ujian masuk perguruan tinggi yang super kompetitif. Berbagai alat menyontek yang berhasil disita oleh pihak berwajib Cina, pasti bakal bikin mulutmu ternganga.

Advertisement

Nggak cuma sobekan kertas dan kode tangan, cara nyontek di Cina ternyata high-tech dan kreatif banget. Nggak percaya?! Nih lihat kumpulan Hipwee News & Feature. Miris sih. Coba semangat dan kreativitasnya dipakai buat belajar aja, pasti hasilnya juga lumayan.

1. Ikat pinggang saja dilengkapi peralatan wireless untuk menerima jawaban soal ujian. Saking niatnya, ya…

2. Dompet pun juga ada yang dimodifikasi sedemikian rupa dan dipadukan dengan receiver jawaban ujian. Kreatif sih, tapi curang!

3. Kenakalan mereka tak berhenti di situ. Perangkat wireless ini dipadukan dengan karet penghapus agar nggak ketahuan

4. Nah kalau tadi penghapus, alat contek yang berbentuk pulpen juga ada. Sepertinya sih keduanya saling melengkapi

5. Kalau kamu pikir kacamata untuk mencontek cuma ada di film doang, kamu salah besar! Pelajar di Cina ada yang punya!

6. Mereka bahkan sampai beli earpiece gini demi bisa mencontek. Pelajar di Cina niat banget, ya…

7. Bahkan kaos dalam saja dimodifikasi! Dilengkapi dengan kamera dan ponsel sebagai penerima sinyal, mereka bisa nyontek kapan saja

8. Alat contek yang dipadukan dengan jam tangan pun ada loh…

9. Semua perangkat tersebut terhubung secara wireless kepada seorang operator. Dia yang tugasnya memberi kunci jawaban


Meski begitu para pengawas di Cina juga nggak kalah kreatif dan tegas. Tak cuma mengandal pengawas ruangan, sebelum masuk ke dalam ruangan ujian para pelajar Cina harus melalui serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu.

Sebelum masuk ruangan, ada pemeriksaan manual yang dilakukan. Ini masih standar lah ya…

Nah selain itu ada pemeriksaan dengan metal detector pula. Ini yang bikin greget ujian di Cina

Hal ini dilakukan karena penggunaan teknologi seperti di atas dalam ujian semakin marak. Dengan inovasi pemeriksaan seperti itu, banyak pelajar curang di Cina yang ketahuan sebelum melakukan aksinya. Yah sepandai dan sekreatif apapun cara curangnya, pada akhirnya kalau nggak jujur bakal ketahuan juga kok!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya