Portal berita bisnis dunia Bussiness Insider, baru-baru ini membuat rangkuman akan 10 merek terlaris di dunia sepanjang tahun 2016 kemarin. Rangkuman ini berdasarkan laporan berjudul ‘Brand Footprint 2016’  yang mengumpulkan produk-produk paling populer di kalangan pembeli seluruh dunia. Riset ini meneliti produk favorit dari 300 juta pembeli di 44 negara di dunia. Nah dari 15.000 merek dagang yang ada di pelosok bumi, ini 10 peringkat teratasnya. Dan yang membuat laporan ini ekstra spesial bagi orang Indonesia, ternyata ada lho merek asli Indonesia dalam peringkat top ten itu. Boleh lah kita berbangga dengan pencapaian yang cukup spektakuler di awal tahun ini.

10. Kamu pasti kenal dengan Dove. Produk perawatan tubuh ini berada di nomor 10 produk terlaris loh

Laris manis produk Dove via www.loveforlacquer.com

Produk perawatan tubuh yang dimiliki oleh Unilever ini memang laris di pasaran dunia. Memproduksi sabun, shampoo hingga conditioner, Dove berhasil menduduki peringkat 10 dunia dan berhasil mendapatkan consumer reach point atau kemampuan mencapai konsumen sebesar 1,67 juta.

9. Di nomor 9 ada nama Knorr mungkin kurang familiar di telingamu. Tapi kalau ‘Royco’ kamu kenal, ‘kan?

Tuh logonya mirip via hipwee.com

Dalam survei ini, Knorr berhasil mencapai consumer reach point 1,86 juta. Angka ini mungkin bikin kamu kaget karena nama Knorr memang kurang familiar di telingamu. Tapi, Knorr punya nama lain. Kalau di Indonesia, namanya adalah Royco. Nah, kalau Royco kamu kenal dong pastinya.

8. Penyelamat mahasiswa Indonesia ini berada di urutan ke 8. Indomie memang layak dicinta dan bikin orang Indonesia bangga!

Advertisement

Ini produk Indomie yang dijual di Eropa via www.indomie.eu

Produk mi instan asli Indonesia ini memang sudah terkenal sebagai favorit mahasiswa. Rasanya yang enak ternyata juga diakui oleh dunia. Dengan berbagai varian rasanya yang memang pas di lidah semua orang, Indomie berhasil mendapatkan consumer reach point 1,9 juta dan menduduki peringkat 8 produk paling laris di dunia!

7. Peringkat Nescafe memang turun dari survei 2014 lalu. Tapi tetap stabil di 10 besar

Kopi instan paling populer di dunia via wsj.net

Meski peringkatnya turun dari survei 2014 silam, namun dengan consumer reach point 2 juta, Nescafe tetap bertahan di jajaran 10 besar produk paling laris dunia. Yah, produk kopi milik Nestle ini memang sudah terkenal sejak dulu sih.

6. Minuman soda yang identik dengan warna biru ini juga masuk 10 besar. Pepsi memang sudah terkenal sejak lama

Ternyata soda adalah pilihan minuman populer via qz.com

Mungkin Pepsi sudah tidak setenar dulu. Pada periode awal tahun 2000-an dulu, Pepsi sempat merajai dunia loh. Namun meski menurun, popularitas Pepsi tetap bisa membuatnya mendapat consumer reach point 2,2 juta dan tetap membuatnya bertahan di 10 besar dunia. Mesir adalah satu negara yang loyal membeli Pepsi daripada Coca-Cola.

5. Produk makanan keripik Lay’s berada di urutan ke 5. Kriuk!

Senyuuuum 🙂 via cdninstagram.com

Kamu pasti kenal dengan Lay’s. Keripik yang satu ini memang urusan rasa terkenal enak. Yah wajar dong kalau produk yang juga dimiliki oleh PepsiCo ini meraih urutan ke 5 dengan consumer reach point 2,2 juta!

4. Kamu mungkin kenal dengan Maggi. Merek yang memproduksi mi dan kaldu ini memang laris di pasaran

Banyak variannya via www.sunshinekelly.com

Selain Nescafe, Maggi adalah produk Nestle yang laris manis di pasaran dunia. Produsen kaldu dan penyedap rasa ini berhasil meraih consumer reach point hingga 2,4 juta. Angka tersebut jadi bukti valid kalau Maggi memang jadi pilihan utama di pasaran.

3. Kalau sabun yang satu ini jelas kamu pasti kenal. Lifebuoy masuk 3 besar produk paling laris di dunia

Cuci tangan pakai sabun, ya via www.lifebuoy.com.ar

Salah satu produk Unilever ini menjadi berada di posisi tiga besar produk paling laris di dunia. Perolehan consumer reach point yang mencapai 2,6 juta jadi bukti kalau kampanye “cuci tangan pakai sabun” yang mereka canangkan di beberapa negara seperti Indonesia memang mendatangkan kesuksesan!

2. Colgate adalah satu-satunya merek pasta gigi yang berhasil masuk 10 besar. Ia duduk nyaman di posisi 2 paling laris dunia

Merek pasta gigi~ via wsj.net

Banyak produk perawatan gigi lain yang juga laris di pasaran. Namun cuma Colgate satu-satunya merek pasta gigi yang berhasil masuk 10 besar produk paling laris di dunia. Dengan perolehan consumer reach point mencapai 4,3 juta, Colgate berada jauh dari perolehan Lifebouy di peringkat tiga.

1. Pemuncaknya dipegang oleh Coca-Cola. Jujur aja, siapa sih yang kenal dengan nama Coca-Cola?

Waaah via squarespace.com

Yah, siapa sih yang nggak kenal dengan brand yang satu ini. Coca-Cola adalah salah satu raja produk dunia. Dengan berbagai macam iklan dan program kreatif yang mereka punya, Coca-Cola berhasil meraup 6,3 juta consumer reach point. Angka yang terbilang fantastif menjauhi produk-produk lain.

Nah dari sekian banyak produk yang masuk 10 besar, adanya Indomie yang mewakili Indonesia bisa jadi bukti bahwa selera lidah orang Indonesia juga diakui oleh dunia. Indomie yang bahkan sudah dijual di luar negeri seperti Inggris, Jepang hingga Arab memang layak diacungi sebagai produk unggulan Indonesia. Selamat buat kamu, sang penyelamat mahasiswa di akhir bulan! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya