9 Kelakuan Turis Cina yang Memalukan. Pantas Saja Sih Kalau Disebut Pelancong Terburuk di Dunia

Perekonomian Cina yang melejit di beberapa dekade terakhir, menjadikan banyak warganya kaya mendadak. Wajar saja jika sekarang banyak warganya punya kemampuan finansial untuk melancong ke luar negeri. Berbagai destinasi wisata populer di dunia seperti Seoul dan Paris, juga mengaku kebanjiran turis Cina selama beberapa tahun belakangan ini. Sebagaimana dilansir Detik, turis Cina juga mendominasi pelancong di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2016 lalu.

Advertisement

Secepat melejitnya ekonomi negeri Panda ini, reputasi pelancong dari mainland Cina juga dengan cepat tersebar ke seluruh dunia. Sayangnya berbeda dengan pencapaian ekonominya, video dan berita tentang turis Cina yang berlaku kasar sampai merusak tempat wisata seringkali jadi headline dimana-mana. Sebenarnya susah juga sih bikin generalisasi, karena pasti ada turis Cina yang sopan juga. Tapi banyaknya kejadian-kejadian memalukan terkait turis Cina ini, tidak pelak lagi mencoreng reputasi Cina secara keseluruhan. Nggak percaya?! Lihat sendiri deh foto-foto ini.

1. Hal pertama yang membuat turis Cina terkenal adalah joroknya kelakuan mereka di ruang publik. Bukannya mencari toilet umum, banyak orang Cina tertangkap kamera buang hajat di jalanan

bahkan sejak kecil, mereka sudah dididik BAB sembarangan

Anak-anak dibiarkan BAB sembarangan via brilio.net

2. Tak hanya itu, mereka juga terkenal sering meludah sembarangan. Saking seringnya meludah di tempat umum, pemerintah Guang Zhou sampai bikin sistem denda bagi yang ketahuan

jvbie

Untuk mendidik warganya, pemerintah menetapkan denda sebesar Rp 40ribu via flickr.com

Advertisement

3. Tentu saja perihal buang sampah, turis Cina ini seakan-akan tak pernah mengenal tempat sampah. Alhasil, mereka selalu meninggalkan ‘jejak’ buruk di berbagai lokasi wisata dunia

joroknya mereka memang nggak ketulungan

Menjaga kebersihan itu adat universal yang tampaknya tidak dianut orang Cina via kompasiana.com

4. Belum lagi kebiasaan turis Cina mengamuk di dalam pesawat atau bandara. Salah satunya 100 orang Cina yang secara liar meluapkan emosi karena penerbangannya dari Hokkaido dibatalkan

5. Vandalisme juga jadi masalah para turis Cina. Turis remajanya pernah kedapatan mencoreti kuil Mesir berusia 3500 tahun

yang begini sudah dibullly abis-abisan

Tidak menghargai peninggalan sejarah bangsa lain via old.uniknya.com

Advertisement

6. Mereka pun dikenal tak tahu malu. Menjemur kutang dan sepatu di bandara, hingga bertelanjang dada di toilet umum

yang begini, urat malunya udah putus beneran kali ya

Terlalu nyaman bagaikan rumah sendiri via tribunnews.com

7. Saking banyaknya yang protes tentang super berisik dan tidak bisa diamnya turis Cina ketika menggunakan kereta, Swiss sampai rilis kereta khusus untuk mereka

Swis rilis kereta khusus turis Cina untuk mengunjungi Gunung Rigi di Pegunungan Alpen

Swiss rilis kereta khusus turis Cina untuk mengunjungi Gunung Rigi di Pegunungan Alpen via merdeka.com

8. Karena perilaku mereka yang tidak sopan dan seringkali menyebabkan keributan, beberapa butik mewah di Paris sudah melarang turis Cina berbelanja di tokonya

jbcius

Begitu antusias dan tidak sabarnya menghabiskan uang via www.visiontimes.com

9. Saking malunya, sejak 2015 pemerintah Cina sampai menerbitkan aturan etika khusus buat warganya yang ingin melancong ke luar negeri

lama-lama pemerintah negeri tirai bambu ambil bagian juga untuk menertibkan warganya

Biar warganya tak lagi jadi cemoohan dunia via merdeka.com

Sementara itu, kunjungan wisatawan Cina ke Indonesia sendiri pada tahun 2016 meningkat pesat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Di negara kita, mereka pun sempat membikin ‘rusuh.’ Kasus terakhir pada September 2016 lalu, seorang pria WN Cina diamankan dan dimintai keterangan oleh aparat Polres Kepulauan Seribu karena membawa bendera negaranya dan bertuliskan ‘JKT. Desa Cina.’ Banyak orang mengaitkannya dengan isu SARA. Yaa, semoga attitude para turis Cina ini bisa jadi lebih baik lagi ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Rajin menggalau dan (seolah) terluka. Sebab galau dapat menelurkan karya.

56 Comments

  1. nggak cuma cina asli, yg keturunan cina disini aja seringkali nggak aturan kelakuannya

  2. Andre Hartono berkata:

    Yah beberapa poin juga ada yg ada di Indonesia. Ambil positifnya aja buat refleksi

  3. Maria Cha berkata:

    Bahahaaa..ini bgd yg gw rasain ketika ngadepin mereka d korea..omg…sumpah gak mau deket2

  4. Idaa Al-wahid berkata:

    Setuju.. Wktu kerja dihotel tamu china bner2 begini kelakuannya..

  5. Della Safitri berkata:

    Mari bergabung bersama kami di H0K1G4M3.com – Perwakilan Resmi Sb0b3t 0nl1n3 di Indonesia.

    Daftarkan diri anda serta mainkan permainan favorit kalian (Sb0b3t B0l4 dan Sb0b3t C451n0).

    Bonus menarik kami:
    * Bonus Deposit Sebesar 20% (Sp0rt5b00k)
    * Cashback B0l4 5% (Sp0rt5b00k)
    * Bonus D3p0s1t Sebesar 5% (Live C451n0 338A)
    * Rollingan Mingguan 1% (Live C451n0 338A)

    Minimal deposit hanya Rp. 25.000

    Untuk informasi lebih lanjutkan hubungi kami di:
    Livehat: http://www.hokigame.com
    Line : HOKIBET
    WA: +6282160605599 /+639157055599
    BBM: 2B4E41E8 / 28D63E33

  6. Bener banget.. saya pernah ngalamin. Sampe malu sama turis lain.. karna mereka cm bs mengolo ngeliat turis cina ngomong sambil teriak2..

  7. nggak aturanya gmn mas? keturunan tetap warga Indonesia lho.. bukan berarti mereka yang disebut “singkek”. Kalau yang mas lihat itu memang keturunan coba dilihat apakah hanya mereka yang melakukan atau yang bukan keturunan juga ikut melakukan?

  8. garis bawahi bahwa kita seharusnya menjadi warga negara yang baik untuk Indonesia. Bukan hanya lihat ras ya mas.

  9. orang pribumi masih lebih baik sopan santunnya daripada orang-orang pendatang seperti cina-cina ini. Termasuk jika dibandingkan dengan keturunannya yg di indonesia

  10. Livy berkata:

    oh.. termasuk mengolok-olok ras lain itu sopan ya ? ha.
    mau pribumi atau keturunan cina pun kalo mengolok-olok ras lain nama nya gak sopan… ngerti gak ?

CLOSE