Menakjubkan! Biasanya Diam Tertanam di Tanah, 9 Tumbuhan Unik Ini Bisa Berjalan Sampai Mendengar

Makhluk hidup di bumi ini ya cuma ada manusia, hewan, dan tumbuhan. Semua orang pasti tahu fakta itu. Manusia dianugerahi kecerdasan lebih sehingga peradaban kita bisa berkembang semaju ini. Hewan juga memiliki tingkat kecerdasan yang jelas bisa terlihat. Hewan-hewan yang terkenal cerdas seperti simpanse dan lumba-lumba, bahkan katanya ada yang bisa menyamai manusia. Dari semua makhluk hidup, tumbuhan memang yang terlihat paling ‘mati’.

Advertisement

Kita juga mungkin baru tahu kalau pohon itu bernapas ketika belajar fotosintesis waktu pelajaran IPA di SD. Tumbuhan itu juga bernapas, tumbuh, dan bisa mati seperti manusia dan hewan. Meski kebanyakan hanya diam tertanam di tanah, ternyata ada juga lho tumbuhan unik yang bisa bergerak, bersuara, berjalan, dan bisa mendengar. Nggak percaya?! Lihat deh rangkuman Hipwee News & Feature ini.

1. Tembakau bisa berkomunikasi dengan tumbuhan jenis lain dan bahkan memanggil kawanan serangga untuk mengusir ulat-ulat di tubuh mereka

2. Rumput yang bisa menari, tumbuhan unik ini bernama Desmodium Gyrans. Saat terkena sinar matahari, rumput ini menggerakan daun-daunnya bak penari

Advertisement

3. Pohon jenis palem ini mampu berjalan sejauh 20 meter, mencari tanah yang lebih kokoh bagi akar-akarnya

4. Dogwood Bunchberry bisa menyemburkan serbuk sarinya lebih cepat dari peluru

5. Pohon Eucalyptus bisa meledakan diri jika merasa terancam dengan suhu panas sebagai bentuk protesnya

6. Ternyata tumbuhan juga bisa mendengar, contohnya jenis kacang polong Pisum Sativum ini yang bisa mendengar suara air mengalir

Advertisement

7. Tumbuhan hasil rekayasa genetika ini bisa menyala dalam gelap, dan konon udah dipasarkan nih. Belinya di mana ya…

8. Tumbuhan karnivora pemakan serangga paling terkenal, dari Venus Flytrap sampai Kantung Semar ini memiliki banyak spesies lain

9. Misteri pohon Sengon di Magelang yang bisa menangis, jangan-jangan tumbuhan memang mengeluarkan suara

Ternyata fenomena ini lumrah jika memang daerah tempat tumbuhnya pohon tersebut kekurangan air. Namanya proses kavitasi, saat gelembung udara naik dan menghilang maka terjadi bunyi atau suara pada tanaman, tapi jarang banget sih yang sampai bisa kedengeran telinga manusia.

Ingat, daftar di atas hanya sebagian kecil tentang hal-hal unik dan menarik dari tumbuhan. Di luar sana masih banyak banget keistimewaan dari berbagai flora dan fauna yang belum semua kita tahu.

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kertas...

20 Comments

  1. Tren Masa Kini berkata:

    Tolong dikasih nama latin atau ilmiahnya biar lebih kredibel artikelnya

  2. Ratna Pangadi berkata:

    Punya banyak temen tapi ga bisa curhat ? add aku ya di 335B6BFE

  3. Betulkah ini nci Ratna Siahaan ???

  4. Eeq kucing menyehatkan
    Sama kan yg kyak ditulis mimim di atas?

  5. Syakila Andara berkata:

    Abangda , Bos bos semua
    Ayo coba bermain W W W .N A G A QQ . c o m yuk
    AGEN BANDAR JUDI ONLINE PALING TOP DAN TERPERCAYA
    Deposit hanya 15.000
    PIN BB : 2B209F68

CLOSE