Delapan tahun menduduki White House, Obama mencurahkan sayang kepada Amerika dan orang-orang terdekatnya dalam pidato terakhir sebelum meninggalkan kursi kepresidenan. Kepada Michelle, Obama menyebutnya tak hanya sebagai istri tapi juga sahabat terbaik. Kepada kedua anaknya, Malia dan Sasha, Obama mengungkapkan rasa bangga.

“Of all that I have done in my life, I am most proud to be your dad.”

Tapi ada yang aneh dari momen mengharukan tersebut. Ketika keluarga bergabung dengan Obama di panggung dan saling bergandengan tangan, hanya sang istri dan Malia yang terlihat. Ke mana Sasha Obama? Bukan pidatonya yang menyentuh atau pencapain Obama selama ini, justru ketidakhadiran putri bungsu Obama yang jadi trending topic dunia.

Netizen keheranan, spekulasi bermunculan. Warga Twitter yang super kreatif segera menciptakan hashtag #WhereisSasha

Sasha tidak hadir via www.thesun.co.uk

Tentu absennya putri bungsu ini membuat netizen keheranan. Alasan sepenting apa sih sampai-sampai Sasha melewatkan momen penting Ayahnya yang tidak akan terulang dua kali? Dari yang sepertinya penasaran beneran, berspekulasi dia sedang liburan, atau ngambek sampai tidak keluar kamar, sampai yang menyindir bahwa mungkin putri Obama ini bersiap-siap mencalonkan diri di tahun 2040.

Advertisement

Ternyata alasannya sangat sederhana. Karena besok pagi ada ujian, Sasha sibuk belajar di rumah

Sasha tetap di White House untuk belajar via mic.com

Jawaban muncul beberapa saat kemudian dari staf Gedung Putih bahwa Sasha tidak bisa hadir di acara perpisahan Ayahnya karena harus belajar. Sementara seluruh keluarga pergi ke Chichago, Sasha tetap di Washington DC karena esok hari harus menempuh ujian. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Sasha menempuh pendidikan di Sidwell Friends, sekolah ekslusif yang memang terkenal ketat. Salah satu peraturan yang diterapkan adalah: “Para siswa harus mengikuti jadwal ujian yang sudah berlaku. Ketidakhadiran karena bepergian bukan alasan yang kuat untuk mengatur ulang jadwal ujian.” 

Wow. Termasuk bepergian untuk acara super penting bagi seluruh warga Amerika ini?

Acara perpisahan Ayahnya atau event formal negara seperti ini, tak lebih penting dari pendidikan. Begitulah Obama mendidik anak-anaknya

Parenting a la keluarga Obama via edition.cnn.com

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, untuk orang seperti Obama atau Michelle Obama, tentu nggak akan mengalami kesulitan untuk minta kelonggaran atau ujian susulan. Bahkan jika Obama minta seluruh ujian dijadwalkan ulang, itu juga masih bukan perkara yang besar. Tapi keluarga Obama memilih untuk mengikuti peraturan yang berlaku dan menempatkan pendidikan jauh di atas hal-hal yang dianggap kurang perlu. Mungkin begitulah cara Obama mendidik anaknya dengan memastikan bahwa menjadi Presiden tidak selalu harus mendapatkan keistimewaan ataupun menentukan aturan.

Kalau Sasha Obama saja tidak bisa bolos ujian untuk menghadiri farewell Ayahnya yang Presiden Amerika, masa iya kamu masih malas-malasan ke kampus hanya karena hujan gerimis dan enakan tiduran di kamar?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya