Digelar Secara Daring, Puncak Apresiasi ‘ADU JAK GenRe Indonesia 2020’ Nobatkan Duta GenRe Indonesia 2020

ADU JAK GenRe Indonesia 2020

Alih-alih menutup habis semua kemungkinan, keterbatasan dalam kondisi pandemi Covid-19 di satu sisi malah berhasil menciptakan beragam terobosan. Salah satunya adalah mengalihkan penyelenggaraan acara penting ke dalam mode virtual, seperti yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Forum GenRe.

Advertisement

Dua entitas penting dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera dengan generasi muda berkarakter ini kembali menggelar acara tahunan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADU JAK) 2020 secara virtual, sejak tanggal 23 November hingga 3 Desember 2020. Dalam acara puncak yang disiarkan melalui kanal YouTube BKKBN, ADU JAK GenRe 2020 menobatkan Duta GenRe Indonesia tahun 2020 dan pemenang kegiatan Jambore Ajang Kreativitas Remaja.

ADU JAK GenRe Indonesia 2020 adalah pendobrak semangat remaja untuk tetap bermanfaat meski di tengah pandemi

Ketua Pelaksana ADU JAK GenRe Indonesia 2020, Haidar Iskandar (dok. Tangkapan layar YouTube Live/BKKBN) via www.hipwee.com

Mengusung tema “Remaja Unggul Berkarakter dan Berideologi Pancasila untuk Mencapai Indonesia Emas Tahun 2045”, Ketua Pelaksana ADU JAK GenRe Indonesia 2020, Haidar Iskandar mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni menciptakan generasi berkarakter sekaligus meningkatkan potensi remaja lewat berbagai program. Ia juga menegaskan bahwa rangkaian kegiatan yang sejak tanggal 23 November harus dilakukan secara daring dari kantor BKKBN di daerah masing-masing peserta, nggak mengurangi substansi yang diusung ADU JAK GenRe Indonesia 2020. Total ada 43 pasang Duta GenRe dan lebih 1.000 remaja dari 34 provinsi yang turut berpartisipasi.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan remaja mengadvokasi teman sebaya, dan jadi pendobrak semangat remaja untuk tetap bermanfaat meski di tengah pandemi,” jelas Haidar dalam laporannya pada acara Puncak Apresiasi ADU JAK GenRe Indonesia 2020 yang disiarkan melalui YouTube Live BKKBN, Kamis (3/12/2020).

Advertisement

Duta GenRe Putra dari Jawa Barat dan Duta GenRe Putri dari Sumatera Barat dinobatkan sebagai juara pertama Duta GenRe Indonesia 2020

Ketua Umum GenRe, Nanda Riska (dok. Tangkapan layar YouTube Live/BKKBN) via www.hipwee.com

Setelah melalui berbagai kegiatan mulai dari wawancara, tes tertulis, sharing session dan banyak lainnya sejak tanggal 23 November, BKKBN dan Forum GenRe menobatkan Duta GenRe terpilih untuk masa bakti setahun ke depan. Ketua Umum GenRe, Nanda Riska menyampaikan akan ada banyak kolaborasi yang harus dijajaki ke depannya, bukan hanya bersama duta terpilih melainkan dengan seluruh remaja Indonesia.

“Kepada seluruh remaja tangguh yang hari ini berkumpul menjadi satu, Saya ucapkan selamat datang dalam keluarga besar Forum GenRe. Akan ada banyak kolaborasi yang harus kita jajaki. Saya berdoa, semoga Tuhan merestui semua tugas mulia demi pembangunan masa depan keluarga Indonesia,” kata Nanda.

Advertisement

Adapun dari 34 pasang duta GenRe dari 34 provinsi Indonesia, dewan juri menobatkan Fiqih Aghniyan Hidayat (Jawa Barat) dan Cintia Mutiara Zeni (Sumatera Barat) sebagai Duta GenRe Indonesia 2020. Untuk pemenang kedua diraih Muh. Dedy Sasmita (Sulawesi Selatan) dan Anisa Kurnia Ramdhini (Jawa Barat). Sementara pemenang ketiga diraih Defhara Hersaning Djati (Jawa Timur) dan Nurul Oktaviani (Kalimantan Barat). Dewan juri mendasarkan penilaian sejak sebelum kegiatan ADU JAK GenRe berlangsung, dan lewat presentasi 10 besar peserta terkait program unggulan yang sedang dan akan dijalankan jika keluar sebagai pemenang.

Selain itu, BKKBN dan Forum GenRe juga menobatkan pemenang favorit yang diraih Wilky Putra Juliansyah (Bengkulu) dan Az Zahra Khoirun Nisa (DKI Jakarta), dan pemenang kategori Sosial Media Inspirator yang diraih Ali Syahbansa (Riau) dan Chintia Mutiara Zeni (Sumatera Barat).

Duta GenRe Indonesia 2020: Saatnya berkolaborasi untuk negeri

Ki-ka: Fiqih Aghniyan Hidayat (Jawa Barat) dan Cintia Mutiara Zeni (Sumatera Barat) pemenang pertama Duta GenRe Indonesia 2020 (dok. Tangkapan layar YouTube Live/BKKBN) via www.hipwee.com

Chintia Mutiara Zeni, Duta GenRe terpilih sekaligus pemenang dalam kategori Sosial Media Inspirator mengatakan lewat kepercayaan baru ini ia meneguhkan keyakinan bahwa remaja Indonesia bisa jadi terdepan, dan Indonesia bisa punya generasi yang berkualitas. Sementara Fiqih Aghniyan Hidayat, mengatakan terpilih sebagai Duta GenRe Indonesia 2020 akan menghadirkan tantangan baru, oleh karenanya mengajak seluruh Duta GenRe yang terlibat dalam ajang ini untuk berkolaborasi.

“Ini akan jadi tantangan yang baru buat Saya. Terima kasih untuk kakak-kakak Duta GenRe 2019. Saya mohon untuk bisa membimbing kami. Saya juga mohon kerja sama dari Duta GenRe 2020. Kompetisi ini sudah berakhir, saatnya kita berkolaborasi untuk negeri,” ucap Fiqih.

Selain menobatkan Duta GenRe Indonesia 2020, kegiatan ini juga mengumumkan tiga besar pemenang Jambore Ajang Kreativitas Remaja dalam dua kategori. Yang pertama adalah TikTok Challenge di mana juara pertama diraih oleh GenRe Sulawesi Tengah, disusul GenRe Sulawesi Selatan, dan GenRe Sulawesi DKI Jakarta. Sedang untuk kategori Apresiasi Budaya dimenangkan oleh GenRe Sulawesi Selatan, disusul GenRe DKI Jakarta, dan GenRe Bangka Belitung.

Ketua BKKBN, Hasto Wardoyo menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang ADU JAK GenRe 2020, dan menegaskan bahwa yang terpenting bukanlah siapa yang jadi juara, melainkan siapa yang bisa terus memberikan manfaat dan menghadirkan perubahan yang dimulai dari diri sendiri.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE