Heboh Kabar Asteroid Berukuran 5 Kali Lapangan Bola Mendekati Bumi Hari ini. Begini Faktanya!

Asteroid 15 Februari 2020

Ketika ada kabar mengenai komet alias bintang jatuh yang bakal mendekati bumi, biasanya masyarakat akan menyambut kabar tersebut dengan suka hati. Terlebih mereka yang senang dengan penampakan benda-benda langit. Tapi apa kabar kalau yang bakal papasan sama bumi adalah asteroid yang ukurannya lumayan besar?

Advertisement

Hari ini, sebuah asteroid berukuran besar dikabarkan sedang mendekati bumi. Berita ini telah disampaikan para ahli astronomi, seperti dilansir dari CNN. Akibat pemberitaan ini, masyarakat dunia gempar, tak terkecuali orang-orang Indonesia.

Berita tentang mendekatnya asteroid ini membuat heboh media sosial, nggak sedikit dari mereka yang sampai khawatir berlebihan

netizen Twitter heboh via twitter.com

Kabar mendekatnya asteroid cukup menggegerkan banyak orang, pasalnya kasus virus corona saja belum terselesaikan. Kini mesti dihadapkan dengan masalah baru berupa ancaman asteroid. Beranda Twitter langsung dipenuhi oleh doa orang-orang yang merasa cemas.

Tapi, apakah benar kalau asteroid tersebut tengah mendekati bumi dan bakal menabrak?

Advertisement

Ukuran asteroid diketahui lebih besar dari asteroid jenis sebelumnya, yang juga berpapasan dengan bumi pada Januari lalu

deskripsi asteroid via www.liputan6.com

Dilansir dari Kompas, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Antar Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Emanuel Sungging membenarkan informasi bahwa memang ada asteroid yang tengah mendekati bumi. Menurutnya, asteroid tersebut berjarak sekitar 15 kali dari bumi dan bulan. Sementara ukurannya sekitar 500m. Jika dikira-kira, ukuran tersebut sama dengan 5 kali panjang lapangan bola. Asteroid bernama 163373/2002 PZ39 ini berukuran lebih besar dari asteroid sebelumnya yang juga pernah melewati bumi Januari lalu.

Meski memiliki ukuran yang besar dan sulit diamati dengan mata telanjang, jangkauan asteroid ini masih relatif aman kok!

sulit diamati oleh mata telanjang via www.liputan6.com

Dengan jarak yang cukup jauh, asteroid ini nggak bisa diamati dengan mata telanjang. Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan teleskop besar yang terletak di Obsevatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat. Tapi tenang, meski asteroid ini memiliki ukuran yang cukup besar, dilihat dari lintasannya pun asteroid ini masih dalam kategori aman.

Advertisement

Demikian juga disampaikan oleh Direktur NASA untuk Pusat Studi Objek di Dekat Bumi, Paul Chodas, yang mengatakan bahwa asteroid ini bukanlah ancaman. Mereka telah mengamati asteroid ini selama bertahun-tahun dan mengetahui orbitnya dengan sangat baik.

Nah, setelah mengetahui fakta tentang asteroid yang katanya sedang mendekati bumi ini, semoga kamu nggak parno lagi, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE