Sejak bulan Agustus kemarin, perusahaan teknologi kelas kakap, Google, menggembor-gemborkan rencana mereka untuk menyediakan WiFi gratis di Indonesia. Kalau berdasarkan berita yang dilansir Kompas, Google bakal memproses pemasangan internet gratis di beberapa wilayah nusantara tahun ini. Pemasangannya akan dilakukan bertahap, diawali di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Tapi sejauh ini sepertinya belum ada kabar lanjutan soal proyek Google ini. Meski begitu, rencana Google tersebut disambut antusias oleh mayoritas masyarakat Indonesia penggila internet dan pemerintah. Soalnya kalau di India, pemerintah daerah sampai ‘kecipratan’ bagian dari Google lho. Nah, sebelum benar-benar hadir di Indonesia, sudahkah kamu tahu bagaimana sebenarnya ‘penampakan’ Google Station ini? Yuk, simak dulu ulasan Hipwee News & Feature kali ini guys! 

Konsep Google Station sendiri sebenarnya sama seperti hotspot area pada umumnya, cuma katanya sih kecepatan internetnya lebih tinggi

Hotspot area via www.thejakartapost.com

Advertisement

Bagi fakir WiFi mungkin Google Station bukanlah barang yang baru lagi. Pasalnya konsepnya secara umum sama saja seperti kebanyakan hotspot area. Cuma kabarnya kamu akan disuguhkan internet berkecepatan tinggi. Kamupun bisa melakukan banyak hal mulai dari akses e-mail sampai menonton video berkualitas HD.

Google Station ini nantinya akan dipasang di tempat-tempat publik yang memang banyak orang lalu lalang, seperti stasiun, mall, kafe, bahkan universitas. Caesar Sengupta, Vice President Google mengatakan kalau pengguna nantinya cuma butuh login secara sederhana. Meski jaringan internetnya digunakan bersama-sama dengan pengguna lain, tapi Google menjamin data-data mereka aman dan nggak akan bocor. Sengupta juga mengatakan, salah satu goal program ini adalah untuk menghadirkan fasilitas internet gratis yang hanya berjarak beberapa meter dari rumah, kantor, atau sekolah. Tentu aja kalau memang berhasil, ke depannya nanti internet cepat bukan lagi jadi hal yang sulit diperoleh.

Sebelumnya Google Station ini sudah lebih dulu hadir di India lho. Saat ini sudah lebih dari 200 stasiun kereta di sana terpasang internet ‘cuma-cuma’ Google

Google Station di India via techaeris.com

Sekarang ini Google Station baru ada di India. Stasiun pertama yang beruntung terpasang fasilitas ini adalah Pune. Saat ini, Google Station yang dipasang tahun 2016 kemarin, sudah bisa dinikmati di lebih dari 200 stasiun kereta di seluruh India. Google bekerjasama dengan operator lokal, RailTel dan Indian Railways. Menurut Tony Keusgen, Country Director Google untuk Indonesia, lebih dari 15.000 orang di India mulai mengenal internet pertama kalinya berkat Google Station. Tentu itu jadi sebuah kemajuan luar biasa bagi negara berkembang semacam India.

Google bukan tanpa alasan lho memilih India dan Indonesia sebagai dua negara pertama yang merasakan internet gratis itu. Antara miris dan senang sih

Banyak pengguna internet via selular.id

Advertisement

Google pasti sudah melakukan rentetan riset soal siapa negara pertama yang akan dipasang Google Station. Pilihan mereka yang jatuh pada India, kemudian dilanjutkan Indonesia, tentu saja bukan tanpa alasan. Katanya karena dua negara ini punya karakteristik yang bisa dibilang mirip. Angka pengguna internet yang tinggi sama-sama tidak dibarengi dengan kemajuan infrastruktur. Selain itu untuk Indonesia sendiri, angka pertumbuhan penggunaan mesin pencari di sini meningkat hingga 50%. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding rata-rata pertumbuhan penggunaan mesin pencari secara global. Terang saja kalau kondisi ini jadi sasaran empuk bagi Google untuk mengembangkan program barunya itu.

Untuk di Indonesia kabarnya Google akan mengandeng pihak lain yakni dari perusahaan penyedia akses internet, CBN dan FiberStar. Nantinya mereka yang akan menyediakan kabel dan akses internet untuk digunakan sebagai WiFi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya